Cara Buat Wallpaper yang Sama di PC/Smartphone/Tablet Windows

wallpaper

CRONOSAL - Sejak keberadaan Windows 8, sistem operasi buatan Microsoft ini berubah drastis. Bukan hanya dari segi tampilan dan fitur, melainkan pula adanya system cloud yang mengidentifikasikan sistem operasi yang modern dan produktif.

System cloud adalah layanan online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan menggunakan perangkatnya (komputer, smartphone, tablet, dan sebagainya) dengan satu akun online, akun Microsoft contohnya. Dari akun ini, kita dapat berpindah-pindah perangkat dengan lebih mudah.

Sebagai produk utamanya, OneDrive yang digunakan oleh Microsoft di setiap produknya. OneDrive yang menjadi pusat dari semua proses sinkronisasi (menyimpan) data-data sobat ke server pusat sehingga sobat dapat mendapat data yang sama di perangkat yang berbeda.

Data-data tersebut salah satunya adalah tema Windows 10. Jika sobat mengubah tema Windows 10 dan mengaktifkan sinkronisasi, maka sobat kemungkinan dapat melihat wallpaper yang sama di semua perangkat Windows 10 lainnya, seperti smartphone Windows 10 Mobile.

Cara Aktifkan Sinkronisasi Tema di Windows 10

Sobat dapat melakukannya dengan mengaktifkan sinkronisasi tema di Windows 10. Ketika tema sudah disinkron, maka jika sobat kehilangan laptop Windows 10 sobat, sobat tak lagi kerepotan menyetel tema yang sama di laptop baru. Cukup login dengan akun Microsoft.

Namun, sinkronisasi tema bukan berarti sobat dapat membuat smartphone Windows 10 Mobile dan tablet Windows 10 dapat menggunakan tema yang sama. Karena sistem operasinya pun sudah beda. Jadi, yang tersinkron hanya wallpaper-nya saja.

Buka Settings. Lalu masuk ke Accounts.

Accounts

Buka tab “Sync your settings.”

sync wallpaper

Di sinilah terdapat semua setelan untuk mengatur bagaimana Windows 10 melakukan proses sinkronisasi melalui OneDrive.

Pastikan sobat telah mengaktifkan “Sync settings” dengan status “On” di sana.

Lalu buat opsi “Theme” pada grup “Individual sync settings” menjadi “On”.

Klik kiri dari Off menjadi On untuk membuat opsi tersebut aktif.

Selesai. Sobat telah mengaktifkan sinkronisasi untuk tema Windows 10. Namun, ketika mengganti wallpaper, pastikan sobat terhubung ke koneksi internet, dan login-kan akun Microsoft yang sama di smartphone/tablet Windows 10.

1 komentar

  1. saya jarang pakai fitur seperti ini.. taunya bisa seperti ini ya, saya coba deh

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming