Friday, March 24, 2017

Cara Buat PC Sama Sekali Tak Bisa Shutdown/Restart/Log Off

cegah shutdown

CRONOSAL - Jika sobat memiliki PC warnet, sobat dapat melakukan suatu trik yang dapat membuat pelanggan tak dapat melakukan shutdown, restart, dan log off dengan sengaja maupun tidak sengaja. Sehingga PC pun akan menjadi jauh lebih aman.

Aplikasi ini pun bukan hanya dapat mencegah pengguna untuk tidak dapat shutdown, restart, atau log off, melainkan juga dapat mencegah proses shutdown atau restart yang terjadi secara otomatis yang biasanya disebabkan oleh Windows Update, apalagi Windows 10.

Jadi, aplikasi ini bisa menjadi penyelamat sementara ketika sobat ingin PC tetap aman dengan terus menyala. Misalnya sobat sedang melakukan download atau tak ingin PC dimatikan oleh siapa pun.
Tapi, apakah aplikasi itu?

ShutdownBlocker

Aplikasi ini bernama ShutdownBlocker. Ia berguna untuk memblokir perintah shutdown, restart, atau log off di PC Windows 10 sobat. Ia juga memblokir perintah dari aplikasi mana pun, termasuk Windows Update, agar tak dapat melakukan shutdow, restart, atau log off lagi.

Sehingga ketika sobat mematikan perintah shutdown dengan aplikasi ini, sobat sama sekali tak bisa melakukan shutdown, bahkan ketika ada aplikasi yang memaksanya.

ShutdownBlocker adalah aplikasi portabel. Jadi sobat tak perlu repot-repot menginstalnya. Tinggal ekstrak file zip-nya dan buka file exe-nya. Download ShutdownBlocker disini.

Ketika sobat membuka ShutdownBlocker, ia akan langsung memblokir perintah shutdown, sehingga tombol “Shutdown” pada aplikasi ini ikut ter-disable, atau tak dapat ditekan.

blokir shutdown

Sobat dapat menyimpan aplikasi ini di system tray. Ia bekerja di background untuk mencegah hal apa pun melakukan shutdown atau restart. Ketika shutdown akan terjadi, maka ia langsung mencegahnya.

Jika ingin kembali mengaktifkan perintah shutdown, restart, atau log off, tinggal klik “Allow”. Maka sobat dapat melakukan shutdown kembali.

Itulah aplikasi ShutdownBlocker. Aplikasi ini akan sangat berguna jika sobat sedang melakukan download atau tidak ingin PC dimatikan oleh siapa pun. Sehingga apa yang tengah sobat lakukan di PC akan menjadi jauh lebih aman.

Thursday, March 23, 2017

Cara Buat Wallpaper yang Sama di PC/Smartphone/Tablet Windows

wallpaper

CRONOSAL - Sejak keberadaan Windows 8, sistem operasi buatan Microsoft ini berubah drastis. Bukan hanya dari segi tampilan dan fitur, melainkan pula adanya system cloud yang mengidentifikasikan sistem operasi yang modern dan produktif.

System cloud adalah layanan online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan menggunakan perangkatnya (komputer, smartphone, tablet, dan sebagainya) dengan satu akun online, akun Microsoft contohnya. Dari akun ini, kita dapat berpindah-pindah perangkat dengan lebih mudah.

Sebagai produk utamanya, OneDrive yang digunakan oleh Microsoft di setiap produknya. OneDrive yang menjadi pusat dari semua proses sinkronisasi (menyimpan) data-data sobat ke server pusat sehingga sobat dapat mendapat data yang sama di perangkat yang berbeda.

Data-data tersebut salah satunya adalah tema Windows 10. Jika sobat mengubah tema Windows 10 dan mengaktifkan sinkronisasi, maka sobat kemungkinan dapat melihat wallpaper yang sama di semua perangkat Windows 10 lainnya, seperti smartphone Windows 10 Mobile.

Cara Aktifkan Sinkronisasi Tema di Windows 10

Sobat dapat melakukannya dengan mengaktifkan sinkronisasi tema di Windows 10. Ketika tema sudah disinkron, maka jika sobat kehilangan laptop Windows 10 sobat, sobat tak lagi kerepotan menyetel tema yang sama di laptop baru. Cukup login dengan akun Microsoft.

Namun, sinkronisasi tema bukan berarti sobat dapat membuat smartphone Windows 10 Mobile dan tablet Windows 10 dapat menggunakan tema yang sama. Karena sistem operasinya pun sudah beda. Jadi, yang tersinkron hanya wallpaper-nya saja.

Buka Settings. Lalu masuk ke Accounts.

Accounts

Buka tab “Sync your settings.”

sync wallpaper

Di sinilah terdapat semua setelan untuk mengatur bagaimana Windows 10 melakukan proses sinkronisasi melalui OneDrive.

Pastikan sobat telah mengaktifkan “Sync settings” dengan status “On” di sana.

Lalu buat opsi “Theme” pada grup “Individual sync settings” menjadi “On”.

Klik kiri dari Off menjadi On untuk membuat opsi tersebut aktif.

Selesai. Sobat telah mengaktifkan sinkronisasi untuk tema Windows 10. Namun, ketika mengganti wallpaper, pastikan sobat terhubung ke koneksi internet, dan login-kan akun Microsoft yang sama di smartphone/tablet Windows 10.

Wednesday, March 22, 2017

Cara Ubah Folder Download Default di Chrome

folder download

CRONOSAL - Setiap web browser memiliki satu fungsi utama yang sama, yakni browsing. Browsing sendiri memiliki dua proses yang intinya adalah hanya soal upload dan download.

Web browser melakukan proses upload yakni informasi kita sebagai pengguna internet. Juga melakukan proses download yakni informasi yang kita baca di internet. Dari situslah kita bisa melakukan transaksi online, belanja online, membuka Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Proses download pun disebar dan diperlebar sehingga kita ikut dapat melakukannya sesuai keinginan kita. Seperti men-download film atau lagu (yang sebenarnya ilegal), atau sekedar menyimpan gambar dari Facebook orang lain.

Nah, Google Chrome punya opsi yang mungkin jarang dipermudah oleh pengguna. Mungkin sobat salah satunya. Google Chrome punya opsi yang sama dimiliki oleh browser lain, yakni opsi untuk mengubah di mana lokasi folder default sebagai tempat download.

Secara default, Google Chrome tak tanya sobat ingin menyimpan file di mana. Ia hanya tinggal memulai proses download, dan menyimpannya di folder Downloads.

Cara Ubah Lokasi Folder Download di Google Chrome

Mengubah lokasi folder download yang sudah ditetapkan oleh Google Chrome itu sendiri tak terlalu sulit. Sobat dapat melakukannya dengan mudah di bagian Settings dalam browser Chrome.

Masuk ke Settings dengan mengklik menu di bawah tombol Close, lalu pilih Settings.

settings

Setelah itu, cari dan gulir layar hingga sobat menemukan “Show advanced settings.” Klik itu.

Show advanced settings

Gulir lagi layar ke bawah. Sobat akan menemukan grup settings yang bernama “Downloads.” Di sinilah tempat untuk dapat mengubah lokasi folder default dari Google Chrome.

Pilih “Change” untuk mengubah folder. Lalu sobat tinggal memilih folder mana yang hendak dijadikan sebagai pengganti folder download lama.

Change

Di situ juga terdapat opsi “Ask where to save each file before downloading” yang berguna agar Google Chrome bertanya kepada sobat di mana Chrome dapat menyimpan file hasil download, yang mungkin berbeda dari jenis file hasil download-nya.

Itulah cara mengubah lokasi folder download default dari Google Chome.

Tuesday, March 21, 2017

Cara Nyalakan/Matikan Smooth Scrolling di Chrome

smooth scrolling

CRONOSAL - Google Chrome sebagai web browser populer yang dianggap sebagai web browser paling cepat di planet ini, memiliki satu fitur yang mungkin belum sobat ketahui.

Fitur ini sebenarnya adalah fitur umum yang juga tersedia di web browser populer lainnya, seperti Mozilla Firefox dan Microsoft Edge. Fitur ini bernama smooth scrolling. Tapi, apa itu smooth scrolling?

Smooth scrolling adalah fitur yang memungkinkan sebuah jendela (window) melakukan scrolling dengan efek animasi yang lembut. Smooth scrolling juga memang diaplikasikan sejak keberadaan Windows 7, sebagai revolusi besar-besaran dari Windows XP.

Fitur smooth scrolling ini memiliki fungsi yang berguna. Bukan hanya soal efek animasinya, namun juga soal kenyamanan yang diberikannya, karena fitur kecil ini dapat memengaruhi produktivitas sobat dengan tambahan kenyamanan dalam menggunakan browser.

Namun, bagi sobat yang tahu lebih, sobat dapat mengatur aktif atau tidak aktifnya fitur smooth scrolling ini.

Cara Menyalakan atau Mematikan Smooth Scrolling di Chrome

Langsung saja, buka Google Chrome.

Lalu kunjungi alamat berikut: chrome://flags/#smooth-scrolling

Ketika sobat mengunjungi alamat web tersebut, sobat diarahkan ke banyak opsi settings dari Google Chrome yang tak dapat sobat dilihat di menu Settings biasa di Google Chrome.

smooth scrolling

Di situ terdapat opsi untuk mengatur aktif atau tidak aktifnya fitur smooth scrolling. Ada tiga pilihan: Default, Enabled, Disabled.

Pilih Enabled untuk menyalakan fitur smooth scrolling. Atau pilih Disabled untuk mematikan fitur smooth scrolling.

Atau pilih Default untuk menggunakan fitur smooth scrolling secara default, yang aktif atau tidaknya bergantung pada setelan Windows yang sobat pilih.

Windows sendiri punya satu kotak dialog yang berkaitan dengan setelan smooth scrolling. Untuk mengaturnya, cari “appearance” di kotak pencarian atau Cortana. Lalu buka “Adjust the appearance and performance of Windows.”

Performance Options

Sampai di sini, saya tak bisa memastikan check box mana yang ada kaitannya dengan smooth scrolling. Namun yang pasti, jika sobat memilih “Adjust the best performace,” maka sobat tak akan bisa mendapat efek animasi ketika scrolling di jendela (window) termasuk web browser.

Monday, March 20, 2017

Cara Matikan Page Prediction di Google Chrome

page predictio

CRONOSAL - Beberapa browser besar seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome memiliki satu fitur yang krusial bagi kinerja web browser mereka. Fitur ini disebut dengan nama “page prediction”. Tapi, apa fungsi dari fitur page prediction?

Fitur page prediction adalah fitur krusial dalam web browser yang memungkinkan web browser menebak URL mana yang hendak dikunjungi oleh pengguna, kemudian memuatnya secara diam-diam di background.

Nah, ketika sobat mengunjungi URL sesuai tebakan, web browser tak repot-repot lagi memuat ulang dari awal dengan menghabiskan kuota internet sobat.

Fitur page prediction ini bahkan juga dimiliki oleh Internet Explorer, seperti yang kita kenal sebagai browser terlambat. Namun, fitur krusial ini memiliki dampak negatif yang memengaruhi isi kantong sobat, yakni boros kuota.

Fitur ini membuat boros kuota karena memuat halaman web secara diam-diam, bahkan sebelum sobat mengunjunginya. Nah, sobat dapat mematikan fitur ini dengan mudah. Di artikel ini, tutorialnya adalah di Google Chrome.

Cara Matikan Page Prediction di Google Chrome

Untuk langsung mematikan fitur page prediction, buka Google Chrome.

Lalu masuk ke bagian Settings-nya, pilih Settings.

settings

Masuk lebih dalam lagi, pilih “Show advanced settings.”

Cari dan gulir layar ke bawah, hingga sobat menemukan grup settings yang bernama “Privacy.”

Di situ terdapat dua opsi yang berkaitan dengan keberadaan fitur page prediction, yakni “Use a prediction service to help complete searches and URLs typed in the address bar” dan “Use a prediction service to load pages more quickly.”

matikan page prediction

Opsi yang pertama berfungsi sebagai page prediction yang berada di address bar. Ketika sobat hendak mengetik sebuah URL, Chrome akan menebak URL tersebut dan memuatnya secara diam-diam. Tap, ketika sobat menekan Enter, Chrome tak repot-repot lagi memuatnya dari awal.

Ini sangat memboroskan kuota internet. Hilangkan saja centangnya.

Nah, hilangkan pula centang pada opsi yang kedua. Opsi ini adalah page prediction yang terdapat di mesin web milik Chrome yang biasa sobat gunakan untuk browsing.

Sunday, March 19, 2017

Cara Matikan Fitur Tab Preview di Microsoft Edge

tab preview

CRONOSAL - Windows 10 yang diluncurkan sebagai sistem operasi terakhir dari Microsoft, membawa pembaruan besar pada Juli tahun lalu, Anniversary Update. Pada update ini, Microsoft membawa banyak perubahan dan peningkatan di Windows 10 dan seluruh isinya.

Salah satunya adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge membawa perubahan pada fitur tab-nya, yakni tersedianya fitur Tab Preview yang menampilkan gambar thumbnail tab ketika pengguna mengarahkan kursor mouse ke tab yang diinginkan.

Gambar thumbnail pada fitur Tab Preview di Microsoft Edge memiliki sedikit kekurangan, yakni tidak memiliki kemampuan live. Maksudnya, fitur Tab Preview tak dapat menampilkan gambar secara live pada proses yang terjadi langsung di dalam situs yang dikunjungi di tab tersebut.

Jika begini, fitur Tab Preview tampaknya akan lebih baik dimatikan saja. Karena gambar thumbnail pun tampak selalu kesulitan untuk menyesuaikan gambaran situs yang sebenarnya. Dan, fitur ini agak sedikit mengganggu kinerja Microsoft Edge.

Cara Matikan Fitur Tab Preview di Microsoft Edge

Untuk mematikan fitur Tab Preview, sobat perlu melakukannya melalui Registry Editor (regedit), dan bukan secara langsung melalui Microsoft Edge.

Langsung saja, buka kotak dialog Run dengan menekan Logo Windows+R. Ketik “regedit” dan tekan Enter. Ini akan membuka Registry Editor.

regedit

Ketika mencoba membuka Registry Editor, sobat akan melihat tampilan UAC. Klik Yes saja.
Lalu di Registry Editor, pergi ke alamat berikut ini:
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\AppContainer\Storage\microsoft.microsoftedge_8wekyb3d8bbwe\MicrosoftEdge\TabbedBrowsing
Klik saja folder lalu folder di dalamnya, dan begitu seterusnya hingga sampai di folder “TabbedBrowsing.”

Setelah sampai situ, sobat akan melihat DWORD yang berupa setelan dalam Microsoft Edge, yang tak ditunjukkan oleh Microsoft secara langsung di web browser Edge.

Nah, untuk mematikan fitur Tab Preview, buat DWORD baru.

Klik-kanan, pilih New > DWORD (32-bit).

Lalu buat namanya menjadi TabPeekEnabled.

regedit

Klik ganda pada TabPeekEnabled ini, lalu pilih 0 sebagai value-nya. Klik OK.

TabPeekEnabled

Value dengan angka 0 menunjukkan bahwa fitur Tab Preview dimatikan. Sedangkan value dengan angka 1, berfungsi untuk menyalakan Tab Preview di Microsoft Edge.

Saturday, March 18, 2017

Cara Reset Pengaturan Google Chrome


reset settings

CRONOSAL - Google Chrome adalah web browser paling populer di planet ini. Level-nya hampir sama dengan Mozilla Firefox dan Safari, juga Microsoft Edge. Segala fitur-fiturnya dituju untuk mempermudah Google Chrome dengan kinerjanya yang sering dianggap “paling cepat.”

Sama seperti web browser lainnya, Google Chrome menyajikan salah satu fitur yang berfungsi untuk mengatur ulang cara kerjanya, yakni Reset. Fitur Reset dapat membuat web browser dan segala pengaturannya kembali ke pengaturan default.

Bagi sobat yang mendapati Google Chrome dengan banyak masalah di dalamnya, sobat dapat melakukan Reset terhadap semua pengaturan Google Chrome.

Cara Reset Google Chrome

Untuk melakukan reset Google Chrome, langsung saja buka Google Chrome.

Masuk ke bagian Settings-nya, pilih Settings.

Settings

Lalu klik “Show advanced settings” untuk menemukan opsi Reset.

Gulir layar hingga ke paling bawah. Sobat akan melihat tombol Reset di sana, seperti gambar di bawah ini.

Jika sudah, klik opsi “Reset settings” untuk melakukan reset.

Reset settings

Kemudian muncul pesan yang berarti konfirmasi bahwa sobat akan benar-benar melakukan reset terhadap browser Chrome ini. Klik Reset jika memang sobat hendak melakukan reset.

reset

Kemudian proses reset pun berjalan. Tutup Google Chrome dan jalankan kembali, maka sobat akan melihat browser Google Chrome dengan kinerja yang segar, dan masalah yang sebelumnya pernah terjadi pun teratasi.

Namun jika sobat tak memiliki masalah apa pun pada browser sobat, maka akan lebih baik sobat terus menggunakan browser Google Chrome seperti biasanya. Karena melakukan reset dapat membuat sobat kehilangan data-data browser.

Setelah proses reset selesai, dan ketika menjalankan Google Chrome kembali, sobat akan melihat halaman login awal akun Google – seperti halnya ketika sobat pertama kali menggunakan Google Chrome.

Selain itu, ekstensi yang terinstal di Chrome akan ter-disable. Lalu cookies terhapus dan mulai merekam cookies yang baru. Dan tampilan New tab akan berubah menjadi tampilan New tab default.

Itulah cara melakukan reset browser Google Chrome. Melakukan reset browser akan sangat berguna jika sobat mengalami masalah pada browser. Namun jika tidak, akan lebih baik sobat terus menggunakan browser seperti biasa.

Friday, March 17, 2017

Cara Disable Kotak Dialog Run

kotak dialog run disable

CRONOSAL - Kotak dialog Run adalah salah satu aset Windows yang sangat-sangat penting. Aset Windows ini telah dibawa sejak Windows versi lama, yang berguna untuk menjalankan suatu program atau alamat folder dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Salah satu aset Windows yang penting ini sangatlah berguna. Sobat dapat menjalankan aplikasi apa pun dengan cara yang sangat singkat. Kotak dialog Run sengaja disajikan di Windows, agar dapat memudahkan pengguna untuk mengakses suatu program.

Kotak dialog Run mungkin sangat berguna. Namun sebagian dari pengguna tampaknya justru membutuhkan kotak dialog Run untuk dimatikan saja. Biasanya, kotak dialog Run dimatikan atau dinonaktifkan di PC yang digunakan oleh banyak orang, seperti PC di warung internet misalnya.

Demi keamanan PC, sobat tampaknya perlu sewaktu-waktu mematikan kotak dialog Run. Tapi, bagaimana caranya?

Cara Mematikan Kotak Dialog Run

Kotak dialog Run dapat kita matikan melalui Registry Editor (regedit) dan Group Policy Editor (gpedit.msc). Kita gunakan Group Policy Editor saja agar lebih mudah.

Pertama, buka dulu kotak dialog Run dengan menekan logo Windows+R. Lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor, yang kita gunakan untuk mematikan kotak dialog Run.

gpedit.msc

Setelah Group Policy Editor terbuka, masuk ke User Configuration. Lalu pilih Administrative Templates. Terakhir, masuk ke Start Menu and Taskbar.

kotak dialog run

Di sana akan tampak opsi “Remove Run Menu from Start Menu.” Bukan berarti opsi ini hanya menghapus Run dari Start menu, namun menghapusnya dari semua cara apa pun, sehingga kotak dialog Run tak akan lagi bisa dibuka.

gpedit.msc

Klik itu. Lalu pilih Enabled. Ketika sobat memilih opsi Enabled ini, sobat berarti mematikan kotak dialog Run, sehingga tak dapat dibuka kembali.

kotak dialog run

Setelah itu, pilih OK.

Sobat tak perlu me-restart komputer untuk melihat efeknya. Tinggal tekan logo Windows+R, maka kotak dialog Run tak akan terbuka, dan justru menampilkan pesan berikut.

Thursday, March 16, 2017

Cara Ubah Link menjadi Emoji

emojilink

CRONOSAL - Emoji kini menjadi sarana tambahan dalam komunikasi sehari-hari. Kita, melalui smartphone, tablet, PC, atau apa pun itu, menggunakan aplikasi chat untuk berkomunikasi kepada mereka yang jauh di sana. Emoji kita gunakan sebagai alat untuk mengekspresikan diri kita.

Emoji sendiri tersedia di seluruh perangkat. Dari PC, smartphone, tablet. Serta beberapa perangkat lunak mulai dari aplikasi chat hingga web browser. Semua dapat membaca emoji yang kita berikan, yang berarti pesan kita dapat terbaca secara emosional.

Kini datang hal baru dalam dunia teknologi. Emoji link namanya. Emoji link adalah URL atau link yang berupa karakter-karakter emoji sebagai domainnya. Ketika kita klik atau kunjungi alamat domain berkarakter emoji tersebut, maka situs yang kita inginkan akan terbuka.

Lalu, bagaimana cara mengubah sebuah URL atau link menjadi sebuah domain berkarakter emoji?

Cara Ubah URL jadi Karakter Emoji

Sobat dapat melakukannya dengan sangat mudah. Karena kemampuan web browser yang sudah mendukung emoji di dalam address bar-nya, sobat mungkin perlu meng-update sistem operasi (Windows) dan web browser-nya (Chrome misalnya).

Lalu buka alamat web atau link berikut: http://www.linkmoji.co/

Link di atas akan mengarahkan sobat ke situs di mana sobat dapat mengubah sebuah link atau URL menjadi sebuah domain berkarakter emoji. Tapi, bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya sungguh sangat sederhana. Sobat tinggal memasukkan URL, mengubahnya menjadi emoji, lalu mengunjunginya di web browser. Pada titik ini, sobat sebenarnya masuk ke web linkmoji.co yang mengarahkan (redirect) sobat ke URL yang asli.

Di sini, masukkan URl atau link apa pun untuk diubah menjadi emoji. Lalu klik “Create linkmoji” untuk langsung memulai prosesnya.

create linkmoji

Kemudian setelah beberapa detik, link yang asli akan berubah menjadi domain .ws dengan karakter-karakter emoji. Misalnya “http://๐Ÿ’ฐ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿค ๐ŸŒฒ๐Ÿˆ๐Ÿญ.๐Ÿ•๐Ÿ’ฉ.ws” untuk cronosal.web.id.

emoji

Jika sobat tak suka dengan karakter emoji yang dipilih oleh LinkMoji, sobat dapat memilihnya sendiri dengan mengklik Customize.

emojilink

Ketika sobat mengunjungi domain berkarakter emoji tersebut, sobat akan dialihkan langsung menuju alamat web aslinya.

Wednesday, March 15, 2017

Cara Berhenti Download Style/Gambar Otomatis Aplikasi Mail

mail app

CRONOSAL - Aplikasi Mail mungkin menjadi aplikasi bawaan pengelola email terbaik. Tak ada yang bisa menyaingi kemampuannya dalam mengelola akun email yang berbeda, ditambah fitur-fitur Microsoft Outlook yang dibalut dengan tampilan UWP (Universal Windows Platform) yang sederhana.

Salah satu kesederhanaan dari aplikasi Mail ini adalah fitur yang sedikit, tapi mantap dan sangat berguna. Salah satu dari fitur tersebut adalah opsi untuk mengatur bagaimana aplikasi Mail menampilkan isi email, yakni style dan gambar dalam email yang men-download secara otomatis.

Nah, opsi style dan gambar di dalam email ini dapat kita matikan. Sehingga kuota akan sedikit dihemat, karena aplikasi Mail tak men-download gambar apa pun dan style web dari email yang kita buka. Ini mungkin menghemat kuota sedikit, namun berguna untuk dicoba.

Ketika sobat mematikan opsi ini, sobat akan melihat tampilan HTML biasa dengan balutan CSS yang sederhana, serta tanpa gambar. Font pun akan berubah menjadi font yang tersedia di komputer sobat. Dan email yang sobat buka tak akan tampak berbeda jauh dari sebelumnya.

Cara Matikan atau Tampilkan Gambar dan Style Web dari Email

Pertama, buka aplikasi Mail. Melalui Start menu, atau cari lewat Cortana.

Untuk membuka Settings, klik tombol dengan ikon roda giri seperti gambar di bawah ini.

settings

Masuk ke Reading.

reading

Gulir menu navigasi tersebut, sampai sobat melihat “External content.”

otomatis download gambar style email

Di sana terdapat beberapa opsi untuk mengatur konten luar yang dibawa oleh email yang sobat terima.

Pada bagian “Select an account,” pilih akun mana yang akan diberlakukan atau yang ingin diatur dalam menampilkan konten gambar atau style web dari email dalam akun tersebut.

Jika bingung, sekalian saja semua, pilih “Apply to all accounts.”

Pada “Automatically download external images and style formats,” klik dari On menjadi Off untuk mematikan download otomatis konten gambar atau style web bawaan email.

Maka, setiap email yang sobat buka, akan terlihat lebih sederhana, meski sedikit “kacau” atau “aneh” karena tanpa style yang berlebihan.

Tuesday, March 14, 2017

Cara Satukan Banyak Inbox dari Akun yang Berbeda di Aplikasi Mail

inbox

CRONOSAL - Aplikasi Mail sebagai aplikasi pengelola email bawaan di Windows 10 menyajikan banyak fitur yang berguna. Sebagai versi sederhana dari Microsoft Outlook, Aplikasi pengelola email ini dibalut dengan tampilan UWP (Universal Windows Platform) yang sederhana.

Ada satu fitur di dalam aplikasi Mail yang mungkin belum sobat ketahui. Fitur ini berguna untuk menyatukan atau menggabungkan beberapa inbox dari akun-akun email yang berbeda ke dalam satu folder inbox.

Sehingga sobat dapat melihat email yang masuk dari email mana pun tanpa perlu ribet-ribet masuk ke folder akun email yang lain. Dengan begini, produktivitas akan semakin meningkat, dan pekerjaan pun akan semakin mudah.

Cara Gunakan Fitur Link Inboxes

Pertama, buka saja aplikasi Mail. Melalui Start menu atau pencarian Cortana.

Sobat akan melihat tampilan aplikasi Mail seperti biasa.

Buka Settings dari aplikasi Mail dengan mengklik tombol roda gigi di pojok bawah, seperti gambar di bawah ini.

Link inboxes

Lalu masuk ke Manage Accounts.


Di sini terdapat banyak opsi untuk mengubah akun email di dalam aplikasi Mail.

Langsung gulir sedikit ke bawah, sampai sobat menemukan “Link inboxes”. Klik itu.

aplikasi mail

Nah, di sinilah tempatnya. Sobat dapat memilih akun email mana yang inbox-nya ingin disatukan dalam satu folder inbox, sehingga sobat dapat melihat pesan atau email yang masuk tanpa masuk ke folder inbox akun yang lain.

Di “Link inbox,” ketik nama folder inbox yang sobat inginkan.

Lalu pilih deretan akun email yang hendak disatukan pada “Choose inboxes to link”.

Jika sudah, klik Save.

linked inbox name

Maka sobat akan melihat folder inbox yang baru dengan nama yang sobat pilih barusan. Ketika sobat membukanya, sobat akan melihat inbox email dari dua atau lebih akun email yang berbeda.

Monday, March 13, 2017

Ubah Taskbar jadi Vertikal untuk Suasana Kerja yang Lebih Segar

vertical taskbar

CRONOSAL - Ada satu fitur yang sudah lama dibawa oleh sistem operasi dari Microsoft ini. Fitur ini bernama Taskbar, yang selalu berada di sisi bawah layar. Tampilan dari Taskbar semakin tampak menakjubkan dan memudahkan karena tampil sederhana.

Taskbar memang sangat berguna. Tapi, apakah pernah terpikirkan untuk mengubah tampilannya, khususnya menjadi vertikal?

Bagi sobat yang ingin mendapatkan suasana baru yang lebih segar, sobat dapat melakukannya dengan mengubah tampilan Taskbar dari Windows 10.

Suasana baru tak harus didapatkan dengan lingkungan kerja yang baru. Hanya dengan tampilan Taskbar secara vertikal, sobat akan merasakan produktivitas yang berbeda.

Mengubah Tampilan Taskbar

Pertama, buka Settings. Klik-kanan Taskbar, pilih Settings.

Sobat akan langsung diarahkan menuju Taskbar settings, yang berisi beberapa opsi untuk mengubah bagaimana Taskbar tampak dan bekerja.

taskbar settings

Untuk dapat mengubah tampilan Taskbar secara keseluruhan, buka dulu kunci Taskbar dengan mematikan opsi "Lock the Taskbar". Hal ini membuat elemen Taskbar menjadi lebih fleksibel, dapat dipindah-pindahkan secara bebas.

Langsung saja pilih “Automatically hide the taskbar in the desktop mode.” Ini akan membuat Taskbar tampil tersembunyi di mode desktop, dan tampil secara otomatis ketika kita arahkan kursor ke sisi layar di mana Taskbar berada.

Nyalakan opsi “Use small taskbar buttons.” Ini akan membuat seluruh icons di Taskbar tampak lebih kecil, sehingga sobat dapat melihat semua icon dengan lebih jelas.

Pada “Taskbar location on screen,” pilih Left. Ini membuat Taskbar berpindah lokasi menjadi di sisi kiri layar. Bagi saya, lokasi di sisi kiri layar tampaknya adalah lokasi terbaik Taskbar secara vertikal.

taskbar position

Bagaimana dengan sisi kanan layar? Coba saja. Pilih Right untuk membuatnya tampil di sisi kanan layar.

Pada “Combine taskbar button,” pilih Never. Ini membuat icon jendela yang aktif dapat menampilkan nama/judul jendela dari aplikasi yang sobat buka. Dengan begini, sobat akan melihat seluruh icon lebih jelas dan natural.

Oh iya, sobat dapat mengatur ukuran Taskbar menjadi lebih lebar atau lebih sempit, dengan cara menggeser sisi Taskbar ke kiri dan ke kanan – seperti gambar ini.

Taskbar

Sunday, March 12, 2017

Cara Ganti Notepad Default dengan Notepad Lain

notepad

CRONOSAL - Windows sejak dulu memiliki aplikasi bawaan yang namanya sudah tak asing lagi di telinga para pengguna komputer jadul, yakni Notepad. Notepad adalah aplikasi yang berfungsi sebagai penulis notes atau pengedit kode sumber dalam pemrograman.

Aplikasi Notepad ini telah ada sejak dulu, yang tak memiliki perubahan maupun peningkatan apa pun sampai sekarang. Makanya, banyak pengguna yang mulai meninggalkan aplikasi ini, dan menggunakan aplikasi lain yang mirip, seperti Notepad++.

Cara Ganti Notepad

Kita akan mengubah Notepad yang secara default kita buka melalui kotak dialog Run atau menu pencarian. Nanti, ketika kita mencarinya melalui Run, yang terbuka adalah Notepad versi lain yang jauh lebih baik ketimbang Notepad aslinya.

Notepad ganti tersebut adalah Notepad2.

Cara kerjanya adalah dengan menghapus Notepad yang asli, lalu menggantinya dengan Notepad2.

Pertama, download lalu ekstrak Notepad2.

Lalu copy file .exe-nya di Desktop. Ini sebagai percobaan. Klik Notepad2.exe melalui Desktop. Jika Notepad2 terbuka secara normal, berarti ia dapat menggantikan Notepad yang asli. Jika tidak, berarti ia tak bekerja jika terpisah dengan folder intinya.

desktop

Kenapa bukan Notepad++? Karena jika kita gunakan Notepad++, ia tak akan bekerja ketika ia terpisah dari folder intinya. Sedang Notepad2, dapat kita pisah dari folder intinya, dan bekerja dengan normal.

Kedua, backup Notepad asli dengan meng-copy-nya dulu dan mem-paste-nya di folder aslinya. 

Sementara, Notepad asli memiliki dua lokasi folder:
  • C:\Windows
  • C:\Windows\System32 (untuk 32-bit) atau C:\Windows\SysWOW64 (untuk 64-bit)

Nah, copy Notepad asli dan paste di folder aslinya. Lakukan untuk kedua lokasi folder (C:\Windows) dan (C:\Windows\System32).


copy

Ketiga, kita ganti ownership dari Notepad asli, agar dapat dihapus.

Caranya, klik-kanan Notepad asli > Properties > Security > Pilih Advanced.

Properties

TrustedInstaller adalah ownership default. Klik Change.

Change

Lalu ketik nama user administrator (sebelum dijadikan akun Microsoft) PC sobat, klik Check Name untuk mengecek, lalu klik OK jika nama user itu benar.

Check Names

Sobat akan melihat nama user administrator sobat sebagai owner-nya. Klik OK.

akun

Klik Edit.

Edit

Lalu pilih akun administrator (yang barusan), lalu centang “Full Control” dan pilih OK. 

Administrator

Lalu pilih OK lagi untuk menutup kotak Properties.

Lakukan penggantian ownership ini di kedua lokasi folder (C:\Windows) dan (C:\Windows\System32).

Jika sudah, hapus Notepad yang asli dari kedua foldernya.

delete

Lalu copy dan paste Notepad2 ke folder (C:\Windows) dan (C:\Windows\System32). Terakhir, ganti nama Notepad2 dengan “Notepad”.

notepad

Selesai! Maka ketika sobat mengetik nama “notepad” di kotak dialog Run, yang terbuka adalah Notepad2.