Cara Hapus Files/Folders di Quick Access Windows 10

CRONOSAL - Windows 10 terus diperbarui oleh Microsoft. OS terakhir dari Microsoft ini terus mendapat pembaruan besar setiap tahunnya. Pembaruan yang berupa fitur-fitur baru. Meski fitur-fitur baru dirilis, fitur-fitur lama kadang masih luput dari pandangan pengguna. Apalagi pengguna baru.

Dan salah satu fitur lama yang dibawa Windows 10 adalah Quick access. Windows 10 punya fitur ini di dalam File Explorer. Fitur ini berguna untuk menyimpan link dari file atau folder yang sobat buka di dalam File Explorer.

Link ini diambil untuk membuat sobat lebih mudah dalam membuka file atau folder itu kembali, tanpa repot-repot mencarinya di File Explorer. Ini disebut history. History pada File Explorer, yang mencatat file-file apa saja yang telah sobat buka atau edit.

Fitur Quick access ini berguna. Jika sobat baru saja membuka aplikasi, foto, video, folder, atau apa pun, sobat dapat membukannya kembali tanpa membuka destinasi folder yang berisi file tersebut. Ini berguna bagi folder/file favorit, atau yang sering dibuka.

Namun bagi beberapa pengguna, fitur Quick Access ini mengganggu privasi. Sobat mungkin takut jika ada file tertentu yang masuk ke Quick access dan dibuka oleh rekan yang tengah meminjam laptop sobat.

Untuk mengatasi ini, sobat perlu menghapus isi dari seluruh link yang tersimpan di Quick access.

Cara Hapus Semua File di Quick Access

Buka File Explorer. Lalu terbukalah halaman depan di mana Quick access berada, dan segala isinya.

quick access

Klik-kanan pada Quick access, pilih Options. Lalu terbukalah sebuah kotak dialog.

quick access windows 10

Di sana terdapat tulisan kecil yakni “Clear File Explorer history”. Klik “Clear”.

quick access

Maka tunggu beberapa detik, dan BOOM! Semua history File Explorer dari file-file yang sobat buka hilang dalam sekejap. Klik "OK".

quick access

Lalu, apakah file atau folder di dalam Quick access yang telah dihapus dapat dikembalikan?

Tentu saja tidak. Sama seperti history browser, history File Explorer yang tak lain adalah Quick access mencatat history ketika sobat membuka suatu file atau mengedit suatu file.

Jadi hapus saja history-nya hanya ketika privasi dirasa ‘terancam’. Karena sayang, kan, kalau history Quick access ini dihapus – sobat akan kerepotan lagi mencari file-file yang sering dibuka untuk dibuka kembali...

1 komentar

  1. bagaimana cara menghapus sebagian file di dalam quicck acces?

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming