Set Koneksi Wi-Fi sebagai Metered Connection agar Lebih Hemat Kuota

CRONOSAL - Windows 10 punya fitur metered connection. Metered connection ini adalah koneksi atau jaringan Wi-Fi yang dibatasi pemakaiannya terhadap fitur-fitur Windows 10.

Seperti yang diketahui, fitur-fitur Windows 10 hampir semuanya perlu koneksi internet untuk bekerja, dan fitur metered connection ini membatasi penggunaannya, sehingga koneksi Wi-Fi yang sobat gunakan tak habis kuotanya karena fitur-fitur Windows 10 yang menghabiskannya di belakang layar.

Seperti Windows Update. Windows 10 memiliki Windows Update yang bekerja secara otomatis. Windows Update akan men-download updates secara otomatis tanpa memberi tahu sobat terlebih dahulu, dan ini sangat menyebalkan.

Bukan hanya Windows Update, beberapa aplikasi UWP Windows 10 bekerja di background, yang juga ternyata memakai koneksi Wi-Fi untuk bekerja. Live tiles juga meng-update secara otomatis.

Lalu bagaimana cara menjadikan koneksi Wi-Fi sebagai metered connection?

Cara Set Wi-Fi sebagai Metered Connection

Klik pada ikon jaringan di Taskbar.

windows taskbar

Klik Network settings. Ini akan membuka aplikasi Settings.

network settings

Di sana akan muncul aplikasi Settings yang menampilkan jaringan Wi-Fi yang sedang terhubung. 

Pada grup “Wi-Fi”, klik pada jaringan Wi-Fi yang hendak dijadikan sebagai metered connection.

wi-fi

Di bawah sana, klik dari Off menjadi On pada “Set as metered connection”.

metered connection

Maka sekarang koneksi Wi-Fi yang sobat gunakan telah di-set menjadi metered connection dan akan menjadi lebih hemat. Dan beberapa fitur Windows 10 yang bekerja di background yang memakai koneksi internet akan berhenti bekerja semestinya.

Perlu diketahui, menjadikan metered connection hanya dapat dilakukan jika sobat telah terhubung dengan Wi-Fi tersebut.

Dan jika PC sobat terhubung dengan Wi-Fi yang lain (yang tak di-set sebagai metered connection), maka koneksi Wi-Fi akan ikut dipakai untuk download Windows Update otomatis dan hal-hal lainnya yang bekerja di background.

Fitur metered connection akan berguna bagi user yang punya koneksi internet (lewat Wi-Fi) yang kuotanya sedikit. Fitur ini juga akan berguna bagi user yang koneksi internetnya lambat, karena dengan menjadikannya metered connection koneksi akan menjadi lebih cepat.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming