Cara Membuat Mouse Agar Bisa Digunakan Orang Kidal

Cara Membuat Mouse Agar Bisa Digunakan Orang Kidal

CRONOSAL - Sebanyak 10 persen penduduk dunia adalah orang yang menggunakan tangan kiri sebagai tangan dominan atau kita familiar dengan menyebutnya orang kidal/tangan kidal. Hal ini tidak bisa dihindari, bahkan tanpa diajarkan sejak kecil pun seseorang bisa lebih dominan tangan kirinya dibanding tangan kanan sebab ini secara alami bermula dari evolusi manusia.

Lantas meski hanya sepersepuluh dari populasi manusia, jumlah itu sangat banyak. Mereka harus beradaptasi dengan lingkungan yang didominasi perangkat "eksklusif" untuk tangan kanan. Mulai dari sepeda motor, tangan kotor seusai menulis, kursi belajar, kontroler game, hingga menggunakan gunting.

Terlebih lagi saat mengoperasikan komputer, jika seorang kidal memaksakan menggunakan mouse yang menggunakan tombol untuk orang tangan kanan, siap-siap merasakan nyeri luar biasa pada tangan dan jari.

Atau setidaknya kamu bisa menukar tombol klik kiri dan klik kanan sehingga lebih nyaman.

Caranya dengan mengunduh program kecil bernama Moure. Kamu bisa mengunduhnya lewat tautan ini kemudian instal seperti biasa. Perlu dicatat setelah instalasi kamu diharuskan me-restart komputer agar keberadaan mouse terdeteksi.

Cara Membuat Mouse Agar Bisa Digunakan Orang Kidal

Setelah restart, jalankan Moure kemudian pada device mouse yang terdeteksi, centang Swap Buttons. Saat itu juga klik kiri dan klik kanan bertukar posisi sehingga nyaman untuk dipakai orang kidal. Sementara itu tombol lain seperti scroll tetap pada posisinya.

Perlu dicatat tidak semua mouse bisa mengaplikasikan cara ini.

Cara Membuat Mouse Agar Bisa Digunakan Orang Kidal

Hanya mouse simetris atau yang bentuk di sisi kiri dan kanannya sama yang layak untuk ditukar tombolnya. Sementara mouse gaming atau mouse ergonomis dirancang untuk salah satu tangan saja.

Lantas apakah seorang kidal tidak bisa menggunakan mouse gaming? Kabar baiknya sejumlah besar produsen perangkat komputer juga menyertakan versi left-handed. Jadi tidak perlu menggunakan program Moure lagi sebab mouse memang sudah dirancang untuk pengguna tangan kiri.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming