Tuesday, March 7, 2017

Cara Pause Proses Syncing OneDrive, atau Matikan OneDrive Sementara

onedrive

CRONOSAL - OneDrive adalah salah satu aplikasi yang merupakan layanan hosting online kembangan Microsoft, yang disebar ke berbagai perangkat secara cross-platform. Sejak Windows 8, Microsoft menanamkan OneDrive (yang dulu bernama SkyDrive) sebagai alat sinkron data dalam PC.

Kini, OneDrive mengalami perubahan. Bukan hanya dari namanya, tapi juga dari fiturnya. Ya meski tak terlalu banyak perubahan (yang tampak), namun kemampuannya semakin menyesuaikan diri dengan Windows 10 yang juga terus diperbarui.

OneDrive, bagi saya, sangat memudahkan. Karena aksesibilitasnya yang terjangkau di berbagai perangkat, termasuk Android. Cara menggunakannya pun sangat mudah dan sederhana. Seperti di PC, kita dapat menunda (pause) proses sinkronisasi (syncing) dengan mudah.

Menunda proses sinkronisasi OneDrive mungkin penting dilakukan. Karena proses sinkronisasi juga mencakup proses upload dan download yang dilakukan OneDrive. Dan, ini mungkin akan menghemat kuota internet.

Cara Tunda Proses Syncing OneDrive di PC

Proses sinkronisasi OneDrive dapat kita tunda langsung di Taskbar. Lebih tepatnya, di dalam kotak “Hidden icons”. Jadi, kita tak perlu membuka aplikasi OneDrive hanya untuk menunda proses sinkronisasi OneDrive.

Buka “Hidden icons”, di mana semua icons berada. Sobat akan menemukan icon OneDrive di sana.
Lalu klik-kanan pada icon OneDrive. Kemudian pilih “Pause syncing”, lalu pilih lagi berapa lama ingin menunda proses sinkronisasi OneDrive: 2 jam, 6 jam, atau 8 jam.

onedrive pause

Ketika sobat memilihnya, di saat itulah OneDrive akan berhenti bekerja untuk sementara, sesuai berapa lama waktu yang sobat pilih. Sehingga kuota internet pun dapat sedikit terselamatkan. Karena kita juga menunda proses download dan upload melalui OneDrive.

Sayangnya, untuk mematikan OneDrive selamanya, Microsoft tak menyajikan caranya sendiri untuk itu. Namun, sobat masih bisa melakukannya dengan trik berikut ini..

Klik-kanan icon OneDrive di “Hidden icons” yang tadi, lalu pilih “Exit” untuk mengeluarkan OneDrive terlebih dahulu.

onedrive

Setelah itu, buka Task Manager. Masuk ke Startup. Lalu pilih Disable untuk OneDrive, agar tak lagi berjalan saat startup.

disable onedrive

Ini tak akan mematikan OneDrive selamanya. Namun hanya membuat OneDrive tak dapat bekerja secara otomatis, sehingga ia bekerja hanya ketika sobat membukanya...

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming