Menggunakan Fitur Bookmark di Chrome secara Maksimal

bookmark chrome

CRONOSAL - Google Chrome sebagai browser yang dianggap paling cepat sejagat raya, memiliki fitur umum yang juga dimiliki oleh kalangan browser populer, seperti Firefox dan Microsoft Edge, juga Opera. Fitur itu adalah fitur bookmark.

Tapi, apa fungsinya?

Bookmark adalah fitur umum browser yang berfungsi untuk menyimpan URL halaman web dengan mudah, dan langsung terikat dengan browser. Sehingga sobat tak perlu repot-repot mencari situs favorit mana yang beberapa bulan yang lalu pernah dibuka.

Bookmark di Chrome memiliki fitur-fitur tambahan yang dapat kita gunakan secara maksimal. Sehingga sobat tak akan lagi lupa situs mana yang hendak dikunjungi.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

#1 Menambah Bookmark Baru

Kita dapat menambah bookmark baru dengan menyimpan URL halaman web yang sedang kita kunjungi.

Pertama, buka dulu situs yang hendak disimpan di bookmark. Lalu klik tanda bintang yang menampilkan teks “Bookmark this page”.

bookmark

Lalu ubah nama (judul) untuk URL tersebut. Jika sudah, klik Done.

bookmark halama

Maka URL halaman web pun telah disimpan di Chrome sebagai bookmark.

#2 Tampilkan Bookmark Bar di Semua Tab

Secara default, bookmark bar di Chrome hanya tampil di New tab. Namun kita bisa menampilkannya di semua tab, agar kita ingat situs mana yang perlu dikunjungi pada saat browsing.

Buka Tab baru, klik-kanan pada bookmark bar, lalu pilih “Show bookmark bar.”

simpan web

#3 Membuat Folder untuk Masing-Masing URL

Sobat dapat membuat folder yang dapat mengelompokkan seluruh URL, sehingga sobat dapat mengetahui jenis-jenis URL tersebut, sesuai yang sobat inginkan.

#4 Membuka Semua URL yang Terdapat dalam Bookmark

Sobat dapat membuka semua URL yang sobat simpan di bookmark secara sekaligus. Sobat dapat membukanya di jendela Chrome saat ini, atau di jendela (window) baru, serta membukanya di incognito Chrome.

Itulah cara menggunakan bookmark secara maksimal di Chrome. Menggunakan bookmark secara maksimal akan memudahkan produktivitas saat browsing, sehingga kita tak akan lupa lagi situs mana yang perlu dikunjungi.

1 komentar

  1. Kak bisa request artikel tentang aplikasi Statistik yang bisa dijadikan alternatif selain SPSS untuk mengolah data hasil penelitian, dan tidak berbayar :3

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming