5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Membuat Laptop Cepat Rusak

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Membuat Laptop Cepat Rusak

CRONOSAL - Laptop adalah versi minimalis untuk komputer desktop dengan kemampuan mobilitas dan hardware yang rapat. Berkat kelebihan ini laptop cukup banyak diminati, bahkan tak jarang ada yang membeli laptop mahal untuk memenuhi segala kebutuhannya. Sayang, konsumen mengabaikan etika menggunakan laptop dengan benar sehingga masalah kerusakan adalah sesuatu yang lumrah.

Jika kamu memiliki laptop baru, tentunya kamu berharap bisa tahan lama setidaknya dalam hitungan tahun sebelum teknologinya menjadi kurang relevan bagi perkembangan zaman.

Kebiasaan pengguna ternyata memiliki andil besar bagi umur laptop. Berikut ini beberapa kebiasaan pengguna laptop yang tanpa disadari menghancurkan laptop.

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Membuat Laptop Cepat Rusak


Main game di laptop sampai terlalu panas


Ketika server sedang ramai, teman banyak yang online, dan ada event bagus di game, rasanya ingin bermain game seharian tanpa henti. Sayangnya laptop tidak seperti komputer yang memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Laptop cenderung mudah panas dan panas inilah yang merusak komponen. Efeknya mengurangi performa hardware, mengurangi efisiensi sistem, pada HDD menyebabkan data corruption, bahkan ada yang mengeluarkan asap.

Sambil bermain game, sebaiknya kamu pantau suhu laptop menggunakan beberapa aplikasi gratis ini. Sehingga ketika sudah mencapai T-junction kamu bisa menghentikan aktivitas.


Mengguncang laptop saat sedang menyala


Mayoritas laptop menggunakan media penyimpanan berjenis piringan magnetik yang berputar alias HDD. Sisi positifnya, harga lebih murah dibanding SSD namun ada unsur mekanik yang bekerja di dalamnya. Jika kamu mengguncang laptop, akan terjadi masalah pada HDD seperti bad sector hingga kehilangan data. Tentu kamu tidak mau file penting kamu hilang, bukan?

Apabila ingin memindahkan laptop, pindahkan secara perlahan layaknya menggendong bayi.


Mengangkat laptop dari layarnya


Engsel antara layar dengan bodi utama laptop sebetulnya sangat rapuh. Di dalamnya terdapat kabel yang menghubungkan layar dengan kartu grafis. Jika bergeser sedikit saja layar laptop bisa berubah warna bahkan tidak menampilkan visual apapun.


Menumpuk laptop dengan beban berat


Saat laptop dilipat maka sisi layar akan menjadi 'tameng' di permukaan atas. Pelajar dan mahasiswa seringkali menumpuk buku pelajaran di atas laptop di kala tidak digunakan. Perlu diketahui layar monitor modern mengusung liquid display yang sangat rentan ketika ditekan. Efek buruknya kamu akan melihat death pixel di layar yang sering tertekan dan tidak bisa diperbaiki, hanya bisa diganti.


Membiarkan komponen dalam laptop dihinggapi debu


Debu menjadi masalah bagi semua perangkat komputer. Debu menghambat sirkulasi udara yang berperan mereduksi panas. Jika kamu merasa laptop mudah panas padahal tidak sedang menjalankan program berat, bisa jadi karena sistem pendingin sudah dipenuhi debu. Kamu bisa bongkar dan membersihkannya dengan blower, namun jika ragu bisa datangi reparasi komputer.

***

Itulah 5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Membuat Laptop Cepat Rusak, tidak mutlak namun dengan tidak melakukannya kamu sudah mengurangi potensi kerusakan laptop akibat kebiasaan menggunakannya.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming