Friday, March 17, 2017

Cara Disable Kotak Dialog Run

kotak dialog run disable

CRONOSAL - Kotak dialog Run adalah salah satu aset Windows yang sangat-sangat penting. Aset Windows ini telah dibawa sejak Windows versi lama, yang berguna untuk menjalankan suatu program atau alamat folder dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Salah satu aset Windows yang penting ini sangatlah berguna. Sobat dapat menjalankan aplikasi apa pun dengan cara yang sangat singkat. Kotak dialog Run sengaja disajikan di Windows, agar dapat memudahkan pengguna untuk mengakses suatu program.

Kotak dialog Run mungkin sangat berguna. Namun sebagian dari pengguna tampaknya justru membutuhkan kotak dialog Run untuk dimatikan saja. Biasanya, kotak dialog Run dimatikan atau dinonaktifkan di PC yang digunakan oleh banyak orang, seperti PC di warung internet misalnya.

Demi keamanan PC, sobat tampaknya perlu sewaktu-waktu mematikan kotak dialog Run. Tapi, bagaimana caranya?

Cara Mematikan Kotak Dialog Run

Kotak dialog Run dapat kita matikan melalui Registry Editor (regedit) dan Group Policy Editor (gpedit.msc). Kita gunakan Group Policy Editor saja agar lebih mudah.

Pertama, buka dulu kotak dialog Run dengan menekan logo Windows+R. Lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor, yang kita gunakan untuk mematikan kotak dialog Run.

gpedit.msc

Setelah Group Policy Editor terbuka, masuk ke User Configuration. Lalu pilih Administrative Templates. Terakhir, masuk ke Start Menu and Taskbar.

kotak dialog run

Di sana akan tampak opsi “Remove Run Menu from Start Menu.” Bukan berarti opsi ini hanya menghapus Run dari Start menu, namun menghapusnya dari semua cara apa pun, sehingga kotak dialog Run tak akan lagi bisa dibuka.

gpedit.msc

Klik itu. Lalu pilih Enabled. Ketika sobat memilih opsi Enabled ini, sobat berarti mematikan kotak dialog Run, sehingga tak dapat dibuka kembali.

kotak dialog run

Setelah itu, pilih OK.

Sobat tak perlu me-restart komputer untuk melihat efeknya. Tinggal tekan logo Windows+R, maka kotak dialog Run tak akan terbuka, dan justru menampilkan pesan berikut.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming