Cara Mengaktifkan Night Light di Windows 10

night light

CRONOSAL - Windows 10 punya satu fitur baru. Fitur baru ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas, yang menghangatkan pancaran cahaya atau sinar biru dari PC/laptop yang dinilai mengganggu kesehatan tidur.

Fitur tersebut adalah Night Light. Fitur ini dibawa pada Windows 10 Creator Update. Kamu bisa mengaktifkan fitur Night Light dengan sangat mudah.

#1 Mengaktifkan Night Light dengan Action Center

Cara termudah untuk menyalakan fitur ini adalah dengan melalui Action Center.

Di Windows 10, tekan Logo Windows+A untuk menampilkan panel Action Center.

Lalu klik pada tombol Night Light.

mengaktifkan night light

Tak melihat tombol Night Light? Klik tombol Expand untuk memperlebar panel tombol-tombol action, dan pilih tombol Night Light.

Seketika itu, Windows 10 akan mengubah warna layar dari normal menjadi kekuningan. Warna kekuningan ini akan “menghangatkan” sinar biru sehingga tak akan lagi mengganggu waktu tidur.

Di Settings pada Windows 10, kamu juga bisa mengatur temperatur cahaya kekuningan tersebut apabila dirasa terlalu kuning atau menimbulkan efek pusing kepala.

#2 Mengatur Fitur Night Light

Bukalah aplikasi Settings melalui Start menu. Atau, kamu juga bisa membuka Settings langsung melalui Action Center. Klik-kanan pada tombol action Night Light dan pilih Go to Settings.

sinar biru

Kemudian terbukalah aplikasi Settings.

Langsung saja pilih Night Light settings untuk menampilkan seluruh settings yang mengatur fitur Night Light.

night light

Di sini, kamu bisa mengatur temperatur cahaya atau sinar kekuningan yang “menghangatkan” layar. Tinggal geser ke kiri untuk memperkuat, atau geser kanan untuk memperhalus sinar kekuningan tersebut.

night light settings

Pengaturan ini sangatlah berguna mengingat tak semua orang punya standar kenyamanan yang sama ketika bekerja dengan menggunakan komputer. Cahaya yang terlalu kuning mungkin justru akan membuat mata tambah lelah.

Biasanya, fitur Night Light digunakan ketika matahari tenggelam dan mati ketika matahari terbit. Kamu bisa membuat jadwal otomatis untuk fitur Night Light agar dapat menyala dan mati secara otomatis.

Tinggal klik Schedule night light menjadi On, dan pilih waktu yang kamu inginkan.

jadwal

Fitur Night Light sangatlah berguna, terlebih bagi mereka yang sulit tidur setelah bekerja selama berjam-jam di depan komputer.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming