Sunday, September 10, 2017

AppBlock, Aplikasi Pemblokir Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas

appblock

CRONOSAL - Ada banyak cara untuk tidak menjadi malas. Untuk menjadi produktif, kita selalu saja mengalami banyak halangan yang tak penting. Terlalu banyak distraksi yang lagi-lagi mengalihkan fokus kita, pada pekerjaan yang sebenarnya jauh lebih (dan sangat) penting.

Terlebih lagi ketika menggunakan smartphone. Hampir setiap detik, smartphone berdering menandakan adanya notifikasi baru dari hampir setiap aplikasi media sosial yang ter-install di dalamnya.

Distraksi semacam ini sangatlah mengganggu. Berniat meninggalkan smartphone, namun takut ada notifikasi darurat yang terlewat, misalnya chat dari atasan. Sekalinya membaca notifikasi, kamu membuka aplikasi media sosial lain seperti melihat foto-foto teman di Instagram.

Dilema ini tak perlu lagi hadir mengganggu pikiran kita. Sekarang, kita bisa lebih produktif tanpa diganggu oleh aplikasi beserta notifikasinya, tanpa perlu menghapus atau uninstall aplikasi tersebut.

Tapi, bagaimana caranya?

Blokir Aplikasi dengan AppBlock di Android

AppBlock adalah salah satu dari sekian banyaknya app blocker atau aplikasi pemblokir yang tersedia di Android. Namun AppBlock tampaknya sudah cukup bagi mereka yang kesulitan untuk menjauhkan diri dari timeline media sosial atau foto-foto terbaru teman di Instagram.

Cara kerjanya sangatlah sederhana: aplikasi yang kamu inginkan diblokir di jam yang kamu inginkan dan di hari yang kamu inginkan; ketika aplikasi yang diblokir dibuka, kamu akan mendapatkan pesan bahwa aplikasi sedang diblokir.

appblock

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelompokkan beberapa aplikasi ke dalam satu profil yang berbeda-beda. Setiap profil memiliki durasi dan waktu pemblokiran yang berbeda-beda. Untuk versi gratis, kamu hanya diperbolehkan membuat tiga profil waktu pemblokiran.

profil

Dalam satu profil, kamu bisa menetapkan waktu dari kapan dan sampai kapan aplikasi tersebut diblokir dalam satu harinya. Untuk versi gratis, kamu hanya bisa membuat dua ketetapan waktu tersebut, misalnya dari pukul 06.00 hingga 09.00, dan dari 13.00 sampai 18.00.

notifikasi

Dengan AppBlock, kamu bisa memilih apakah hanya aplikasi yang diblokir atau beserta notifikasinya. Dalam setiap profil pada versi gratis, kamu hanya bisa memblokir 5 aplikasi sekaligus.

Secara keseluruhan, aplikasi AppBlock sangatlah memudahkan produktivitas, tapi akan lebih efektif ketika seluruh fiturnya kamu beli di Google Play.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming