Monday, March 13, 2017

Ubah Taskbar jadi Vertikal untuk Suasana Kerja yang Lebih Segar

vertical taskbar

CRONOSAL - Ada satu fitur yang sudah lama dibawa oleh sistem operasi dari Microsoft ini. Fitur ini bernama Taskbar, yang selalu berada di sisi bawah layar. Tampilan dari Taskbar semakin tampak menakjubkan dan memudahkan karena tampil sederhana.

Taskbar memang sangat berguna. Tapi, apakah pernah terpikirkan untuk mengubah tampilannya, khususnya menjadi vertikal?

Bagi sobat yang ingin mendapatkan suasana baru yang lebih segar, sobat dapat melakukannya dengan mengubah tampilan Taskbar dari Windows 10.

Suasana baru tak harus didapatkan dengan lingkungan kerja yang baru. Hanya dengan tampilan Taskbar secara vertikal, sobat akan merasakan produktivitas yang berbeda.

Mengubah Tampilan Taskbar

Pertama, buka Settings. Klik-kanan Taskbar, pilih Settings.

Sobat akan langsung diarahkan menuju Taskbar settings, yang berisi beberapa opsi untuk mengubah bagaimana Taskbar tampak dan bekerja.

taskbar settings

Untuk dapat mengubah tampilan Taskbar secara keseluruhan, buka dulu kunci Taskbar dengan mematikan opsi "Lock the Taskbar". Hal ini membuat elemen Taskbar menjadi lebih fleksibel, dapat dipindah-pindahkan secara bebas.

Langsung saja pilih “Automatically hide the taskbar in the desktop mode.” Ini akan membuat Taskbar tampil tersembunyi di mode desktop, dan tampil secara otomatis ketika kita arahkan kursor ke sisi layar di mana Taskbar berada.

Nyalakan opsi “Use small taskbar buttons.” Ini akan membuat seluruh icons di Taskbar tampak lebih kecil, sehingga sobat dapat melihat semua icon dengan lebih jelas.

Pada “Taskbar location on screen,” pilih Left. Ini membuat Taskbar berpindah lokasi menjadi di sisi kiri layar. Bagi saya, lokasi di sisi kiri layar tampaknya adalah lokasi terbaik Taskbar secara vertikal.

taskbar position

Bagaimana dengan sisi kanan layar? Coba saja. Pilih Right untuk membuatnya tampil di sisi kanan layar.

Pada “Combine taskbar button,” pilih Never. Ini membuat icon jendela yang aktif dapat menampilkan nama/judul jendela dari aplikasi yang sobat buka. Dengan begini, sobat akan melihat seluruh icon lebih jelas dan natural.

Oh iya, sobat dapat mengatur ukuran Taskbar menjadi lebih lebar atau lebih sempit, dengan cara menggeser sisi Taskbar ke kiri dan ke kanan – seperti gambar ini.

Taskbar

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming