Wednesday, November 30, 2016

Cara Mudah Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi Ini

CRONOSAL - Dunia semakin berubah. Salah satu yang berubah adalah bahasa. Dan kini orang semakin diwajibkan untuk mempelajari bahasa asing. Karena dunia terus dibombardir informasi setiap harinya, di seluruh dunia.

Apalagi dengan internet sebagai salah satu pendorong perubahan, melalui tumpukan informasi-informasi yang terkumpul di seluruh dunia, yang dapat dengan mudahnya kita akses di mana-mana. Maka, mempelajari bahasa asing, apalagi bahasa Inggris, wajib dilakukan.

Beruntungnya, orang jaman sekarang tak perlu repot-repot mengambil kursus bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Orang hanya perlu menggunakan beragam alat bantuan, seperti aplikasi ini, Duolingo.

Duolingo

Duolingo adalah aplikasi populer yang digemari banyak pengguna, khususnya pengguna yang hobi menjelajahi dunia, atau traveler.

Di dalam aplikasinya, Duolingo menyajikan fitur-fitur yang simpel, dan mudah dipahami pengguna yang tak tahu apa pun soal bahasa asing yang sedang dipelajarinya.

duolingo

Duolingo sendiri berbeda dengan kebanyakan aplikasi lain. Ia tak memberikan informasi-informasi rumit tentang grammar atau hal-hal rumit lainnya. Duolingo justru terlihat seperti aplikasi yang “ramah” bagi pengguna yang sulit memahami grammar.

Duolingo memberikan semacam exercise atau latihan menerjemahkan suatu kalimat. Selain itu, Duolingo juga memberikan latihan mendengar. Sobat diminta untuk mendengarkan suatu kalimat dengan level cepat dan pelan, dan kemudian menuliskannya.

Saat pertama kali membuka Duolingo, sobat akan melihat beragam kategori dari topik-topik yang dibahas, seperti: makanan, hewan, pakaian, dan semacamnya.

bahasa inggris

Duolingo juga memberikan kategori yang khusus seperti jamak, kata sambung, kata ganti objek, kepemilikan, dan lainnya.

Ketika sobat membuka suatu kategori tersebut, sobat akan melihat beberapa “pelajaran” atau “lesson” yang berisi sedikit hafalan dan latihannya.

pelajaran duolingo

Bagusnya, Duolingo membungkus semua latihan dan hafalan tersebut menjadi sistematis dan sangat-sangat simpel. Seperti pekerjaan, maka sobat hanya akan menghafal contoh-contoh pekerjaan dalam bahasa Inggris (misalnya).

Ketika sobat merasa gagal dalam latihan yang diberikan, sobat perlu mengulanginya. Hebatnya, Duolingo memberikan latihan khusus yang berisi hafalan kata-kata yang masih belum sobat hafal dengan baik.

Aplikasi Duolingo tersedia di semua perangkat. Windows 10, Windows 10 Mobile, Android, dan iOS. Bahasa yang dapat dipelajari pun beragam. Sayangnya, untuk penutur Indonesia, hanya tersedia bahasa Inggris.

duolingo

Jika sobat ingin mempelajari bahasa asing lainnya, sobat perlu menguasai dulu bahasa Inggris. Karena untuk penutur berbahasa Inggris, tersedia banyak bahasa untuk dipelajari.

Dan itulah sedikit review dari aplikasi Duolingo. Sebenarnya masih banyak aplikasi yang menyajikan layanan pembelajaran bahasa asing seperti ini. Namun tampaknya Duolingo adalah yang paling mudah untuk digunakan..

Cara Mengganti Lokasi/Folder Default Download di Microsoft Edge

microsoft edge

CRONOSAL - Microsoft Edge adalah browser terbaru dari Microsoft, yang telah menggantikan browser lama mereka Internet Explorer. Microsoft Edge sendiri dibangun dengan cara yang baru, yakni dibangun secara UWP (Universal Windows Platform), yang bekerja dengan cara yang baru dan berbeda.

Dan tentu saja, Microsoft Edge masih belum sesempurna browser lain, meski kinerjanya kini terus di-update melalui updates yang terus disalurkan ke semua pengguna Windows 10. Microsoft terus berusaha meningkatkan fitur dan kinerja Microsoft Edge.

Dan salah satu opsi settings yang baru saja ditambahkan pada update Anniversary kemarin adalah mengubah lokasi folder default hasil download. Jika sobat sedang men-download sesuatu, maka ia akan tersimpan di dalam folder default tersebut.

Lalu bagaimana cara mengubah lokasi folder default di Microsoft Edge?

Cara Ubah Lokasi Folder Default Download di Microsoft Edge

Buka Microsoft Edge.

Klik More (...) yang terletak paling pojok di Microsoft Edge. Lalu pilih Settings yang terletak di paling bawah.

microsoft edge

Sobat tak akan menemukan opsi settings-nya di sini. Maka masuklah ke Advanced settings, yang di sana terdapat opsi settings yang lebih “mendalam”.

advanced settings

Nah, di sinilah tempat untuk mengubah lokasi folder default Microsoft Edge.

Secara default, folder hasil download berlokasi di folder Downloads pribadi (C:\Users\...\Downloads). Jika sobat ingin mengubahnya ke folder yang lebih tepat, klik Change untuk mengganti folder default tersebut.

folder default microsoft edge

Microsoft Edge kemudian menampilkan kotak dialog untuk membiarkan sobat memilih folder yang akan dijadikan folder default hasil download dari Microsoft Edge.

memilih folder

Jika sudah memilih folder yang tepat, klik Select Folder.

Maka, sobat akan melihat di opsi settings-nya folder sebelumnya telah diubah dengan folder yang baru saja sobat pilih.

folder download

Jika sobat ingin mengubahnya lagi, tinggal klik Change lagi, dan pilih folder lagi.

Itulah cara mengubah lokasi folder default di Microsoft Edge. Folder ini sekarang telah menjadi folder yang telah ditetapkan oleh sobat untuk menyimpan file yang sobat download di Microsoft Edge, apa pun file itu.

Tuesday, November 29, 2016

Cara Hilangkan Badge Angka Notifikasi di Taskbar Windows 10

badge windows 10

CRONOSAL - Fitur Windows 10 yang satu ini tampak “sedikit” memudahkan. Windows 10 membawa fitur ini pada Anniversary Update beberapa bulan yang lalu. Fitur ini adalah badge angka notifikasi di Taskbar yang serupa pada badge angka notifikasi di Start menu.

Dan fitur ini tak sesempurna yang dikira. Badge angka notifikasi hanya memperlihatkan jumlah notifikasi yang belum dibaca pada aplikasi Windows 10, bukan aplikasi desktop (program). Jika sobat tak sama sekali menggunakan aplikasi Windows 10 dari Store, maka fitur ini tampak sia-sia.

Sebaliknya, jika sobat menggunakan aplikasi Windows 10 yang cross-platform, yang juga membantu pekerjaan dan produktivitas, fitur ini justru sangat-sangat berguna.

Apalagi bagi pengguna yang jarang sekali membuka aplikasi hanya untuk sekedar mengecek jumlah notifikasi yang masuk. Seperti saya, yang malas membuka aplikasi sampai aplikasi tersebut punya banyak notifikasi. Dan cara tercepat untuk mengeceknya adalah cukup dengan melihatnya di Taskbar.

Namun jika sobat menganggap fitur badge angka notifikasi ini tak berguna, atau mengganggu penampilan taskbar, sobat dapat menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Badge Angka Notifikasi di Taskbar

Buka Settings. Sobat bisa membuka Settings lewat Start menu. Atau membukanya lewat Action Center.

start menu windows 10

Masuk ke Personalization. Sobat akan melihat beberapa tab di sana. Masuklah ke Taskbar.

Sobat akan melihat beberapa settings di sana yang berfungsi untuk mengubah tampilan Taskbar.

Masuk ke grup “Taskbar”. Pada “Show badges on taskbar buttons”, klik tombolnya dari On menjadi Off.

settings windows 10

Maka sobat tak akan lagi melihat badge angka notifikasi di Taskbar.

taskbar windows 10

Jika sobat ingin melihat badge angka notifikasi di Taskbar, tinggal klik tombolnya menjadi On.

Fitur badge yang berupa jumlah notifikasi yang masuk ini sebenarnya akan sangat berguna, jika sobat menggunakan banyak aplikasi UWP Windows 10, terlebih aplikasi yang cross-platform, yang tersedia di berbagai perangkat luar Windows.

Namun jika sobat merasa fitur ini tak perlu, tinggal matikan saja. Tapi tampaknya mencoba merasakan pengalaman lebih dengan Windows 10 akan sangat memudahkan. Bukan hanya produktivitas, tapi juga hidup...

Cara Cepat Rename Banyak File & Folder Sekaligus (Berurutan)

cara rename file, cara rename folder, cara rename banyak file folder sekaligus, cara ganti nama folder tanpa software, cara instan rename banyak file, cara rename folder di windows

CRONOSAL - Mengganti nama file atau folder hanyalah perkara mudah, tetapi jika jumlahnya banyak maka kata "mudah" tersebut berganti menjadi "rumit".

Mungkin kamu ingin rename nama foto sekaligus mengurutkannya tanpa harus dilakukan satu demi satu. Beruntungnya kita bisa melakukan hal tersebut bahkan tanpa bantuan software tambahan.

Metode berikut berlaku untuk Windows 7, Windows 8, dan pastinya Windows 10.

Pertama, pilih file atau folder yang ingin diganti namanya. Kamu bisa memanfaatkan tombol CTRL atau SHIFT untuk melakukan seleksi yang lebih mudah dan cepat.

cara rename file, cara rename folder, cara rename banyak file folder sekaligus, cara ganti nama folder tanpa software, cara instan rename banyak file, cara rename folder di windows

Setelah dipilih, klik kanan pada salah satunya lalu klik Rename, tombol F2 juga bisa dipakai untuk fungsi Rename. Langkah terakhir tekan Enter.


cara rename file, cara rename folder, cara rename banyak file folder sekaligus, cara ganti nama folder tanpa software, cara instan rename banyak file, cara rename folder di windows

Hasilnya, file akan berganti nama sesuai dengan apa yang ditulis tadi. Urutannya pun juga disusun berdasarkan angka secara otomatis, jadi akan terlihat lebih rapi.

cara rename file, cara rename folder, cara rename banyak file folder sekaligus, cara ganti nama folder tanpa software, cara instan rename banyak file, cara rename folder di windows

Untuk panduan versi GIF, silahkan lihat berikut ini:

cara rename file, cara rename folder, cara rename banyak file folder sekaligus, cara ganti nama folder tanpa software, cara instan rename banyak file, cara rename folder di windows

cara rename file, cara rename folder, cara rename banyak file folder sekaligus, cara ganti nama folder tanpa software, cara instan rename banyak file, cara rename folder di windows

Baca juga:
Perlu diketahui angka dalam kurung di belakang nama ditambahkan secara otomatis oleh Windows. Kita tidak bisa mengubah formatnya.

Well, trik seperti ini sangat membantu bagi seorang yang tengah melakukan banyak revisi pada sebuah dokumen. Atau sekedar merapikan file dan folder agar lebih terstruktur.

Monday, November 28, 2016

Cara Lihat, Tambah, Atur Calendar Event di Taskbar Windows 10

CRONOSAL - Windows 10 dengan Anniversary Update-nya membawa fitur baru yang tak sia-sia. Sobat dapat melihat, menambah, dan mengatur jadwal-jadwal padat sobat ke dalam aplikasi Calendar, yang sekarang kecil fiturnya ikut muncul di panel tanggal dan waktu di Taskbar.

windows 10 calendar event

Lebih dari itu, aplikasi Calendar dapat di-sync menggunakan akun Google. Ini berarti sobat bisa mengatur jadwal dengan satu akun yang sama, dan di semua perangkat di luar Windows 10, seperti Android.

Menambah Calendar Event

Sobat bisa menambah Calendar event langsung di panel tanggal dan waktu Taskbar.

Klik pada tanggal kapan sobat ingin menghadiri suatu acara atau event tersebut. Cukup klik tombol “+”, maka aplikasi Calendar akan muncul, dan membawa sobat untuk menambah event baru.

agenda windows calendar

Di sini adalah halaman untuk menambah event baru, yang berisi nama event dan detailnya, seperti lokasi, deskripsi, dan dari pukul berapa hingga pukul berapa.

membuat calendar event

Pada event name, sobat dapat memilih jenis akun yang terkait. Jika sobat memilih akun Google sobat, maka event itu bisa dikelola di perangkat Android, atau perangkat lain yang di mana akun tersebut login.

membuat calendar event agenda

*Sobat bisa mengisi atau tidak mengisi semua kotak yang ada.

Jika sudah, klik Save & Close.

Sobat akan dialihkan ke halaman di mana semua Calendar event berada. Sobat juga akan melihat Calendar event yang baru saja dibuat.

calendar app

Di sini juga menambah Calendar event baru dengan cara yang singkat. Cukup klik pada tanggal yang kosong, lalu isi nama event, tempatnya, dan jenis akun.

menambah calendar

Sobat bisa meng-close aplikasi Calendar sekarang. Calendar event yang ditambah akan ter-sync secara otomatis.

Masuk ke panel tanggal dan waktu Taskbar, dan sorot tanggal yang baru saja dibuat. Sobat akan melihat Calendar event dan jamnya langsung di situ. Jika mau mengeditnya, tinggal klik saja pada nama event itu.

agenda

Atau jika sobat tak mau melihat agenda-agenda semacam ini di panel tanggal dan waktu, klik Hide Agenda.

windows app calendar

Lalu pilih Show Agenda ketika sobat kembali membutuhkan fitur kecil ini.

Jika sobat tak terlalu membutuhkan fitur ini, sobat hanya bisa menyembunyikannya. Karena fitur ini tak memiliki opsi untuk diatur supaya hilang.

Namun bagi saya fitur ini sangat berguna. Karena ternyata juga dapat diatur di perangkat yang berbeda termasuk Android. Sobat tak akan lagi lupa dengan jadwal atau acara yang akan dihadiri. Sifat pelupa di sini tak akan menjadi masalah...

Cara Mendapat Wallpaper Gratis Setiap Hari di Desktop (dari Bing)

bing wallpaper

CRONOSAL - Tahu search engine Bing? Bing adalah search engine populer kedua setelah Google, yang dikembangkan oleh Microsoft. Bing mungkin kurang populer, namun kualitasnya tak kalah dari Google. Microsoft terus mengembangkan Bing agar terus menjadi search engine yang jauh lebih baik.

Dan ciri khas dari Bing adalah wallpaper-nya yang muncul di latar belakang homepage Bing. Bagusnya, wallpaper-wallpaper-nya yang menarik dan berganti setiap harinya itu dapat kita ambil dan jadikan background desktop dan lockscreen secara otomatis setiap harinya.

Bagaimana caranya?

Dynamic theme

Pengguna Windows 10 dapat menggunakan aplikasi “Dynamic theme” untuk mendapat wallpaper Bing setiap harinya. Sobat dapat men-download aplikasi ini langsung di Windows Store.

Setelah men-download, buka aplikasi itu.

Sobat akan melihat tampilan yang mirip dengan aplikasi Settings. Sobat dapat mengatur cara kerja aplikasi ini dengan sangat mudah dan sederhana.

dynamic theme

Sobat dapat memilih untuk menggunakan sumber wallpaper yang tersedia, seperti dari: Bing (setiap hari di-update), Windows Spotlight (setiap hari di-update), One Bing image, dan One Windows Spotlight image.

Di sana juga terdapat opsi sumber wallpaper yang sama seperti pada aplikasi Settings, yaitu Slideshow dan Photo. System settings sendiri adalah sumber gambar dari yang sobat atur di aplikasi Settings.

Sobat bisa mem-preview gambar dari sumber wallpaper yang dipilih dengan menekan tombol Preview of the image.

preview

Dan, jika sobat menggunakan Windows 10 Mobile, dan terdapat aplikasi Dynamic theme, sobat bisa menerapkan peraturan yang sobat ubah ke semua perangkat Windows yang sobat punya.

Atur semua ini sesuai fungsi yang sobat inginkan, serta berlaku untuk background desktop dan lockscreen.

Masuk ke tab “Daily Bing image” atau “Daily Windows Spotlight image”.

daily bing wallpaper

Di sini sobat bisa mengatur bagaimana aplikasi memberikan wallpaper dari Bing setiap harinya. Seperti mengatur notifikasi jika ada gambar Bing terbaru, gambar tile aplikasi Dynamic theme, dan menyimpan gambar Bing secara otomatis ke suatu folder.

Di bawahnya, grup “Source”, sobat bisa mengatur wilayah dari mana wallpaper itu diambil.
Itulah caranya mendapat gambar dari Bing secara otomatis setiap hari. Sobat juga dapat melakukannya di smartphone Android dengan men-download aplikasi yang serupa...

Saturday, November 26, 2016

Cara Reset Data Aplikasi Windows 10 tanpa Instal Ulang Aplikasi

CRONOSAL - Windows 10 kini punya fitur baru yang ditunggu-tunggu. Fitur ini terdapat di Settings, dan berguna untuk memperbaiki aplikasi Windows 10 tanpa harus instal ulang (download ulang) dari Windows Store, yang bisa menguras kuota lebih.

Tapi untungnya kini Windows 10 punya fitur Reset. Jadi sobat tak perlu risau untuk repot-repot men-download ulang aplikasi dari Windows Store, jika hanya untuk menghapus data aplikasinya.

Dan karena fitur Reset ini bisa dengan mudah ditemukan di Settings, sobat tak perlu lagi menghapus data secara manual, yang justru bisa saja berbahaya. Dan tampaknya menggunakan fitur Reset jauh lebih aman.

Cara Reset (Hapus Data) Aplikasi Windows 10

Pastikan aplikasi yang hendak di-reset telah ditutup.

Lalu buka Start. Buka Settings.

start

Masuk ke System > Apps & features.

Sobat akan melihat banyak daftar aplikasi yang terinstal. Di sinilah tempat untuk mengatur semua aplikasi.

Pilih aplikasi yang hendak di-reset. Sobat akan melihat berbagai opsi di sana. Pilih Advanced Options.

settings

Sobat akan melihat penggunaan aplikasi tersebut dalam bentuk data, seperti size aplikasi dan datanya. Jika aplikasi itu tak bekerja dengan baik, tinggal klik Reset.

cara reset app windows 10

Jika sobat melihat sebuah pesan, klik Reset lagi saja.

Proses Reset mungkin akan menghabiskan waktu beberapa menit. Jadi tunggu saja, dan jangan menutup aplikasi Settings sampai proses Reset selesai.

Jika sudah, sobat akan melihat tanda centang di sebelah tombol Reset. Ini berarti proses reset telah berhasil dilakukan.

reset aplikasi

Dan ketika sobat membuka aplikasi yang telah di-reset, sobat akan melihat pengaturan awal aplikasi dan memulai semuanya dari awal lagi.

Itulah cara me-reset aplikasi Windows 10. Dan seharusnya aplikasi yang datanya telah di-reset itu bekerja dengan baik sekarang. Jika tidak, sobat mungkin telah menginstal aplikasi yang memang banyak bug-nya, atau sobat belum meng-update aplikasi tersebut, sehingga menimbulkan error sana-sini yang tak perlu.

Lalu apakah aplikasi yang telah di-reset bisa dikembalikan?

Tentu tidak. Fitur Reset telah secara permanen menghapus data-data aplikasi, yang akan membuat aplikasi bekerja dari awal lagi. Jadi, gunakan fitur Reset sebagai pilihan terakhir, dan ini hanya untuk aplikasi yang perlu di-reset.

Cara Ubah Prioritas dan Jumlah Notifikasi di Action Center Windows 10

CRONOSAL - Windows 10 membawa peningkatan di Settings. Pengguna kini sudah bisa mengatur prioritas aplikasi yang menentukan jumlah dan posisi keterlihatan notifikasi aplikasi di Action Center.

cortana windows 10

Jadi sobat tak akan lagi ketinggalan notifikasi penting yang posisinya sudah ditimpuk oleh notifikasi lain yang baru muncul. Biasanya aplikasi yang penting untuk dilihat notifikasinya adalah aplikasi chat, atau aplikasi reminder seperti Cortana.

Mengubah Prioritas Notifikasi di Action Center

Buka Settings.

Masuk ke System > Notifications & actions.

settings

Sobat akan melihat daftar aplikasi yang terinstal dan bisa memberi notifikasi. Pilih pada aplikasi yang hendak notifikasinya diubah prioritasnya.

Sobat akan melihat tiga pilihan berikut: Top, High, Normal.

settings windows 10

Untuk pilihan Top, sobat bisa menerapkan pilihan Top ini hanya untuk satu aplikasi. Ini membuat aplikasi tak dapat ditindih notifikasinya oleh notifikasi dari aplikasi lain di Action Center, dan ini akan selalu berada di posisi teratas Action Center.

Saya sarankan, pilih aplikasi yang benar-benar penting. Saya sendiri memilih Cortana untuk pilihan Top. Jadi saya tak akan lagi ketinggalan reminder hanya karena notifikasinya telah tertindih oleh notifikasi lain.

top notifikasi

Dan untuk pilihan kedua, High, adalah posisi kedua setelah Top. Satu hal berbeda dari Top adalah pilihan High dapat diterapkan pada banyak aplikasi. Namun posisi High tetap berada di atas posisi pilihan Normal, dan di bawah posisi Top.

cortana line windows 10

“Normal” sendiri sudah sesuai namanya, adalah hanya posisi normal dari notifikasi aplikasi, yang tentunya bisa ditindih oleh notifikasi yang baru muncul. Apalagi oleh notifikasi dengan pilihan High dan Top, yang sudah pasti menindih notifikasi yang menerapkan Normal ini.

Mengatur Jumlah Notifikasi di Action Center

Masih di Settings, di halaman yang sama, di sini juga terdapat opsi untuk mengatur jumlah notifikasi yang muncul di Action Center (sebelum sobat meng-klik “See more”). Ini membuat aplikasi menjadi lebih tampak sederhana dalam menampilkan notifikasi.

line mengatur jumlah notifikasi windows 10

Itulah cara mengatur prioritas dan jumlah notifikasi yang muncul di Action Center. Settings ini mungkin tampak sepele, tapi inilah salah satu yang memengaruhi tingkat produktivitas...

Friday, November 25, 2016

Cara Daftar Internet Banking BCA via ATM + Aktivasi

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

CRONOSAL - Salah satu layanan yang dikembangkan BCA sejak tahun 2000 ialah fitur Internet Banking atau E-Banking dimana pengguna fasilitas bisa menikmati transaksi melalui internet.

Namun tidak semua nasabah secara langsung mendapatkan fasilitas tersebut ketika membuka rekening. Setiap orang harus mendaftar sendiri agar dapat menggunakan Internet Banking BCA.

Sesuai namanya, sebagai Internet Banking maka proses aktivasinya dilakukan secara online. Tetapi sebelumnya, user ID untuk pendaftaran hanya bisa didapatkan di ATM terdekat. Berikut panduannya:

Datang ke ATM terdekat yang tentunya ada logo BCA. Masukan kartu dan input PIN seperti biasa. Kemudian ikuti petunjuk berikut:
  1. Daftar E-Banking / Autodebet
  2. Internet Banking
  3. Ketik 6 digit PIN baru untuk Internet Banking (boleh berbeda dari PIN rekening)
  4. Ketik ulang 6 digit PIN untuk konfirmasi
  5. Selesai, ambil struk yang mengandung user ID untuk aktivasi Internet Banking
Selanjutnya user ID di dalam struk akan kita gunakan untuk aktivasi. Perlu diingat ID ini tidak boleh diketahui orang lain. Jadi, pastikan disimpan di tempat aman.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

Untuk proses aktivasi, langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengunjungi situs Internet Banking Klik BCA. Kemudian masuk menggunakan user ID dan PIN yang telah dibuat di ATM tadi.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

Setelah login akan muncul semacam peraturan dan kebijakan dari penggunaan Internet Banking BCA. Silahkan baca kemudian di bagian akhir klik Agree.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

Masukan alamat email yang biasa digunakan. Ini cukup penting mengingat berbagai aktivitas rekening dilaporkan via email.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

Nah, sampai disini kita akan diminta kembali memasukkan user ID dan PIN sebagai bentuk otentikasi.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

Selesai, kini Internet Banking BCA sudah aktif.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca


Internet Banking memang sudah aktif, namun tidak dapat melakukan transaksi mengingat belum terhubung dengan KeyBCA. Tanpa KeyBCA, Internet Banking hanya sekedar untuk cek informasi rekening.

cara daftar internet banking bca, cara daftar e-banking bca, cara aktivasi internet banking bca, cara menggunakan internet banking bca

Untuk mendapatkan KeyBCA harus datang ke kantor cabang terdekat membawa KTP, buku tabungan, kartu ATM BCA disertai biaya admin Rp 10.000. Selanjutnya CS akan memandu untuk penggunaan KeyBCA.

Informasi lebih lanjut seputar Internet Banking BCA.