Sunday, January 1, 2017

Cara Pasang Wallpaper Video di Windows 10

Cara Pasang Wallpaper Video di Windows 10

CRONOSAL - Dekstop background atau lebih dikenal dengan istilah wallpaper dalam Windows merupakan salah satu kosmetik wajib untuk sistem operasi yang satu ini.

Sejatinya Microsoft hanya menyediakan format gambar untuk dijadikan latar belakang, namun animasi atraktif hanya ada pada video. Untuk itulah ada segelintir orang yang berusaha menggunakan video sebagai wallpaper di Windows 10.

Teknik ini terbilang sudah agak lama, untuk Windows 7 pun sudah ada melalui aplikasi DreamScene. Tetapi sayangnya aplikasi itu tidak berlaku bagi Windows 10 sehingga bagi kamu yang ingin menggunakan video sebagai wallpaper harus menempuh jalur lain.

Beruntungnya ada aplikasi bernama Push Video Wallpaper yang menggantikan fungsi DreamScene untuk Windows 10.

Untuk memasang video sebagai wallpaper, kamu harus mendownload aplikasi Push Video Wallpaper terlebih dahulu.

Cara Pasang Wallpaper Video di Windows 10

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini berbayar, namun versi trial bisa dipakai selama 30 hari.

Selanjutnya instal seperti biasa, lalu jalankan programnya. Secara bawaan ketika ia dijalankan akan langsung mengganti wallpaper menjadi video.

Untuk mengganti video kamu harus membuat playlist baru kemudian menambahkan video apapun yang dirasa cocok untuk dijadikan wallpaper.

Cara Pasang Wallpaper Video di Windows 10

Saya menyarankan resolusi video jangan terlalu kecil supaya tidak pecah dan mengurangi esensi estetikanya.

Sebagai contoh saya menggunakan video footage aurora dari ISS yang beresolusi 4K, lebih dari cukup untuk ukuran monitor saya. Jumlah video boleh lebih dari satu, Push Video Wallpaper akan memutarnya secara konstan selama diaktifkan.

Bagi pengguna dual monitor bisa mengatur mode video entah itu tampil menyambung antara monitor, terpisah, atau menggunakan video berbeda di setiap monitor.

Harus diakui dengan dual monitor kamu akan mendapatkan pengalaman wallpaper yang lebih sinematik. Sensasi ini tidak hadir pada single monitor.

Cara Pasang Wallpaper Video di Windows 10
Dengan dua atau tiga monitor, video terasa lebih sinematik

Baca juga: 
Push Video Wallpaper memang software berbayar, namun fiturnya sangat lengkap. Dan yang terpenting adalah performa yang ia tawarkan.

Meski menjalankan video UHD 4K dengan spesifikasi komputer super standar, ternyata sama sekali tidak mengalami lag. Saya pantau via Task Manager tidak ada peningkatan konsumsi hardware yang berarti.

Cara Pasang Wallpaper Video di Windows 10
Software ini terbilang sangat ringan

Untuk harga $20 per 3 komputer, Push Video Wallpaper cukup direkomendasikan. Namun jika kamu belum punya uang, bisa menikmati masa trial sambil menabung membeli versi original nanti. Dan demi apresiasi terhadap developer, hindari bajakan 😛

INFO: Push Video Wallpaper juga bisa digunakan untuk Windows 7 dan 8.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming