Saturday, May 6, 2017

Cara Terjemahkan Kata dengan Cepat di Android

translate

CRONOSAL - Bagi orang yang selalu bekerja dengan orang asing, di objek wisata misalnya, biasanya membutuhkan kecerdasan dalam berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. Well, Google menyajikan aplikasi Google Translate di smartphone untuk memudahkan siapa pun menerjemahkan kata.

Google Translate bukan hanya bekerja sesederhana itu. Google Translate di Android memiliki fitur istimewa yang dapat memudahkan kita untuk menerjemahkan kata, khususnya saat kita melakukan browsing, membaca ebook berbahasa asing, atau hal-hal lainnya.

Fitur ini bekerja secara cepat dan langsung menerjemahkan kata, ketika kita meng-copy suatu teks. Fitur ini juga muncul sebagai notifikasi untuk mempercepat proses penerjemahan tanpa perlu membuka aplikasi Google Translate.

Lalu, fitur apakah itu?

Fitur “Tap to Translate” di Google Translate


Fitur Tap to Translate adalah fitur tambahan milik Google Translate yang langsung menempel sebagai notifikasi. Ketika meng-copy suatu teks, shortcut Google Translate akan secara otomatis muncul dan menampilkan hasil terjemahan tanpa perlu membuka aplikasinya.

Memudahkan, kan?

Bagi sobat yang belum menginstal Google Translate di Android, download dulu di sini. Lalu install.

Setelah itu, buka Google Translate. Lalu buka menu navigation bar-nya. Pilih Settings.

translate

Di sana akan muncul beragam settings untuk Google Translate. Mulai dari penerjemah melalui suara, hingga penggunaan data internet. Klik “Tap to Translate”.

tap to translate

Untuk mengaktifkan fitur “Tap to Translate”, klik tombol “Enable Tap to Translate” hingga warnanya menjadi biru.

Fitur ini akan muncul secara otomatis ketika sobat meng-copy suatu teks.


Untuk menampilkan fitur ini sebagai notifikasi, aktifkan “Show notification”.

Ketika Google Translate muncul sebagai notifikasi, sobat dapat menerjemahkan kata langsung di sini. Klik “+ TRANSLATE” untuk mulai menerjemahkan.


Untuk mengubah bahasa asal dan tujuan untuk diterjemahkan, klik “Preferred languages”.

google translate

Pilih bahasa yang hendak diterjemahkan pada “Your primary language”, dan pilih bahasa sebagai hasil terjemahan pada “Language you translate most often”.

Dan, BOOM! Ketika browsing, membaca ebook berbahasa asing, atau chatting dengan orang asing, sobat tak lagi kesulitan dan tak perlu lagi membuka aplikasi Google Translate untuk menerjemahkan suatu kata.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming