Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

CRONOSAL - Mobsferatu adalah salah satu game dengan kategori game jam yakni proyek game yang diselesaikan dalam waktu singkat, yakni berkisar 24 hingga 72 jam. Dikerjakan secara mandiri atau beberapa orang, sekedar menyalurkan kreatifitas dan biasanya tidak diperjualbelikan. Actually, konsep semacam ini bukan sesuatu yang baru. Saya sempat memposting game-game dari proyek ini namun baru kali ini saya perkenalkan istilah game jam.

Mobsferatu adalah game yang amat sederhana, bisa dikatakan seperti endless-run namun sebenarnya Mobsferatu memiliki garis akhir permainan. Mobsferatu menghadapkan Anda pada misi untuk mengalahkan Nosferatu, makhluk semacam iblis yang dikenal akan kejahatannya.

Bukan berarti Anda hanya akan berlarian menuju lokasi Nosferatu, tugas sampingan Anda yang tak kalah penting adalah menyelamatkan penduduk desa yang disandera di sebuah menara yang tak lain kediaman Nosferatu sendiri. Setiap penduduk yang Anda selamatkan akan mengikuti Anda kemanapun Anda pergi. Keberadaan mereka dapat menjadi tameng sekaligus memperkecil kemungkinan kematian. Konsep seperti ini sudah populer sebelumnya, contoh pada game Zombie Tsunami di ponsel Android.

Anda akan melewati setiap tantangan agar bisa mencapai puncak menara. Beberapa tantangan seperti lahar panas, gerigi berduri, pagar berduri, tembok penghalang, dan cairan hijau mematikan akan menghiasi perjalanan panjang Anda. Meskipun dibentengi oleh sejumlah penduduk yang beralih status menjadi prajurit, tetap saja hanya ada satu kali kesempatan dalam sekali bermain, sekali tewas maka harus mengulang dari awal.

Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

Mobsferatu - Game Jam Build

Download Mobsferatu - Game Jam Build

Bentuk dari menara itu sendiri adalah tabung. Anda mengeksplorasi setiap lorong dengan satu orientasi yang sama, tetapi bukan berarti Anda tidak akan tersesat. Faktanya banyak clue palsu yang terlihat di sepanjang jalan. Tidak ada cara untuk membedakan mana yang asli dan palsu kecuali mencobanya, dengan konsekuensi mungkin nyawa akan melayang.

Beberapa jebakan bersifat tidak permanen. Ia dapat hancur apabila ditabrak oleh kelompok Anda namun Anda akan kehilangan sebagian tim yang menjadi korban pertukaran. Memang langkah ini perlu diambil karena ada beberapa rintangan yang memaksa pemain untuk merelakan anak buahnya tewas agar memberi jalan bagi anggota yang lain.

Terlihat sulit, tetapi Mobsferatu sangatlah mudah. Hanya perlu menekan tombol Z dan X sebagai kendali. Cukup 2 tombol untuk mengendalikan belasan karakter dalam waktu bersamaan. Mobsferatu menitikberatkan pada kelihaian tangan pemain menekan dua tombol yang saling berdekatan. Saya akui memang agak kesulitan di awalnya, terkadang suka tertukar posisi. Namun lambat laun akan terbiasa dan mulai ahli mengontrolnya.

Semakin banyak anggota tim dengan demikian Anda semakin aman dari rintangan yang dapat membunuh. Minimal ada satu orang yang hidup, permainan tetap berlanjut.

SPOILER: Dat ending :v


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming