Cara Screenshot Situs Web Penuh dengan Firefox

screenshot

CRONOSAL - Kini zaman berubah dengan pesat. Pekerjaan dan dunia bisnis juga berubah dan berkembang dengan pesat. Yang paling berpengaruh adalah dunia digital. Ditambah dengan kehadiran internet yang membuat segala hal menjadi mudah dilakukan.

Semakin modern, maka tuntutan pekerjaan berubah-ubah. Desain web adalah salah satunya. Ketika mendesain web, sobat mungkin perlu melihat hasil demonya dengan membukanya di browser, lalu mengedit CSS dan HTML-nya sedikit di browser.

Biasanya, ketika hasil akhir telah tiba, desainer perlu mengambil screenshot dari hasil desainnya. Screenshot yang diambil tentu harus full atau penuh. Memanjang dari atas ke bawah. Tapi, bagaimana mengambil screenshot situs web secara penuh seperti itu?

Cara Ambil Screenshot Situs Web Penuh (Firefox)

Firefox memiliki fitur default untuk mengambil screenshot suatu situs web sepenuhnya. Penuh 100%.

Fitur ini sangatlah berguna. Sobat tak perlu repot-repot menghabiskan kuota hanya untuk men-download dan menginstal ekstensi yang mampu mengambil screenshot situs web secara penuh.

Berikut caranya...

Buka situs web yang hendak sobat ambil screenshot-nya.

Sobat mungkin perlu menunggu loading dari situs web yang sobat buka selesai 100%. Agar hasil screenshot nantinya tak melewatkan elemen-elemen situs web yang sulit loading. Apalagi jika koneksi internet sobat lambat...

Jika sudah loading 100%, klik-kanan Inspect Element.

inspect element

Lalu muncul kolom Inspect Element di bawah layar yang berisi kode-kode rumit itu. Nah, kita tak akan berurusan dengan kode-kode itu. Jadi tenang saja.

Sobat sebenarnya tinggal klik tombol ber-icon kamera yang bertooltip “Take a fullpage screenshot”. Namun jika tidak ada, kita bisa menampilkannya melalui pengaturannya terlebih dahulu.

take a fullpage screenshot

Yakni dengan mengklik ikon gear yang ber-tooltip “Toolbox Options” di kolom Inspect Element.

toolbox options

Kemudian muncul beragam settings Inspect Element yang merupakan icon-icon yang muncul di Inspect Element. Icon-icon ini berfungsi sebagai jalan pintas untuk menggunakan fitur Firefox untuk para developer, dan screenshot halaman web penuh adalah salah satunya.

screenshot fullpage

Jika sudah mencentang “Take a fullpage screenshot”, sobat tinggal langsung klik icon-nya di atas Inspect Element.

Maka screenshot pun akan tersimpan sebagai file hasil download.


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming