Cara Nyalakan/Matikan Smooth Scrolling di Chrome

smooth scrolling

CRONOSAL - Google Chrome sebagai web browser populer yang dianggap sebagai web browser paling cepat di planet ini, memiliki satu fitur yang mungkin belum sobat ketahui.

Fitur ini sebenarnya adalah fitur umum yang juga tersedia di web browser populer lainnya, seperti Mozilla Firefox dan Microsoft Edge. Fitur ini bernama smooth scrolling. Tapi, apa itu smooth scrolling?

Smooth scrolling adalah fitur yang memungkinkan sebuah jendela (window) melakukan scrolling dengan efek animasi yang lembut. Smooth scrolling juga memang diaplikasikan sejak keberadaan Windows 7, sebagai revolusi besar-besaran dari Windows XP.

Fitur smooth scrolling ini memiliki fungsi yang berguna. Bukan hanya soal efek animasinya, namun juga soal kenyamanan yang diberikannya, karena fitur kecil ini dapat memengaruhi produktivitas sobat dengan tambahan kenyamanan dalam menggunakan browser.

Namun, bagi sobat yang tahu lebih, sobat dapat mengatur aktif atau tidak aktifnya fitur smooth scrolling ini.

Cara Menyalakan atau Mematikan Smooth Scrolling di Chrome

Langsung saja, buka Google Chrome.

Lalu kunjungi alamat berikut: chrome://flags/#smooth-scrolling

Ketika sobat mengunjungi alamat web tersebut, sobat diarahkan ke banyak opsi settings dari Google Chrome yang tak dapat sobat dilihat di menu Settings biasa di Google Chrome.

smooth scrolling

Di situ terdapat opsi untuk mengatur aktif atau tidak aktifnya fitur smooth scrolling. Ada tiga pilihan: Default, Enabled, Disabled.

Pilih Enabled untuk menyalakan fitur smooth scrolling. Atau pilih Disabled untuk mematikan fitur smooth scrolling.

Atau pilih Default untuk menggunakan fitur smooth scrolling secara default, yang aktif atau tidaknya bergantung pada setelan Windows yang sobat pilih.

Windows sendiri punya satu kotak dialog yang berkaitan dengan setelan smooth scrolling. Untuk mengaturnya, cari “appearance” di kotak pencarian atau Cortana. Lalu buka “Adjust the appearance and performance of Windows.”

Performance Options

Sampai di sini, saya tak bisa memastikan check box mana yang ada kaitannya dengan smooth scrolling. Namun yang pasti, jika sobat memilih “Adjust the best performace,” maka sobat tak akan bisa mendapat efek animasi ketika scrolling di jendela (window) termasuk web browser.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming