Thursday, May 11, 2017

Cara Membuat Start Menu Folder di Windows 10

start folder

CRONOSAL - Jika sobat rajin meng-update Windows 10, sobat tentu sudah menyadari keberadaan Windows 10 Creator Update. Update ini merupakan update pertama di tahun 2017 ini, yang membawa segudang fitur baru dan kinerja yang lebih cepat.

Windows 10 Creator Update, sebagai update besar-besaran dari Microsoft, membawa satu perubahan kecil pada Start menu-nya. Ternyata, ada fitur baru yang muncul. Apakah fitur itu?

Fitur itu bernama Start menu folder. Jika sobat menggunakan Windows 10 Mobile di smartphone, sobat sudah tak asing lagi dengan fitur tersebut.

Fitur tersebut yang membungkus satu atau lebih tiles dari berbagai aplikasi ke dalam satu folder. Di Start menu, fitur ini menggabungkan sejumlah tiles menjadi satu tile yang ketika diklik akan memunculkan tiles-tiles yang digabungkan tersebut.

Fitur ini sangatlah berguna. Berguna untuk “menghemat” tempat di Start menu. Terlebih bagi sobat yang suka mem-pin banyak tiles ke sana.

Cara Aktifkan Start Menu Folder


Untuk mengaktifkan fitur Start menu folder, sobat dapat melakukannya dengan men-drag sebuah tiles, dan men-drop tiles tersebut ke tiles yang lain.

folder start

Seketika itu, kedua tiles yang sudah bertemu, akan bergabung menjadi satu folder tiles.


Untuk menambah menjadi tiga atau empat atau lebih tiles, tinggal drag dan drop lagi tiles menuju dua tiles yang telah bergabung tersebut.

folder

Dan, BOOM! Sobat telah membuat sebuah Start menu folder.

start

Fitur ini akan menggabungkan beberapa tile menjadi satu kotak tiles dalam bentuk Medium. Ketika di-klik, kotak tiles tersebut membuka semua tiles yang telah digabungkan.

Sobat dapat mengubah bentuk kotak tiles menjadi lebih besar, atau lebih kecil.

Sobat juga dapat mengklik tombol panahnya untuk membuat semua tiles tak berceceran lagi, dan membuatnya kembali tampak menjadi folder. Dan ketika diklik lagi, bentuk kotak tiles akan tetap seperti yang telah sobat ubah.

Fitur ini hanya tersedia di Windows 10 Creator Update. Untuk mendapatkannya sobat dapat meng-update melalui Windows Update. Atau download ISO-nya lewat situs resmi Microsoft.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming