Perbedaan EXE dan MSI pada Windows

perbedaan exe dengan msi, apa perbedaan exe dan msi, kelebihan exe dan msi, apa itu file msi, format exe dan msi

CRONOSAL - Untuk menjalankan sebuah program pada sistem operasi Windows, kita mengenal ua format populer yakni EXE dan MSI. Sekilas tidak ada perbedaan antara keduanya, namun sebenarnya ada diferensiasi mendasar antara EXE dengan MSI.


Sekilas EXE dan MSI

EXE berarti executable atau dengan kata lain sebuah paket program yang bisa langsung berjalan pada Windows, entah itu berupa installer atau aplikasi. EXE bisa dibuat oleh siapa saja.

MSI atau Microsoft Installer berisi sebuah perintah, bukan program. Ekstensi tersebut diciptakan oleh Microsoft untuk Windows. MSI biasanya berukuran kecil sebab program berada terpisah dengan file.


Perbedaan EXE dan MSI

Sebetulnya kedua format ini punya tujuan yang hampir serupa, hanya saja berada dalam kategori yang berbeda.

EXE berisi paket data yang akan dipecah menjadi program saat proses instalasi. Kita sering juga menyebut versi instalasi dari EXE sebagai installer. Ukuran data setelah diekstrak pasti akan lebih besar dari file aslinya. Namun EXE juga dapat bertindak untuk menjalankan aplikasi.

perbedaan exe dengan msi, apa perbedaan exe dan msi, kelebihan exe dan msi, apa itu file msi, format exe dan msi
Seringkali penampilan installer EXE sudah dimodifikasi

File EXE bisa dibuat oleh siapa saja, khususnya developer game atau software. Instalasi dengan ekstensi EXE biasanya lebih customizable.

MSI bukan executable, melainkan sejumlah instruksi "resmi" untuk beberapa tujuan. Misalnya menjalankan file EXE, mengatur konfigurasi, mengunduh program baru, hingga memperbaiki problem pada komputer.

perbedaan exe dengan msi, apa perbedaan exe dan msi, kelebihan exe dan msi, apa itu file msi, format exe dan msi
MSI tidak bisa dijelaskan dari administrator

MSI cenderung lebih aman sebab mengikuti standar dari Microsoft. TIdak ada opsi Run as Administrator pada MSI. Banyak orang menyebut MSI dengan julukan "better installer solution" sebab fungsinya sangat membantu awam yang tidak begitu paham masalah komputer.


Mana yang lebih baik?

Faktanya kedua ekstensi tersebut bekerja dengan baik. Tidak masalah jika kamu memilih EXE atau MSI untuk memilih format instalasi. Pada akhirnya, MSI hanyalah jalan singkat untuk menginstal program (EXE).

Bagikan jika artikel ini bermanfaat 😀

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming