Cara Aktifkan Dark Mode di YouTube

dark theme

CRONOSAL - Jika sobat rajin menonton video di YouTube, sobat seharusnya sadar kalau ternyata ada satu hal baru yang hadir di sana. Sebagai tempat untuk menonton video, YouTube hadir dengan satu opsi tampilan baru.

YouTube baru-baru ini menghadirkan tema gelap, atau dark theme. Tema gelap ini sebelumnya muncul sebagai mode gelap dalam sistem operasi smartphone, yang kemudian disusul aplikasi-aplikasi di dalamnya, dan kemudian sejumlah situs populer.

YouTube kemudian menjadi salah satunya. Entah apa alasannya, yang pasti tema gelap ini hadir untuk memudahkan dan membuat mata penonton nyaman ketika menikmati video-video di sana. Terlebih jika sobat berada di dalam ruangan gelap, atau sedang mati lampu.

Tema gelap juga membuat baterai laptop atau smartphone jadi lebih awet. Sobat dapat mengaktifkan dark theme atau tema gelap dengan sangat mudah. Cukup beberapa klik saja.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan tema gelap di YouTube?

Cara Aktifkan Tema Gelap YouTube


Buka situs YouTube seperti biasa di Google Chrome, dan login dengan akun Google sobat. Tunggu loading-nya selesai semua.

Setelah itu, klik menu (tiga titik vertikal) dan pilih More Tools > Developer Tools.

youtube

Di sana, buka tab Console, dan paste kode-kode berikut ini:
document.cookie="VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE"
Dan tekan Enter.

Kemudian tutup Developer tools. Lalu reload atau muat ulang situs YouTube di browser. Jika sobat melihat YouTube tak memperlihatkan bahwa sobat sign in, maka sign in lagi.

Nah, terakhir, untuk mengaktifkan dark theme, klik foto profil YouTube sobat. Kemudian pilih “Mode gelap: nonaktif”.

youtube

Dan yang paling terakhir, pilih “Aktifkan mode gelap”.


Dan, BOOM! Situs YouTube akan berubah dengan tema gelap.

Tema gelap baru dari YouTube ini akan memudahkan kita dalam menikmati video-video di sana. Dengan begini, bukan hanya mata kita yang lebih nyaman, melainkan pula baterai laptop dan smartphone jadi lebih hemat, karena tak membutuhkan intensitas cahaya yang terlalu tinggi.

Sobat juga dapat melakukan hal yang sama di Firefox, Edge, dan browser lainnya. Gunakan Inspect Element > Console.

1 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming