Tuesday, May 2, 2017

Cara Menghapus File Temporary secara Otomatis di Windows 10

storage sense

CRONOSAL - Windows 10 baru saja mendapat Creator Update pada April kemarin. Microsoft membawa banyak perubahan seperti biasanya. Salah satu perubahan yang bermanfaat dan memudahkan adalah fitur penghapus file temporary secara otomatis.

Fitur ini bukan hanya mampu menghapus file temporary, melainkan menghapus file dalam Recycle Bin yang menumpuk selama 30 hari. Semua dilakukan secara otomatis oleh Windows sendiri.

Fitur ini bernama Storage Sense, yang merupakan fitur lama namun baru mendapat peningkatan dengan Windows 10 Creator Update.

Storage Sense hanya tersedia di Windows 10 dengan Creator Update. Jika sobat menggunakan Windows 10 dengan versi lama, maka upgrade dulu.

Storage Sense di Windows 10

Windows 10 punya Storage Sense, yakni fitur bawaan yang terdapat dalam aplikasi Settings untuk mengatur cara kerja tempat penyimpanan di PC sobat.

Buka Settings lewat Start menu. Lalu masuk ke System > Storage.

Di sini, sobat dapat melihat file-file apa saja yang tersimpan dalam setiap partisi dan berapa size yang termakan.

storage sense

Gulir layar ke bawah. Sobat akan melihat grup settings “Storage Sense”. Di sanalah fitur penghapusan secara otomatis untuk file temporary dan recycle bin.

free up space

Klik dari Off menjadi On untuk mengaktifkan fitur penghapusan otomatis ini.

Klik “Change how we free up space” untuk mengatur bagaimana fitur penghapusan otomatis bekerja.

clean now

Pada “Delete temporary files that my apps aren’t using”, klik dari Off menjadi On untuk mengaktifkan penghapusan otomatis untuk file-file temporary yang tak digunakan oleh aplikasi mana pun.

Pada “Delete files that have been in the recycle bin for over 30 days”, klik dari Off menjadi On untuk mengaktifkan penghapusan otomatis untuk file-file recycle bin yang tersimpan selama 30 hari.

Jika ingin menghapus file-file tersebut secara manual, klik “Clean now”.

Windows 10 menghadirkan fitur baru yang sangat berguna. Fitur ini juga dapat menghemat kapasitas hard disk yang file-file di dalamnya sudah menumpuk. Bagusnya, fitur ini bekerja secara otomatis.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming