Sunday, March 19, 2017

Cara Matikan Fitur Tab Preview di Microsoft Edge

tab preview

CRONOSAL - Windows 10 yang diluncurkan sebagai sistem operasi terakhir dari Microsoft, membawa pembaruan besar pada Juli tahun lalu, Anniversary Update. Pada update ini, Microsoft membawa banyak perubahan dan peningkatan di Windows 10 dan seluruh isinya.

Salah satunya adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge membawa perubahan pada fitur tab-nya, yakni tersedianya fitur Tab Preview yang menampilkan gambar thumbnail tab ketika pengguna mengarahkan kursor mouse ke tab yang diinginkan.

Gambar thumbnail pada fitur Tab Preview di Microsoft Edge memiliki sedikit kekurangan, yakni tidak memiliki kemampuan live. Maksudnya, fitur Tab Preview tak dapat menampilkan gambar secara live pada proses yang terjadi langsung di dalam situs yang dikunjungi di tab tersebut.

Jika begini, fitur Tab Preview tampaknya akan lebih baik dimatikan saja. Karena gambar thumbnail pun tampak selalu kesulitan untuk menyesuaikan gambaran situs yang sebenarnya. Dan, fitur ini agak sedikit mengganggu kinerja Microsoft Edge.

Cara Matikan Fitur Tab Preview di Microsoft Edge

Untuk mematikan fitur Tab Preview, sobat perlu melakukannya melalui Registry Editor (regedit), dan bukan secara langsung melalui Microsoft Edge.

Langsung saja, buka kotak dialog Run dengan menekan Logo Windows+R. Ketik “regedit” dan tekan Enter. Ini akan membuka Registry Editor.

regedit

Ketika mencoba membuka Registry Editor, sobat akan melihat tampilan UAC. Klik Yes saja.
Lalu di Registry Editor, pergi ke alamat berikut ini:
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\AppContainer\Storage\microsoft.microsoftedge_8wekyb3d8bbwe\MicrosoftEdge\TabbedBrowsing
Klik saja folder lalu folder di dalamnya, dan begitu seterusnya hingga sampai di folder “TabbedBrowsing.”

Setelah sampai situ, sobat akan melihat DWORD yang berupa setelan dalam Microsoft Edge, yang tak ditunjukkan oleh Microsoft secara langsung di web browser Edge.

Nah, untuk mematikan fitur Tab Preview, buat DWORD baru.

Klik-kanan, pilih New > DWORD (32-bit).

Lalu buat namanya menjadi TabPeekEnabled.

regedit

Klik ganda pada TabPeekEnabled ini, lalu pilih 0 sebagai value-nya. Klik OK.

TabPeekEnabled

Value dengan angka 0 menunjukkan bahwa fitur Tab Preview dimatikan. Sedangkan value dengan angka 1, berfungsi untuk menyalakan Tab Preview di Microsoft Edge.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming