Cara Memasukkan Dokumen PDF dari Google Drive ke Posting Blog

CRONOSAL - Memasukkan Dokumen PDF di Blog bisa menjadi cara yang baik untuk berbagi informasi tentang artikel yang Sobat Sharing. Trik ini juga saya pakai untuk menambah pembaca untuk berlama lama di Blog Sobat dibandingkan dengan memberikan direct link download saja.

Dengan Google Drive, Sobat dipermudah dengan penyimpan dokumen dan Sobat bisa membagi dokumen tersebut dengan kode id dari Google drive. Dengan fasilitas kode share link di Google Drive Sobat bisa memasukkan dokumen kedalam Blog. Untuk memasukkan dokumen PDF sangatlah mudah hanya sedikit script yang perlu di tambahkan , Berikut Cara Memasukkan PDF kedalam Blog:

                 

1. Copy Script dan paste kan dilaman post

<iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=[masukkan id google drive disini]&pid=explorer&efh=false&a=v&chrome=false&embedded=true" width="580px" height="480px"></iframe>

2. Copy id dari dokumen Google Drive, untuk mengetahui id dari Google drive berikut caranya.

   - Upload Dokumen PDF Ke Google Drive
   - Klik Kanan Pilih Get shareable link
 

   - Copy kode tersebut


   Contoh : https://drive.google.com/open?id=1Cr5lRNRfxQTYYU-VFw6jqvOVwuYYLqPc

3. Copy id dokument letak setelah id= "1Cr5lRNRfxQTYYU-VFw6jqvOVwuYYLqPc" dan Pastekan di Script di atas di "[masukkan id google drive disini]"sehingga seperti ini :

<iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=1Cr5lRNRfxQTYYU-VFw6jqvOVwuYYLqPc&amp;pid=explorer&amp;efh=false&amp;a=v&amp;chrome=false&amp;embedded=true" width="80%" height="400px"></iframe>

Yang perlu Sobat perhatikan adalah id Google Drive, Width dan Height sehingga proporsional terlihat. Dengan memasukkan dokumen PDF di post menjadi salah satu cara yang bisa Sobat terapkan untuk Blog.

Selamat Mencoba, jika ada pertanyaan silahkan di kolom komentar...

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming