Cara Kembalikan Dokumen yang Tak Sengaja Tak Tersimpan

document recovery

CRONOSAL - Microsoft Office punya satu fitur yang bisa menyelamatkan hidup sobat. Ketika sobat secara tak sengaja mengklik tombol Don’t Save saat menutup Microsoft Word, sobat akan panik ternyata tugas yang sebelumnya diketik berjam-jam hilang begitu saja hanya karena salah pencet tombol.

Hal yang sama terjadi ketika mati listrik. Atau baterai laptop yang tiba-tiba habis. Dokumen yang merupakan tugas sekolah yang telah sobat buat berjam-jam dan bahkan berhari-hari seolah hilang ditelan angin. Rasa sakitnya sungguh menyesak dada.

Dengan sedikit trik di Microsoft Word, kita dapat mengembalikan dokumen yang tak sengaja tidak tersimpan karena mati listrik atau baterai laptop habis atau bahkan hanya tak sengaja mengklik tombol Don’t Save.

Cara Kembalikan Dokumen yang Tak Tersimpan

Di tutorial ini, saya menggunakan Word 2016. Sobat mungkin perlu menyesuaikan sedikit ketika menggunakan Word 2013 atau versi sebelumnya untuk mencoba.

Pertama, buka dulu Word 2016.

Lalu buka “blank document”.

Nah, ketika dokumen baru terbuka, klik tab File.

Lalu pilih Info.

Manage Document

Langsung saja, klik “Manage Document”, yang lalu memunculkan dua pilihan yang berfungsi untuk mengembalikan dokumen yang tak tersimpan tersebut: Recover Unsaved Documents. Sobat juga tentunya dapat langsung menghapus seluruh dokumen itu, dengan pilihan di bawahnya.

Klik “Recover Unsaved Documents” untuk mengembalikan dokumen yang tak tersimpan. Lalu pilih file yang merupakan dokumen untuk dikembalikan.

file dikembalikan

Maka, sobat telah berhasil mengembalikan dokumen atau file yang dibuat di Microsoft Word, namun tak tersimpan secara tak sengaja.

Microsoft Office 2016 secara default menyimpan seluruh perubahan yang sobat buat dalam setiap dokumen atau presentasi atau apa pun itu. Dalam kurun waktu setiap satu menit, lima menit, atau sepuluh menit – sesuai yang kita inginkan.

Itulah kenapa kita bisa mengembalikannya dengan mudah melalui cara di atas.

Untuk mengubah ini, buka tab File. Lalu pilih Options.

Options

Masuk ke tab Save.

autorecovery

Di sinilah tempat untuk mengatur waktunya. Sobat dapat mengaturnya sesuai keinginan sobat. Sobat juga dapat mengubah lokasi folder di mana dokumen tersebut tersimpan secara otomatis.

2 komentar

  1. gan ane maw nnya ane kan udh cape2 an ngetik exel ..gx sengaja ane klik dont save jd ketikan ane hilang...gmna cara mengembalikn ketikan terakhir exel ane mohon gan bantuannya

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming