Ubah Tanggal Modified/Created/Accessed Suatu File/Folder

ubah date modified

CRONOSAL - Ada satu trik yang sangat-sangat berguna, yakni mengubah tanggal “Date Modified”, “Date Created”, dan “Date Accessed”. Ketiga tanggal ini merupakan tanggal-tanggal krusial tentang kapan file tersebut dibuka, diubah, dan dibuat.

Tapi, apa sih pentingnya mengubah tanggal-tanggal ini?

Entahlah. Saya tak tahu.

Tapi trik ini berguna sewaktu saya diminta seorang untuk memberikan presentasi lama buatan saya kepadanya. Dia meminta untuk meniru, copy dan paste langsung, dengan mengedit sedikit tampilan presentasi PowerPoint yang saya berikan.

Dia meminta karena dia kena teguran sewaktu remedial. Dia rajin bolos sekolah, tugas banyak ketinggalan. Dan dia belum mengumpulkan tugas presentasi buatannya. Heck, dia bahkan belum membuatnya sama sekali. Sementara saya sudah mengumpulkan presentasi saya berbulan-bulan sebelumnya.

Saya tentunya tak mau melakukannya. Saya tak mau memberikan presentasi saya secara cuma-cuma dan begitu saja. Semua usaha saya dalam membuat presentasi akan menjadi sia-sia kalau begitu.

Jadi, saya punya rencana, yakni membuat file presentasi tersebut menjadi corrupt, agar nantinya dianggap corrupt karena flashdisk-nya yang error. Beruntungnya, dia adalah orang yang awam komputer.

Saya dengan segera langsung menduplikat (copy) file presentasi tersebut. Kemudian saya membuka file presentasi tersebut dengan Notepad, yang munculnya tak lain adalah teks atau kode yang acak-acakan dari file tersebut.

Nah, saya hilangkan satu-dua huruf saja, maka file presentasi langsung menjadi corrupt. Dia pun pasti akan berpikir bahwa file presentasi tersebut menjadi corrupt karena flashdisk-nya yang error.

Saya sendiri dengan sengaja mengubah seluruh isi flashdisk-nya menjadi shortcut, agar seolah semua terlihat karena flashdisk-nya error atau terkena virus.

Tapi, sayangnya membuat presentasi tersebut menjadi corrupt masih belum cukup.

Dia bisa saja dengan pintarnya melihat “Date Modified” yang ternyata menunjukkan bahwa file presentasi tersebut baru saja diedit kemarin, sementara dia meminta file presentasi saya yang sebenarnya saya buat berbulan-bulan sebelumnya.

Jadi, agar mencegah dia mengira saya sengaja membuat file-nya corrupt, saya edit “Date Modified”-nya, ke tanggal sewaktu saya pertama kali membuatnya, yakni berbulan-bulan sebelumnya.

Saya menggunakan Attribute Changer. Sobat bisa mengubah Date Modified, Created, dan Accessed dengan mudah di sini. Sobat bisa mengubah tanggal masa kini dari file menjadi tanggal masa lalu...

attribute changer

1 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming