Thursday, May 4, 2017

Cara Menggunakan Google Docs secara Offline

google doc

CRONOSAL - Jika sobat sudah terlalu sering menggunakan Microsoft Office sebagai software untuk mengetik, sobat mungkin belum pernah mencoba sensasi baru dalam mengetik, membuat presentasi, dan mengatur spreadsheet dengan aplikasi Office Google.

Google punya tiga jenis aplikasi Office: Google Doc, Google Sheet, dan Google Slide. Ketiga-tiganya merupakan aplikasi berbasis web browser yang tentunya hanya dapat diakses dalam jaringan internet. Jika PC sobat dalam mode offline, Google Doc tak dapat diakses.

Menyebalkan memang. Tapi, tunggu. Google juga menyajikan solusi dari masalah ini. Google menyajikan satu ekstensi untuk Google Chrome yang memungkinkan kita menggunakan Google Doc, Sheet, dan Slide secara offline.

Cara Gunakan Google Doc, Sheet, Slide secara Offline


Pastikan sobat menggunakan Google Chrome. Karena belum ada web browser lain yang dapat menginstal ekstensi ini.

Kunjungi situs Google Drive di sini. Dari situlah, kita bisa meng-instal ekstensi Google Doc.

Pada Offline > “Sinkronkan Google Dokumen, Spreadsheet, Slide & Gambar ke komputer ini, sehingga anda dapat mengeditnya secara offline,” beri centang.

google doc

Kemudian akan muncul ekstensi baru yang bernama “Google Dokumen Offline” untuk di-install. Klik “Add extension” untuk mulai men-download dan meng-install ekstensi ini.

google doc

Bukan hanya Google Doc, Google Sheet, dan Google Slide yang akan berjalan secara offline, ekstensi ini juga memungkinkan sobat untuk menggunakan aplikasi Google Drawing secara offline, tanpa perlu koneksi internet terhubung.

Tunggu beberapa saat ketika proses instalasi ekstensi berjalan. Ketika selesai, sobat akan melihat pesan “Offline diaktifkan” di sudut kiri bayar layar.

Terakhir, klik Selesai.

Dan, BOOM! Sobat sekarang dapat membuka dokumen, mengedit dokumen, atau menulis dokumen baru dengan Google Doc tanpa terkoneksi ke internet.

offline

Dengan Google Doc, Sheet, dan Slide, kita dapat mengetik dokumen, membuat presentasi, dan mendata spreadsheet dengan mudah. Terlebih bagi user yang sudah bosan dengan aplikasi Microsoft Office.

Selain gratis, Google Doc juga punya fitur yang cukup layak digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas berat, seperti membuat makalah atau skripsi misalnya :v

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming