Saturday, March 28, 2015

5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis

5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis

CRONOSAL-Sebuah software pengolah gambar bernama Adobe Photoshop (atau lebih sering disebut Photoshop) sangat melekat dengan gambar-gambar hasil rekayasa editing. Tidak peduli dengan apa gambar tersebut diedit, pasti banyak orang yang menilai bahwa suatu gambar diedit menggunakan Photoshop. Tidak heran memang, Photoshop sangat sangat populer sebagai aplikasi edit gambar atau foto terbaik.

Benarkah Photoshop yang terbaik? Secara pribadi saya sangat setuju, tetapi kantong saya tidak setuju. Bagaimana tidak? Adobe Photoshop buka sebuah program yang murah. Bahkan harganya saja diatas komputer rakitan spesifikasi gaming. Tidak percaya? Berikut adalah screenshot harga Adobe Photoshop CS6 Original yang saya dapatkan dari KlikGlodok.com.

5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis
Satu buah lisensi dihargai 10 juta Rupiah!!
Melihat harga yang sangat menusuk dompet tersebut, pasti banyak yang mengurungkan niat untuk membeli Photoshop. Apakah harus Photoshop? Jawabannya, tidak! Banyak program editing yang mirip dengan Photoshop. Ini bisa menjadi alternatif bagi sobat yang ingin mendapatkan pengganti Photoshop yang berkualitas dan gratis.


5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis



1. GIMP

5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis

Boleh dibilang, GIMP adalah alternatif yang paling direkomendasikan. Dari interface di dalamnya, nyaris mirip dengan Photoshop, begitu juga dengan fitur yang tersedia. GIMP dapat digunakan untuk proses editing sederhana hingga tingkat yang lebih rumit. Bahkan kemampuan untuk menambah plugin pada GIMP juga bisa dilakukan. Sayangnya meski memiliki reputasi yang baik soal alternatif photo editing gratis, GIMP terkendala dana untuk berkembang. Wajar saja karena GIMP sendiri berlisensi gratis, mungkin sobat ingin menyumbang?


2. Paint.NET


Paint.NET tidak hanya sebagai alternatif Photoshop, tetapi juga pengganti program Paint pada Windows. Kelebihan dari Paint.NET ialah kemudahan dalam memberi efek dan menyempurnakan gambar. Menu dan tampilannya sekilas seperti campuran Photoshop dengan Paint. Sederhana tetapi memiliki kemampuan kompleks. Paint.NET juga bisa melakukan zoom hingga 3200%. Menurut rumor yang beredar, Paint.NET mendapat dukungan dari Microsoft.


3. Inkscape

5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis

Inkscape merupakan sebuah program pengolah grafis open-source yang mirip dengan Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Freehand. Bedanya, Inkscape menggunakan format SVG (Scalable Vector Graphics). Interface Inkscape lebih sederhana karena fokus pada pembuatan objek gambar. Jadi bagi sobat yang gemar mendesain di komputer, maka Inkscape adalah software gratis yang harus ada di komputer sobat.


4. PixBuilder Studio


PixBuilder Studio adalah software gratis untuk mengolah gambar, mengubah ukuran, hingga konversi format gambar. PixBuilder Studio memiliki konsep manajemen yang sederhana tetapi dengan fungsi profesionalitas yang baik, seolah mendapatkan program editing premium. PixBuilder Studio juga memiliki panel layer dimana pengguna dapat mengedit satu set gambar secara terpisah.


5. Pixlr Editor

5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis

Dari empat software diatas, hanya Pixlr Editor yang berbasis web. Pixlr Editor berfokus pada tampilan yang bersih dan kemudahan untuk dipakai. Pixlr Editor tidak berbeda jauh dengan emapat software sebelumnya, tetapi kelebihan dari Pixlr adalah integerasi dengan perangkat mobile khususnya Android. Selain itu karena memiliki basis pada website, maka Pixlr Editor dapat mengedit gambar yang ada di internet tanpa harus sobat download terlebih dahulu.


Itulah 5 Software Terbaik Alternatif Photoshop Gratis. Hasil editing yang baik bukan karena program yang dipakai tetapi tergantung siapa yang membuatnya. Semoga bermanfaat :D


Berlangganan Artikel Via Email



3 comments

Thanks for share with us this full version software.It work properly.I already download this software and use it. Without that if need latest and updated Adobe Photoshop just check.

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming