Cara agar Menu Konteks di Firefox Muncul dengan Klik-Tekan-Tahan

CRONOSAL - Kita semua tahu Firefox adalah salah satu browser populer. Sudah sangat-sangat banyak pengguna yang percaya dengan kinerja dan cara kerja Firefox. Semua fitur di Firefox selalu dirombak dan diperbarui hampir setiap bulannya. Makanya, Firefox masih tak terkalahkan.

Dari semua fitur di Firefox, sobat tak akan pernah menduga keberadaan fitur yang satu ini. Fitur ini adalah klik-tekan-tahan yang akan memunculkan menu konteks (menu yang muncul setelah klik-kanan).

Jika fitur ini aktif, maka sobat dapat menampilkan menu konteks atau menu klik-kanan dengan lebih cepat, yakni hanya dengan mengklik-tekan tahan dengan klik-kiri.

Apakah fitur ini juga works bagi laptop berlayah sentuh? Entahlah. Saya tak tahu. Karena belum pernah dicoba di laptop berlayar sentuh. Namun jika works, maka produktivitas dalam menggunakan Firefox akan sangat-sangat meningkat.

Cara agar Menu Konteks Muncul dengan Klik-Tekan-Tahan

Mudah saja. Buka Firefox.

Masuk ke about:config. Ini adalah sumber-sumber khusus semua fitur Firefox yang dapat diubah dan diganti oleh pengguna, yang tak tersedia secara langsung di menu Option. Sumber-sumber ini sengaja ditempatkan di sini, untuk menghindari kesalahan pengubahan.

about:config firefox

Jika sobat sering mengotak-atik browser Firefox, maka sobat tentu tahu about:config.

Ketik about:config di address bar. Lalu pilih tombol “I’ll be careful, I promise!”. Pesan ini mengingatkan sobat untuk selalu berhati-hati mengubah semua isi di dalam about:config.

firefox

Cari ui.click_hold_context_menus. Pengaturan ini berfungsi untuk mengaktifkan konteks menu agar dapat tampil juga dengan tekan tahan. Dan ketika fitur ini diaktifkan, sobat masih bisa menggunakan klik-kanan untuk menampilkan menu konteks.

about:config di frefox

Jika sobat sudah menemukannya, klik ganda, sehingga value akan berubah menjadi “true”. Maka fitur ini akan aktif.

about:config firefox

Sobat kini sudah bisa mengklik-tekan-tahan pada browser Firefox untuk menampilkan menu konteks (menu klik-kanan).

Jika sobat ingin mematikannya, tinggal klik ganda lagi, sehingga value akan berubah menjadi “false”.
Itulah cara mengaktifkan fitur tekan-tahan untuk menampilkan menu konteks. Fitur ini tampak sepele, tapi tampaknya berguna bagi sobat yang haus akan kecepatan dalam menggunakan Firefox, meski hanya untuk menampilkan menu konteks..

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming