5 Software Teks Editor Terbaik Untuk Progammer

teks editor,text editor,software,terbaik,programmer,2017,2016,2015

CRONOSAL - Teks editor merupakan suatu hal yang wajib di gunakan bagi seorang programmer untuk melakukan kegiatan coding dalam pengembangan project developer tersebut . Namun dalam memilih teks editor pastinya seorang progammer atau biasa di kenal coder memilih teks editor yang dapat membantu agar lebih produktif serta mempersingkat kerja bagi seorang programmer (coder) .

Di antara semua alat yang pernah di gunakan oleh setiap pengembang (development) , memilih teks editor merupakan hal yang paling sulit untuk para programmer dalam mengembangkan library,framework, dan lain-lain . Belum lagi bahwa setiap teks editor terkenal mempunyai komunitas tersendiri , membagi suka dan duka dalam menggunakan teks editor tersebut di komunitasnya .

Teks editor memainkan peran utama dalam setiap pengembang atau biasa di sebut developer untuk workspace nya , kode project yang di tulis , debug , dan di eksekusi dengan bantuan teks editor . Hal ini seperti sebuah garasi yang berguna untuk membangun alat atau produk baru .

Memilih teks editor yang sempurna untuk pekerjaan Anda dapat menjadi tugas yang menantang . Hal ini membutuhkan eksperimen terampil, preferensi pribadi, dan keputusan terakhir . Sebelum Anda melompat ke dalam editor teks tunggal , saya ingin Anda untuk pergi melalui editor teks terbaik pada tahun 2017 ini, dan mempelajari apa yang mereka tawarkan mengenai fungsi dan kegunaan pada teks editornya .

Berikut ulasan software-software teks editor terbaik untuk programmer di tahun 2017 ini , simak dengan baik agar dapat memilih dengan tepat .

Sublime Text


software teks editor,terbaik,programmer,sublime text

Sublime Text adalah sebuah teks editor yang canggih untuk coding , markup , dan prose . Anda akan menyukai user interfaces yang apik , fitur yang luar biasa , serta kinerja yang luar biasa . Yang paling di kenal oleh progammer untuk teks editor ini yakni multiple selection dan multiple split , merupakan fitur yang amat canggih bagi saya untuk mempersingkat waktu kerja ketika deadline sedang berlangsung .

Namun tak lupa juga sublime text dapat menyimpan aktivitas coding yang belum tersimpan ketika anda sedang melakukan coding listrik padam atau terpencet tombol close (tutup) . Saat listrik padam tiba-tiba sublime text ini sudah otomatis menyimpan cache yang tersimpan pada komputer anda , ketika anda membuka kembali sublime text maka coding yang terletak pada lembar kerja anda masih utuh dan dapat melanjutkan kembali aktivitas anda .

Sublime Text ini merupakan teks editor yang berlicense atau berbayar , namun anda pun dapat menggunakan trial untuk teks editor ini .

Atom


software teks editor,terbaik,programmer,atom

Atom merupakan teks editor yang modern, approachable , namun hackable ke inti alat Anda dapat menyesuaikan untuk melakukan sesuatu tetapi juga menggunakan produktif tanpa pernah menyentuh file konfigurasi anda . Teks editor ini memiliki moto utama yang berbunyi "A hackable text editor for the 21st Century" dan menyerupai sublime teks dan berhasil dalam menyediakan pengalaman mirip dengan Sublime .

Sama seperti permata apapun, itu juga diganggu dengan masalah plagued . UI dan UX yang sangat baik dan sempurna untuk sesi coding besar. Fitur utama lainnya termasuk kemampuan auto-completion, Browser file sistem, multiple panes, Built-in package manager dan banyak lagi .

Atom ini merupakan teks editor yang open-source , siapa saja dapat menggunakan teks editor untuk mengembangkan produk para programmer (developer) .

Notepad++


software teks editor,terbaik,programmer,notepad plus plus,notepad++

Notepad++ merupakan teks editor yang open source dan pengganti Notepad yang mendukung beberapa bahasa. Berjalan di lingkungan MS Windows, penggunaannya diatur oleh GPL License.

Komponent editing yang powerfull berbasis milik Scintilla, Notepad ++ ditulis dalam C++ dan menggunakan API Win32 murni dan STL yang menjamin kecepatan eksekusi lebih tinggi dan ukuran program yang lebih kecil . Dengan mengoptimalkan sebagai rutinitas sebanyak mungkin tanpa kehilangan keramahan pengguna, Notepad++ sedang mencoba untuk mengurangi emisi karbon dioksida dunia .

Bila menggunakan power CPU kurang, PC dapat throttle ke bawah dan mengurangi konsumsi daya, menghasilkan lingkungan yang lebih hijau . Fitur nya pun tidak kalah dengan teks editor lainnya yaitu Syntax Highlighting and Syntax Folding, User Defined Syntax Highlighting and Folding, PCRE (Perl Compatible Regular Expression) Search/Replace, GUI entirely customizable, Document Map, Auto-completion, Multi-Document, Multi-View, Multi-Language environment supported, Macro recording and playback dan masih banyak lainnya .

Visual Studio Code


software teks editor,terbaik,programmer,visual studio code,microsoft visual studio

Visual Studio Code adalah sumber code yang ringan tetapi powerfull berjalan di desktop Anda dan tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Muncul dengan built-in dukungan untuk JavaScript, TypeScript dan Node.js dan memiliki ekosistem yang kaya ekstensi untuk bahasa lain (seperti C ++, C #, Python, PHP, Go) dan runtimes.

Fitur utama dari Visual Studio Code mencakup 30 lebih dukungan bahasa, code-focused editing, auto-complete, kode navigasi, dan lain-lain . Serta juga menawarkan Git kontrol versi dan alat debugging untuk pengembangan lebih mudah . Visual Studio Code adalah pilihan yang sangat baik bagi pengembang yang tidak ingin men-download IDE berukuran besar untuk tujuan pembangunan mereka .

Brackets


software teks editor,terbaik,programmer,brackets,powerfull

Text editor terakhir yang akan saya bahas secara rinci adalah Brackets . Dengan tag open source, Brackets dapat digunakan oleh siapa saja . Dengan alat visual fokus dan dukungan preprocessor, Brackets adalah teks editor modern yang memudahkan untuk merancang dalam browser . Teks editor ini dibuat dari bawah ke atas untuk web designer dan pengembang front-end .


Adapun teks editor lainnya yang tidak dapat saya bahas pada artikel ini , Berikut daftar teks editor untuk programmer .
Teks editor yang sudah saya bahas di atas di harapkan anda sekarang dapat membuat keputusan terakhir untuk memilih teks editor sesuai minat anda .

4 komentar

  1. saya ingin bertanya min..
    saya punya web http://glandproperty.co.id/ tapi saya menggunakan manual buat ngedit html nya.
    tampilannya pun sederhana saja.
    gimana cara nya yah supaya web kita itu terlihat keren dan cantik tapi ringan klo dibuka di hp.
    makasi min

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan css untuk mempercantik tampilan web gan ...

      Delete
  2. min, ini cuman perasaan saya saja atau emang gaya bahasa yang dipakai berubah? atau sekarang cronosal punya admin baru?

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming