Tuesday, January 31, 2017

Cara Matikan Notifikasi Situs dari Chrome dan Firefox

notifikasi web

CRONOSAL - Ada satu hal yang sobat mungkin belum tahu tentang browser, yakni fitur notifikasi dari situs web. Fitur ini sangat berguna bagi orang yang sering berselancar di internet.

Kini semua browser populer seperti Chrome dan Firefox mendukung web notifications, atau notifikasi situs web. Notifikasi ini bekerja dengan cara mengirim sobat pemberitahuan dari apa yang baru mengenai situs web tersebut.

Misalnya Facebook. Jika sobat mengaktifkan notifikasinya di Chrome, Firefox, atau Edge, sobat akan mendapat pemberitahuan Facebook di browser yang sobat gunakan, bahkan ketika sobat tak membuka tab-nya.

Jadi, intinya, notifikasi dari situs web sangat berguna. Ya berguna jika sobat membutuhkannya. Apalagi jika sobat sudah terlalu sering menjelajahi web, maka fitur notifikasi web ini sangat dibutuhkan.

Matikan Notifikasi Web di Chrome

Di Chrome sendiri sobat dapat mengaktifkannya dengan mudah.

Masuk ke chrome://settings/content di address bar.

Sobat akan langsung melihat deretan grup settingan di Chrome.

Gulir atau scroll layar sedikit ke bawah, sampai melihat grup “Notification”.
matikan notifikasi

Pilih “Do not allow any site to show notifications” untuk mematikan notifikasi web di Chrome.

Jika sudah, klik Done.

Maka notifikasi dari situs web telah dimatikan di Chrome.

Matikan Notifikasi Web di Firefox

Untuk mematikan notifikasi dari situs web, buka Firefox.

Masuk ke about:config

Klik “I’ll be careful. I promise!” yang berarti bahwa sobat harus hati-hati mengubah settings Firefox di about:config. Dikarenakan semua settings di sana sangat krusial bagi kinerja Firefox untuk melakukan browsing.

firefox

Cari “notification”.

Lalu klik ganda pada dom.webnotifications.enabled yang akan menjadi value menjadi false, yang berarti notifikasi web telah dimatikan di Firefox.

matikan notifikasi web

Nah, begitulah cara mematikan notifikasi dari situs web di Chrome dan Firefox. Sobat kini tak akan lagi diganggu notifikasi yang bagi sobat tak ada gunanya lagi.

Btw, sobat masih bisa mematikan satu situs saja agar tak mampu memberi notifikasi di Chrome dan Firefox. Tapi bagi sobat yang ingin sekalian saja tak mau melihat notifikasi dari situs web mana pun, maka ini pilihan yang tepat.

Monday, January 30, 2017

Cara Gunakan Fitur “Tell Me” di Office 2016

tell me

CRONOSAL - Microsoft sudah tak asing lagi dalam membuat perubahan. Mereka suka dengan perubahan. Inovasi yang dilakukannya terhadap Windows 10 menjadi bukti kuatnya, yang juga didukung dengan Microsoft HoloLens sebagai inovasi yang paling maju yang terus diteliti dan diuji.

Windows 10 kini semakin maju saja. Sebagai OS terakhir dari Microsoft, Windows 10 selalu mendapat build baru setiap minggunya (Insider), dan akan diresmikan secara publik sebagai updates besar-besaran yang dirilis setahun sekali atau dua kali.

Microsoft memang doyan soal inovasi dan perubahan. Mereka bosan dengan cara produktivitas lama, dan ingin dengan cara produktivitas yang lebih memudahkan.

Office adalah salah satunya. Office sendiri masih bertahan di versi 2016 untuk saat ini. Dan fitur yang dibawa oleh Office 2016 bukan hanya terdapat pada tampilannya saja, tapi juga membawa satu fitur berguna yang disebut “Tell me”.

Tell Me

Fitur ini terletak di sebelah ribbon Microsoft Office 2016. Btw, fitur ini tak berbentuk ribbon, justru tampil sebagai kotak teks yang dapat sobat ketik apa pun di dalamnya untuk memerintahkan Office melakukan apa yang sobat inginkan.

tell me office

Sayangnya, fitur “Tell me” hanya berlaku dalam perintah teks saja. Mungkin nantinya fitur ini akan mendapat dukungan dari Cortana sebagai perintah suara. Entahlah. Saya tak tahu. Kita lihat saja nanti.

Fitur yang terletak di sebelah kanan ribbon ini bertuliskan “Tell me what you want to do”. Ketika diklik, fitur ini menampilkan contoh perintah seperti “print” yang jika diklik maka Office akan langsung mulai proses printing.

print

Sobat bisa berkreasi dengan fitur ini. Tinggal ketik perintah apa saja, maka Office akan langsung melakukannya.

Konsep fitur ini sebenarnya sederhana. Dibuat dengan mengumpulkan pintasan-pintasan seluruh fitur Microsoft Word, PowerPoint, Excel, dan sebagainya, yang mampu diakses dengan satu klik melalui text box “Tell me” ini.

Kita coba mengetik “page break”, yang langsung menampilkan hasil untuk membuat page break. Klik “Insert Page Break”, maka Office akan langsung membuatkannya untuk sobat.


Fitur “Tell me” ini berguna. Terlebih jika sobat kesulitan mencari fitur Office yang jumlahnya sangat banyak...

Sunday, January 29, 2017

Cara Ubah Tema Dark/Light di Microsoft Edge

edge light dark

CRONOSAL - Microsoft mengganti browser lamanya Internet Explorer dengan browser yang lebih baru, yakni Microsoft Edge. Microsoft Edge ini membawa perubahan pada tampilan, fitur, dan kinerjanya, jauh lebih baik ketimbang Internet Explorer.

Agar Microsoft Edge lebih terlihat “berbeda”, Microsoft sengaja membuat Microsoft Edge hanya tersedia di Windows 10 dan dibangun dalam bentuk UWP (Universal Windows Platform), yang juga membuat Edge tersedia di Windows 10 Mobile.

Microsoft Edge sendiri tampaknya menjadi aplikasi yang satu-satunya di luar strategi Microsoft “Windows as service”. Tak sama seperti OneNote, Word, MSN News, dan aplikasi kembangan Microsoft lainnya yang tersedia di Android dan IOS, Microsoft Edge hanya tersedia di Windows 10.

Perkembangan Microsoft Edge semakin tampak. Di Anniversary Update, Microsoft menambah fitur ekstensi di dalamnya, dan beberapa fitur lain serta kinerjanya yang lebih meningkat. Belum nantinya hadir Creator Update yang membawa lebih banyak peningkatan.

Karena UWP, Microsoft Edge tak terlalu memiliki banyak kebebasan untuk diubah tampilannya. Mungkin karena alasan kinerja, Microsoft Edge dibuat secara UWP. Dan hanya ada satu yang dapat kita ubah, yakni tema gelap dan tema terang.

Memilih tema gelap atau tema terang mungkin terdengar sepele. Tapi fitur ini masih tak banyak dimiliki browser lainnya secara default. Kebanyakan dari browser populer, masih mengandalkan add-ons atau ekstensi yang sudah jelas memberatkan kinerja browser.

Lalu bagaimana cara mengubah tema Microsoft Edge?

Cara Mengubah Tema Dark/Light Microsoft Edge

Buka Microsoft Edge.

Klik tombol “More” (...) yang terletak di pojok kanan atas layar.

More Microsoft Edge

Pilih Settings yang berada di paling bawah.

Settings Microsoft Edge

Di dalam “Choose a theme”, pilih Dark atau Light.

tema gelap terang microsoft edge

Lalu Microsoft Edge pun berubah menjadi tema yang sesuai sobat pilih.

Tampilan Microsoft Edge sangat terbatas untuk diubah tampilannya sekarang. Mungkin suatu saat nanti Microsoft membuat perubahan besar dari tampilan Microsoft Edge sendiri. Kita lihat saja nanti..

Btw, tampilan Microsoft Edge dengan gelap sangat nyaman digunakan di malam hari. Tampilan gelap kononnya mampu menghemat baterai lebih awet. Karena intensitas cahaya yang dibutuhkan lebih sedikit...

Saturday, January 28, 2017

Ubah Tanggal Modified/Created/Accessed Suatu File/Folder

ubah date modified

CRONOSAL - Ada satu trik yang sangat-sangat berguna, yakni mengubah tanggal “Date Modified”, “Date Created”, dan “Date Accessed”. Ketiga tanggal ini merupakan tanggal-tanggal krusial tentang kapan file tersebut dibuka, diubah, dan dibuat.

Tapi, apa sih pentingnya mengubah tanggal-tanggal ini?

Entahlah. Saya tak tahu.

Tapi trik ini berguna sewaktu saya diminta seorang untuk memberikan presentasi lama buatan saya kepadanya. Dia meminta untuk meniru, copy dan paste langsung, dengan mengedit sedikit tampilan presentasi PowerPoint yang saya berikan.

Dia meminta karena dia kena teguran sewaktu remedial. Dia rajin bolos sekolah, tugas banyak ketinggalan. Dan dia belum mengumpulkan tugas presentasi buatannya. Heck, dia bahkan belum membuatnya sama sekali. Sementara saya sudah mengumpulkan presentasi saya berbulan-bulan sebelumnya.

Saya tentunya tak mau melakukannya. Saya tak mau memberikan presentasi saya secara cuma-cuma dan begitu saja. Semua usaha saya dalam membuat presentasi akan menjadi sia-sia kalau begitu.

Jadi, saya punya rencana, yakni membuat file presentasi tersebut menjadi corrupt, agar nantinya dianggap corrupt karena flashdisk-nya yang error. Beruntungnya, dia adalah orang yang awam komputer.

Saya dengan segera langsung menduplikat (copy) file presentasi tersebut. Kemudian saya membuka file presentasi tersebut dengan Notepad, yang munculnya tak lain adalah teks atau kode yang acak-acakan dari file tersebut.

Nah, saya hilangkan satu-dua huruf saja, maka file presentasi langsung menjadi corrupt. Dia pun pasti akan berpikir bahwa file presentasi tersebut menjadi corrupt karena flashdisk-nya yang error.

Saya sendiri dengan sengaja mengubah seluruh isi flashdisk-nya menjadi shortcut, agar seolah semua terlihat karena flashdisk-nya error atau terkena virus.

Tapi, sayangnya membuat presentasi tersebut menjadi corrupt masih belum cukup.

Dia bisa saja dengan pintarnya melihat “Date Modified” yang ternyata menunjukkan bahwa file presentasi tersebut baru saja diedit kemarin, sementara dia meminta file presentasi saya yang sebenarnya saya buat berbulan-bulan sebelumnya.

Jadi, agar mencegah dia mengira saya sengaja membuat file-nya corrupt, saya edit “Date Modified”-nya, ke tanggal sewaktu saya pertama kali membuatnya, yakni berbulan-bulan sebelumnya.

Saya menggunakan Attribute Changer. Sobat bisa mengubah Date Modified, Created, dan Accessed dengan mudah di sini. Sobat bisa mengubah tanggal masa kini dari file menjadi tanggal masa lalu...

attribute changer

Friday, January 27, 2017

Cara Menggunakan Newsflow di Windows 10

newsflow

CRONOSAL - Dengan Newsflow, sobat dapat membaca berita dari berbagai dan banyak situs web tanpa perlu mengunjungi situsnya. Newsflow adalah satu-satunya tempat untuk membaca updates harian dari situs berita atau blog favorit sobat. Jadi dengan begini, sobat dapat menghemat waktu lebih banyak.

Dowload Newsflow di sini. Lalu Install. Melalui Windows Store.

Ketika membuka aplikasi Newsflow, Newsflow masih terlihat kosong.

Menambah Feed

Untuk menambah sumber feed, klik tombol di sebelah kanan “Source”.

source

Lalu masukkan URL situs web yang hendak sobat tambahkan ke dalam sumber berita/blog yang hendak sobat baca di Newsflow. Sobat hanya perlu memasukkan URL situs web homepage-nya saja, tak perlu URL feed-nya.

Lalu tekan Enter. Dan tunggu sebentar.

rss feed

Kemudian muncul seperti ini. Biasanya satu blog atau situs web berita terdapat lebih dari satu sumber feed. Biasanya berupa feed postingan dan feed komentar. Pilih feed yang berupa feed postingan, karena hanya ini yang membuat sobat bisa membaca update-an dari situs web tersebut.

newsflow

Tunggu beberapa detik. Lalu muncul daftar postingan terbaru dari situs web yang hendak dimasukkan. Klik saja langsung “Add”.

Tambah feed

Menambah Kategori

Nah, Newsflow punya fitur lain yang berguna, yakni kategori.

Kategori ini dapat kita pin sebagai live tile di Start menu. Jadi, ketika ada berita terbaru sesuai kategori yang kita pilih, kita bisa melihat judul dan gambarnya langsung di Start menu.

Untuk menambah kategori, masuk ke Source.

Buka sidebar kategori. Sobat mungkin masih memiliki kategori yang kosong. Jadi, buat kategori sekarang, dengan mengklik tombol “Add category” yang terletak di paling bawah sidebar.

kategori

Jika sobat telah membuat kategori, sobat dapat menambah dan menghilangkan situs web dari kategori. Klik pada tombol di setiap kategori (...), lalu klik Select feeds. Untuk mengganti nama kategori, klik Edit.

pilih feed

Mengubah Tampilan Reading

Newsflow memiliki tampilan reading yang sangat nyaman. Masuk ke Settings.

Sobat dapat mengubah ukuran font, dan memilih tema gelap/terang.

mengubah tampilan

Sobat juga dapat mematikan video dan gambar dalam artikel dengan mematikan “Show image and video in the article”.

Favorite dan Read Later

Newsflow punya fitur Favorite dan Read Later, yang berguna untuk menyimpan artikel yang akan dibaca nantinya. Kedua fitur ini tak memiliki perbedaan. Hanya namanya saja yang berbeda.

Jadi, bagaimana menurut sobat soal Newsflow?

Cara Ubah Signature Aplikasi Mail di Windows 10

mail

CRONOSAL - Kita bisa melihat banyak hal baru yang dibawa Windows 10. Microsoft telah bekerja keras untuk mengembangkan sistem operasi yang terakhir ini, dan terus dikembangkan sampai sekarang. Pengembangan ini tampaknya tak akan berhenti.

Aplikasi Mail adalah salah satu aplikasi bawaan yang berguna untuk mengelola email dari berbagai akun (akun Google, Microsoft, dan sebagainya) dengan fitur yang cukup lengkap. Kinerjanya pun bekerja dengan sangat baik. Sejauh ini tak ada masalah saya menggunakan aplikasi Mail.

Aplikasi Mail menyajikan beragam fitur yang ramah pengguna. Tampilannya begitu sederhana, dan sungguh memudahkan. Salah satu yang membuat aplikasi Mail memudahkan adalah karena ia dibuat dari komponen yang sama dalam Microsoft Outlook.

Sehingga, sobat akan selalu berhadapan dengan beragam fitur Microsoft Outlook di dalam aplikasi Mail ini. Hanya saja dalam aplikasi ini sobat akan melihatnya lebih sederhana. Dan salah satu fitur yang dibawa adalah signature.

Signature adalah semacam tanda tangan. Dalam aplikasi Mail, signature berarti tanda bahwa sobatlah yang mengirim email tersebut. Signature ini dapat kita ubah teksnya.

Cara Ubah Teks Signature pada Aplikasi Mail

Pastikan dulu bahwa sobat telah login ke dalam aplikasi Mail dengan akun email sobat. Lalu buka aplikasi Mail.

mail

Kemudian klik tombol gear yakni settings-nya.

settigs

Lalu dalam barisan kanan yang terdapat beberapa settings di dalamnya, klik Signature.


Pada “Use an email signature”, klik dari Off menjadi On, untuk menyalakan signature.

signature

Lalu pilih akun email yang ingin menerapkan signature ini. Sobat juga dapat memilih semua akun email sekalian juga memang sobat menginginkannya, dengan mencentang “Apply to all account”.

Lalu ganti teks “Sent from Mail for Windows 10” dengan teks yang sobat inginkan.

Nantinya teks ini muncul sebagai signature dalam email yang hendak sobat kirim. Jadi, silakan kreasikan sekreatif mungkin dalam mengubah signature ini. Dan signature yang sobat terapkan akan selalu otomatis ditambahkan. Pada kondisi tertentu, sobat juga bahkan dapat menghapus signature ketika mengirim email yang memang tak perlu menggunakan signature tersebut.

Thursday, January 26, 2017

Cara Mengubah Folder di Start Menu Windows 10

folder

CRONOSAL - Windows 10 sebagai sistem operasi terakhir dari Microsoft membawa perubahan pada Start menu sejak awal perilisannya. Perubahan ini bukan hanya menjadi enak dipandang, tapi juga fungsional dan memudahkan. Tile di Start menu dibuat lebih kecil, dengan gabungan konsep Start menu lama di Windows 7.

Tampilan dari Start menu kini lebih terlihat menarik. Anniversary Update yang beberapa bulan yang lalu diluncurkan ini membuat Start menu menjadi jauh lebih baik. Produktivitas hidup pun terbantu dengan kehadiran fitur Start menu ini.

Folder-folder Start menu kini hanya muncul dalam bentuk icon-nya saja. Sisanya, Start menu menampilkan daftar program dan aplikasi yang terinstal di PC atau komputer sobat – sama seperti Windows 7. Semua ditingkatkan demi kinerja dan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.

Dan, karena Windows 10 bisa di-personalize, sobat bisa dengan mudahnya mengubah folder apa yang tampil di Start menu. Sobat dapat mengaturnya dengan sangat mudah di Settings. Hanya beberapa klik, sobat bisa melakukannya.

Cara Ganti atau Ubah Folder yang Muncul di Start Menu

Pertama, buka Settings. Sobat tinggal membuka Start menu terlebih dahulu, lalu pilih tombol gear menuju aplikasi Settings.

settings

Masuk ke Personalization.

personalization

Lalu masuk lagi ke Start.

start

Sobat kemudian akan melihat opsi dan settings untuk mengubah tampilan Start menu di sana.

Scroll atau gulir layar ke bawah, lalu klik “Choose which folders appear on Start”.

folder start

Lalu di sinilah sobat bisa memilih folder mana yang ingin sobat tampilkan di Start menu dengan sangat mudah.

Klik saja dari On menjadi Off untuk mematikan atau menghilagkan folder yang dipilih, atau dari Off menjadi On untuk menampilkan folder yang dipilih di Start menu.

pilih folder

Itulah cara menambah, menghapus, dan mengubah folder yang dapat tampil di Start menu. Sobat bahkan bisa menghilangkan semua folder yang muncul di Start menu. Jadi, yang tinggal tampil adalah foto akun Microsoft sobat dan tombol Power untuk Shutdown, Restart, Sleep dan lain sebagainya.

Cara Matikan Javascript di Chrome

javascript mati
Jika javascript mati

CRONOSAL - Dunia programming semakin membantu banyaknya inovasi terbaru dalam dunia software. Perkembangannya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi yang berniat menciptakan software mereka sendiri, lalu menyebarluaskannya kepada pengguna yang butuh kemudahan dalam produktivitas.

Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang biasanya digunakan dalam situs web. Dan untuk menjalankan situs web dengan lancar, browser yang kita gunakan perlu alat yang mampu menjalankan javascript.

Dari javascript, kita bisa menggunakan aplikasi dalam web dengan lebih sempurna. Javascript membuat situs web yang terlihat biasa menjadi lebih menarik. Dalam penggunaan yang lebih dalam lagi, javascript dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan user experience. Misalnya jquery.

Kebanyakan situs web kini menggunakan javascript tentunya. Namun, jika sobat adalah seorang developer, programmer, dan sebagainya, sobat mungkin perlu sesi di mana javascript mati dalam browser. Sehingga pengembangan web yang sobat lakukan dapat berjalan lebih baik.

Nah, Chrome memiliki cara mudahnya untuk mematikan javascript. Dengan Chrome, sobat dapat mengaktifkan maupun mematikan javascript dengan mudah. Dengan sangat-sangat mudah.

Cara Disable Javascript di Chrome

Buka Chrome. Lalu masuk ke alamat ini:
chrome://settings/content
Lalu tekan Enter.

Maka sobat akan langsung masuk menuju Settings di mana javascript dapat sobat matikan dan nyalakan di sana.

Lalu scroll atau gulir layar ke bawah, lihat grup “Javascript” di sana.

javascript mati

Pilih “Allow all sites to run JavaScript (recommended)” untuk menyalakan javascript.

Atau pilih “Do not allow any site to run JavaScript” untuk mematikan javascript.

Sobat juga dapat mengatur pengecualian. Klik saja Exception.

Lalu masukkan URL dan pilih Allow atau Block, sesuai yang sobat inginkan.

javascript blok

Jika sudah, klik Done.

Sobat juga dapat mematikan atau menyalakan javascript ketika sobat mengunjungi suatu situs web.

Caranya adalah dengan mengklik icon Info yang terletak di address bar paling kiri. Di sana sobat bukan hanya dapat mematikan atau mengaktifkan javascript, tapi juga gambar, iklan popups, dan sebagainya.

javascript

Jika situs web menggunakan HTTPS, ia akan tampil dengan kata “Secure”.

Wednesday, January 25, 2017

Cara Screenshot Situs Web Penuh dengan Firefox

screenshot

CRONOSAL - Kini zaman berubah dengan pesat. Pekerjaan dan dunia bisnis juga berubah dan berkembang dengan pesat. Yang paling berpengaruh adalah dunia digital. Ditambah dengan kehadiran internet yang membuat segala hal menjadi mudah dilakukan.

Semakin modern, maka tuntutan pekerjaan berubah-ubah. Desain web adalah salah satunya. Ketika mendesain web, sobat mungkin perlu melihat hasil demonya dengan membukanya di browser, lalu mengedit CSS dan HTML-nya sedikit di browser.

Biasanya, ketika hasil akhir telah tiba, desainer perlu mengambil screenshot dari hasil desainnya. Screenshot yang diambil tentu harus full atau penuh. Memanjang dari atas ke bawah. Tapi, bagaimana mengambil screenshot situs web secara penuh seperti itu?

Cara Ambil Screenshot Situs Web Penuh (Firefox)

Firefox memiliki fitur default untuk mengambil screenshot suatu situs web sepenuhnya. Penuh 100%.

Fitur ini sangatlah berguna. Sobat tak perlu repot-repot menghabiskan kuota hanya untuk men-download dan menginstal ekstensi yang mampu mengambil screenshot situs web secara penuh.

Berikut caranya...

Buka situs web yang hendak sobat ambil screenshot-nya.

Sobat mungkin perlu menunggu loading dari situs web yang sobat buka selesai 100%. Agar hasil screenshot nantinya tak melewatkan elemen-elemen situs web yang sulit loading. Apalagi jika koneksi internet sobat lambat...

Jika sudah loading 100%, klik-kanan Inspect Element.

inspect element

Lalu muncul kolom Inspect Element di bawah layar yang berisi kode-kode rumit itu. Nah, kita tak akan berurusan dengan kode-kode itu. Jadi tenang saja.

Sobat sebenarnya tinggal klik tombol ber-icon kamera yang bertooltip “Take a fullpage screenshot”. Namun jika tidak ada, kita bisa menampilkannya melalui pengaturannya terlebih dahulu.

take a fullpage screenshot

Yakni dengan mengklik ikon gear yang ber-tooltip “Toolbox Options” di kolom Inspect Element.

toolbox options

Kemudian muncul beragam settings Inspect Element yang merupakan icon-icon yang muncul di Inspect Element. Icon-icon ini berfungsi sebagai jalan pintas untuk menggunakan fitur Firefox untuk para developer, dan screenshot halaman web penuh adalah salah satunya.

screenshot fullpage

Jika sudah mencentang “Take a fullpage screenshot”, sobat tinggal langsung klik icon-nya di atas Inspect Element.

Maka screenshot pun akan tersimpan sebagai file hasil download.


Buat Shortcut Situs Web dari Chrome di Desktop

shortcut situs web

CRONOSAL - Browsing kini lebih mudah, dan terus semakin mudah. Bukan hanya soal internet yang terus menerus meluas, tapi juga soal peningkatan perangkat atau device yang sobat gunakan, dan juga jaringan internet dari provider yang sobat pakai dalam menjelajahi dunia internet.

Dan satu hal yang paling penting dalam menjelajahi internet yang tak lain adalah browser. Beberapa browser populer, seperti Firefox, Chrome, Microsoft Edge, dan Safari, semakin bekerja dengan baik dengan fiturnya yang terus semakin bertambah dan memudahkan.

Chrome adalah yang paling favorit bagi saya. Bahkan setelah Microsoft Edge muncul dan mendapatkan updates sampai sekarang, Chrome adalah tetap yang terbaik. Chrome dianggap sebagai browser yang paling “ramah” bagi mereka yang menggunakan jaringan internet yang lambat.

Sama seperti yang lain, Chrome terus mendapat updates demi persaingannya dengan browser lain. 

Tapi terlepas dari updates, Chrome sedari dulu sudah punya satu fitur yang berguna yang memudahkan produktivitas, jika digunakan semakin mungkin.

Apa itu?

Yakni fitur tambah situs ke desktop, sebagai shortcut.

Ini mungkin fitur yang sepele. Sobat kemungkinan membuka situs web dengan membuka Chrome terlebih dahulu. Tapi membuka situs web langsung lewat desktop tampaknya wajib dicoba. Karena sobat mungkin bisa saja lupa dengan satu atau dua situs web berguna yang biasanya selalu dibuka.

Nah, untuk menghindari itu, buatlah shortcut-nya.

Cara Buat Shortcut Situs Web dari Chrome ke Desktop

Buka Chrome. Lalu buka atau kunjungi situs web yang hendak ditambahkan ke desktop sebagai shortcut.

Sobat mungkin perlu menunggu loading selesai. Karena membuat shortcut ini memerlukan favicon (icon situs web) agar tampak lebih menarik di desktop.

Jika sudah, klik menu yang ber-tool-tip “Customize and control Google Chrome”.

Masuk ke “More tools”, lalu pilih “Add to desktop”.

buat shortcut web

Sobat kemudian perlu membuat nama shortcut-nya. Lalu klik Add.

nama

Maka, shortcut pun sudah dibuat dengan sendirinya. Muncul di desktop.


Silakan lihat dan buka langsung situs web dari desktop.

Sebenarnya sobat dapat melakukan hal yang sama dengan Microsoft Edge. Sayangnya Edge hanya dapat mem-pin situs ke Start menu. Selain itu, shortcut menuju situs web yang dibuat secara manual tak memiliki favicon.

Buat Facebook Lebih Produktif dengan Plugin Browser ini

Facebook Produktif

CRONOSAL - Adiktif, seharusnya kata ini cukup merepresentasikan bagaimana platform media sosial sukses membuat kebanyakan orang lupa waktu sehingga pada akhirnya lalai dalam mengemban tanggung jawab. Dan mungkin Facebook merupakan salah satu batu sandungannya.

Berapa lama waktu yang kamu korbankan untuk melihat News Feed, scroll ke bawah sambil berharap menemukan suatu posting yang unik.

Sejatinya kamulah yang mengontrol media sosial, bukan sebaliknya. Maka dari itu ada baiknya melakukan tindakan preventif.

Plugin browser Google Chrome bernama ToDoBook dirancang khusus untuk memblokir News Feed (Beranda) sampai kamu menyelesaikan tugas.

Inilah ToDoBook

Kamu diharapkan menulis sejumlah rencana atau pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Tidak ada batasan terkait jumlah dan kapan harus diselesaikan. Sebab kamu baru bisa membuka News Feed ketika tugas-tugasmu selesai.


Jika sudah diselesaikan, klik Done maka tugas tersebut akan ditandai sebagai sudah selesai. Ketika semuanya lengkap kamu diizinkan menatap News Feed.


Tetapi perlu dicatat sekalipun kamu telah menyelesaikan tanggung jawab, kamu hanya diberi waktu akses selama 5 menit oleh plugin ini.

Ada timer di bagian kiri atas

Tenang saja, jika memang ingin sekali membuka Facebook karena alasan yang rasional, kamu tetap bisa men-disable ToDoBook dan mengaksesnya dengan bebas.

Terlepas dari itu tetap saja ekstensi yang satu ini dibuat khusus untuk mencegah kamu lupa waktu saat mengakses Facebook.