5 Aplikasi untuk Pantau Suhu Komputer Agar Tidak Kepanasan

5 Aplikasi untuk Pantau Suhu Komputer Agar Tidak Kepanasan

CRONOSAL - Panas, itulah musuh utama semua perangkat komputer, mulai dari laptop, PC tablet, hingga komputer desktop. Efeknya, komputer yang mengalami overheat terus menerus akan merusak hardware-nya, perlahan namun pasti. Bahkan dalam beberapa kasus terlihat ada asap keluar dari 'jeroan' PC yang menandakan hardware sudah sakaratul maut.

Bagaimana cara agar suhu komputer tetap terjaga? Pastinya dengan membuat sistem sirkulasi udara yang baik, bahkan kalau perlu menggunakan water cooling.

Cara lain adalah dengan memantau temperaturnya, ketika kamu melihat statistik sudah menunjukkan angka yang berbahaya, maka sudah waktunya untuk mengistirahatkan komputer. Memberinya waktu untuk cooling down dan hardware tidak terlalu terbebani.

Lalu software atau aplikasi apa yang bisa membantu dalam hal ini?

Berikut daftarnya:

5 Aplikasi untuk Pantau Suhu Komputer Agar Tidak Kepanasan


CrystalDiskInfo


Secara spesifik CrystalDiskInfo dirancang untuk memonitor temperatur HDD dan SSD. Media penyimpanan memang sangat penting bagi aktivitas komputer. Disini kamu bisa melihat kondisi suhu setiap drive, diagnosa kecepatan read/write, serta statistik kesehatan drive sepanjang waktu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk Windows 32-bit dan 64-bit, juga tersedia dalam format portable.

Download CrystalDyskInfo GRATIS!


Core Temp


Sederhana, itulah kunci utama yang ditawarkan Core Temp. Aplikasi bisa dijalankan di system tray dengan pemantauan secara terus-menerus. Ketika suhu berada di titik bahaya, aplikasi akan mengeluarkan peringatan. Pemantauan berfokus pada CPU sehingga sangat penting dimiliki apabila kamu gemar memainkan game berat.

Download Core Temp GRATIS!


HWinFO


HWinFO sebenarnya cukup sederhana, namun interface-nya sangat lengkap. Sama seperti Core Temp, aplikasi ini juga beroperasi di system tray dengan memonitoring CPU, RAM, HDD, SSD, baterai (jika laptop), dan sebagainya. Aplikasi tersedia untuk Windows 32-bit dan 64-bit.

Download HWiNFO GRATIS!


SpeedFan


Ingin tetap lanjut bermain game meski CPU kepanasan? Tinggal naikan saja kecepatan kipasnya! Aplikasi SpeedFan bukan hanya memberikan gambaran suhu, tetapi juga rotasi kipas bahkan kamu bisa mengatur kecepatannya bila diperlukan. SpeedFan juga dapat mengkoreksi pembacaan suhu yang salah oleh sensor.

Download SpeedFan GRATIS!


Open Hardware Monitor


Open Hardware Monitor punya tampilan bercabang yang dibagi berdasarkan jenis hardware. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi pengguna Windows dan Linux dengan laptop keluaran 2 tahun ke belakang. Kelebihannya ialah open-source, portable, dan bisa digunakan untuk server.

Download Open Hardware Monitor GRATIS!

***

Untuk mereduksi panas, kamu bisa menggunakan kawat aluminium pada heatsink atau baca beberapa tips mendinginkan komputer dengan cara sederhana.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming