Mengenal Lebih Jauh Virtual Desktop di Windows 10

virtual desktop

CRONOSAL - Salah satu inovasi yang datang bersamaan dengan dirilisnya Windows 10 adalah virtual desktop. Virtual desktop adalah fitur yang mampu mengelola desktop lebih dari satu desktop, yang berarti sobat dapat membuat banyak desktop sekaligus.

Ini tentunya inovasi yang paling berguna. Tapi masih banyak pengguna yang justru belum menyadari kehadiran fitur virtual desktop ini.

Virtual Desktop

Jika sobat menggunakan Windows 10, sobat akan kedapatan tombol ini di taskbar.

task view

Tombol ini adalah tombol yang membawa sobat kepada Task View, yakni fitur yang mengelola semua jendela dan desktop. Layaknya fitur lama di Window 7 Alt+Tab, fitur Task View bekerja jauh lebih baik, dan dengan fitur yang lebih banyak.

Dan salah satu fitur yang sudah pasti ada tak lain adalah virtual desktop. Virtual desktop ini dapat sobat buka dengan membuka Task View.

Sobat kemudian akan melihat daftar jendela dalam bentuk kotak-kotak dan desktop yang sobat buat di bawahnya.

Lalu bagaimana caranya menambah desktop?

buat desktop

Caranya adalah dengan mengklik + di pojok kanan bawah. Sobat akan dengan mudahnya membuat desktop baru dan menggunakannya langsung di sana.

Sobat akan mendapati desktop baru yang masih kosong.

desktop

Sobat juga bisa menutup langsung desktop yang baru saja sobat buat. Caranya adalah dengan membuka kembali Task View, lalu klik tombol Close dalam kotak pada desktop yang hendak sobat tutup.

desktop

Sobat bukan hanya bisa membuat banyak desktop saja dengan sistem operasi ini, sobat juga dapat memindahkan program atau aplikasi ke desktop lain dengan mudah.

Caranya adalah dengan drag dan drop kotakan desktop-nya (thumbnail desktop di Task View).

drag drop

Tinggal klik dan tekan-tahan kotakan itu lalu geser dan masukkan ke desktop yang sobat inginkan.

Sobat juga bisa memindahkan atau menukar desktop dengan cara yang sama.

Ada lagi satu fitur di virtual desktop: sobat dapat mem-pin atau menempelkan sebuah jendela di desktop yang sobat inginkan.

pin

Tinggal klik-kanan kotakan di Task View lalu pilih: “Show this window on all desktop” untuk menampilkan jendela di semua desktop; atau “Show this window from this app on all desktop” untuk menampilkan semua jendela (hanya untuk aplikasi ini) di semua desktop.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming