Bantu Fokus dengan Aplikasi Managemen Waktu Ini di Windows 10

CRONOSAL - Aplikasi Windows 10 mungkin masih terbilang sedikit. Namun dari sedikitnya itu punya kualitas yang lebih dari yang dikira. Sobat mungkin berpikir kuantitas menentukan segalanya. Di Windows 10, semua itu mitos belaka. Kualitaslah yang menentukan segalanya.

Windows 10 sendiri memiliki Store yang isinya unik-unik. Berbeda satu sama lainnya. Namun fungsional. Hampir semua mampu meningkatkan produktivitas. Ditambah cara kerja UWP (Universal Windows Platform) yang membuatnya dapat eksis di semua perangkat Windows.

Salah satunya adalah Focus 10.

Focus 10

Focus 10 adalah aplikasi UWP Windows 10 yang berfungsi untuk membantu penggunanya fokus melakukan suatu pekerjaan dengan komputernya, atau smartphone-nya.

Focus 10 secara khusus menggunakan teknik Pomodoro sebagai time management dari aplikasi Focus 10 sendiri.

focus 10
Waktu bekerja dihitung mundur oleh Focus 10

Tapi, apa itu Pomodoro?

Pomodoro adalah sebuah metode time-management yang dibuat oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Pomodoro adalah teknik yang sekarang makin populer di antara orang-orang produktif yang masih kesulitan mengatur waktunya, dan kesulitan untuk fokus.

Bagaimana cara kerja Pomodoro?

Pomodoro bekerja dengan menentukan waktu bekerja (yang bisa sobat sesuaikan dengan kondisi sobat), dan menghitung waktu bekerja tersebut mundur sementara sobat mengerjakan tasks atau pekerjaan dengan fokus sampai waktunya habis.

Setelah waktu untuk bekerja tersebut habis, sobat menghitung waktu mundur untuk istirahat. Waktu istirahat ini disarankan untuk dijadikannya lebih sedikit ketimbang waktu bekerja.

Saat menghitung waktu mundur untuk istirahat ini, sobat bisa melakukan istirahat kecil, seperti pergi minum ke dapur, atau keluar rumah menghirup udara segar... terserah. Yang penting istirahat, jangan kerja.

focus 10 download
Merah: waktu bekerja; Biru: waktu istirahat; Biru paling kanan: waktu istirahat lama
Setelah waktu istirahat habis, sobat kembali menghitung waktu bekerja mundur. Dan sambil waktu bekerja dihitung mundur, sobat kembali bekerja. Lalu ketika waktu istirahat dihitung mundur, sobat kembali beristirahat.

Jadi intinya sobat bekerja dan beristirahat dalam waktu yang ditentukan, agar sobat dapat bekerja sepenuhnya, dan beristirahat sepenuhnya. Inilah fokus.

Waktu bekerja yang kedua, ketiga, dan seterusnya sama seperti waktu bekerja yang pertama. Begitu pula dengan waktu istirahat.

Dan, di akhir, sobat akan dihitung mundur untuk istirahat yang panjang. Istirahat ini berbeda dari istirahat biasanya, karena memiliki waktu yang lebih panjang dan hanya sekali dihitung mundur pada saat-saat terakhir sobat bekerja.

Nah, konsep Pomodoro yang agak rumit itu dibungkus ke dalam aplikasi Focus 10 di Windows 10.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming