10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli PlayStation 4

10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli PlayStation 4

CRONOSAL-Playstation 4 kini sudah dirilis dan resmi masuk ke Indonesia awal Januari 2014 lalu. Konsol terbaru Sony dengan harga Rp. 7.4 juta ini memiliki spesifikasi yang tidak main-main. Grafis, Engine, Joystick, resolusi gambar, dan sebagainya sudah diperbaharui. Namun Playstation 4 memiliki beberapa hal yang harus agan ketahui sebelum membelinya.

Apa saja hal-hal tersebut? Yuk disimak 10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli PlayStation 4:

1. Desain Hardware
PS4 memiliki desain yang cukup ramping dan elegan. Perbedaan utama yang bisa dilihat adalah desain casing yang nampak seperti font yang diberi efek italic. Bentuk dari PS4 sendiri dapat dilihat pada gambar di bawah.


Menurut informasi yang diberikan Sony, PS4 akan memiliki dimensi kurang lebih 275 × 53 × 305 mm (lebar × tinggi × panjang) dengan berat kira-kira 2,8 kg.


2. Controller
Sepintas lalu Dualshock 4 (sebutan untuk controller PS4) terlihat mirip seperti controller Playstation-playstation sebelumnya. Namun banyak sekali perubahan yang dilakukan Sony untuk controller yang satu ini.


Seperti yang bisa dilihat di atas, ada beberapa poin penting yang berbeda di Dualshock 4. Poin tersebut antara lain:

- Share button

Dengan maraknya fitur multiplayer dan implementasi social media dalam game, Sony tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk semakin mengedepankan fitur sosial dari PS4. Bagaimana nantinya game-game dapat memaksimalkan fitur ini, kita hanya bisa menunggu.

- Touchpad

Menurut ane ini adalah hal paling menarik dari Dualshock 4. Adanya touchpad betul-betul menambah variasi yang sangat luas tentang bagaimana gamer akan memainkan game mereka nantinya. Hal ini juga semakin memberi kesempatan developer untuk berkreasi dengan game mereka. Dengan touchpad ini Sony telah memberikan gamer kesempatan untuk bermain layaknya memainkan device dengan touch screen, tanpa harus menggosok-gosok layar TV tentunya.

- Analog stick

Satu hal yang terlihat sangat simpel, tapi ane yakin dapat mengubah banyak hal juga. Jika analog stick controller Playstation sebelumnya memiliki ujung seperti kubah, maka Dualshock 4 memberikan sedikit lekukan yang bisa mencegah jari gamer tergelincir saat sedang bermanuver dengan analog stick mereka.

- Lainnya

Beberapa perubahan lain yang perlu diperhatikan antara lain adalah panjang grip untuk tangan yang lebih panjang dari sebelumnya. Selain itu lampu di bagian depan controller juga dapat berubah warna jika digunakan untuk bermain multiplayer atau jika karakter gamer terjebak dalam bahaya di dalam game.


Jack untuk earphone yang ditempatkan pada controller juga semakin memudahkan gamer untuk mendengarkan deruan musik pada game dengan lebih jelas dan personal. Ini merupakan inovasi yang kelihatannya sederhana tetapi sangat berguna.

Selain itu Shuehei Yoshida, presiden dari Sony’s Worldwide Studios, mengkonfirmasikan lewat twitter bahwa Dualshock 4 dapat digunakan untuk bermain game PC.


3. Spesifikasi
Jika berbicara masalah kemampuan hardware, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa spesifikasi hardware yang dimiliki konsol tidak akan dapat mengalahkan teknologi yang ada di PC. Tapi di tahun-tahun awal PS4, kemampuan yang dimiliki konsol ini tidak jauh berbeda dengan kemampuan PC high-end. Perbandingannya bisa dilihat pada video Battlefield 4 di bawah.



Jika diperhatikan, tidak terlalu banyak perbedaan dari segi grafis dan kelancaran bermain. Hal ini tentu merupakan berita bagus bagi agan yang berminat untuk membeli PS4. Dengan harga yang lebih murah, agan bisa mendapatkan konsol yang kemampuannya bisa bersaing dengan PC rakitan yang bisa menghabiskan dompet agan tanpa ampun. Namun perlu diingat, konstannya perkembangan teknologi PC tentu saja akan membuat PS4 ketinggalan dalam waktu 2 atau 3 tahun.


Tapi itu bukanlah masalah yang penting, toh para developer juga akan mengembangkan game mereka dengan konsol sebagai patokannya. Jadi seandainya agan bukan seorang pecinta grafik yang super duper detail memperhatikan perbedaan sekecil apapun, ane rasa spesifikasi PS4 ini sudah menjadi alasan yang cukup untuk membeli konsol ini. Di bawah adalah tabel spesifikasi PS4 yang yang diumumkan Sony melalui official website mereka.




4. Tidak ada backward-compatibilty
Backward-compatibilty adalah istilah untuk fitur yang mengizinkan sebuah konsol memainkan game dari konsol pendahulunya. Contohnya seperti kemampuan PS2 untuk memainkan game PS1, atau kemampuan PS Vita untuk memainkan game PSP. Sayangnya PS4 tidak akan memiliki fitur yang sangat berharga ini. Sebagai gantinya, Sony menjanjikan pemain dapat memainkan game PS1, PS2, dan PS3 di PS4 melalui layanan cloud-streaming Gaikai. Jika hal ini dapat berjalan lancar tentu saja fitur ini akan sangat hebat, walaupun dengan koneksi internet yang ada di Indonesia sekarang, kelancaran bermain dengan Gaikai adalah sesuatu yang sangat meragukan.


5. Harga
PS4 akan dirilis dengan harga $399 di Amerika Serikat, 399 Euro di Eropa, serta 349 Poundsterling di Inggris. Belum ada kepastian mengenai harga konsol ini di Indonesia, namun sudah diumumkan bahwa PS4 akan dijual dengan harga HK$3380 di Hong Kong dan SGD$639 di Singapura. Jadi seharusnya harga di Indonesia tidak jauh-jauh dari itu yakni sekitar 7.5 juta rupiah.


6. Games
Buat apa beli konsol kalau tidak untuk main game bukan. Sony sudah menjanjikan beberapa judul game AAA maupun indie yang akan dirilis di PS4. Kebanyakan judul yang sudah dikonfirmasi adalah port dari konsol generasi sebelumnya atau dari PC.


Meskipun begitu Sony sudah menyiapkan beberapa judul eksklusif yang menjanjikan seperti Knack, Infamous: Second Son, Killzone: Shadow Fall, Driveclub, dan The Order: 1886.


7. Services
Seperti yang sudah diimplementasikan di PSP, PS Vita, dan PS3, fitur online dari PS4 dapat diakses melalui layanan Playstation Network (PSN). Seperti sebelumnya, Sony menyediakan paket berlangganan Playstation Plus (PS Plus). Jika sebelumnya PS Plus hanya diperlukan untuk game gratis tiap bulannya atau untuk diskon-diskon yang lebih besar, maka pada PS4 PS Plus akan diwajibkan jika gamer ingin bermain multiplayer online.

Selain itu akan ada juga Playstation App yang dapat di-install untuk iPhone, iPad, atau device Android. Playstation App akan berfungsi sebagai tempat user mengatur atau sekedar melihat akun PSN mereka. Dengan menggunakan Playstation App, gamer dapat membeli game dari device mereka, dan menyuruh PS4 mereka di rumah untuk mendownload game tersebut, meskipun PS4 ditinggal dalam keadaan stand-by. Selain itu melalui Playstation App, gamer juga dapat menonton teman di PSN mereka yang sedang bermain game di konsolnya masing-masing.

Selain dua hal tersebut, Sony juga sudah mendemokan bagaimana tampilan menu PS4 nantinya melalui video di bawah ini.



8. Remote Play
This is it! Menurut ane ini adalah fitur paling fenomenal untuk PS4. Jika Nintendo membanggakan kemampuan Wii U yang dapat dimainkan dimana saja dalam rumah dengan controller tabletnya itu, maka ini adalah jawaban Sony kepada Nintendo. PS4 dapat melakukan apa yang Wii U lakukan, hanya saja hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan….wait for it….. Playstation Vita! Yes, betul-betul strategi jenius dari Sony untuk menjual dua hardware milik mereka ini. Meskipun tanpa fitur ini menurut ane PS4 dan PS Vita sama-sama layak untuk dibeli, tapi fitur-fitur ini jelas meningkatkan nilai yang bisa gamer dapatkan dari dua hardware tersebut.

Dengan fitur ini, agn dapat memainkan game PS4 agan tanpa harus berada di depan TV. Sejauh ini yang diketahui adalah fitur ini dapat berjalan jika kedua hardware terhubung ke Wi-fi yang sama. So, agan tidak perlu khawatir harus meninggalkan game agan saat agan perlu mampir ke toilet ya.


9. Others
PS4 akan memiliki fitur-fitur berikut:
  • PS4 akan memiliki aksesoris tambahan yang disebut Playstation Camera. Playstation Camera merupakan pengembangan dari Eye Toy yang sudah muncul sejak era PS2. Untuk Playstation Camera, fungsi dari periferal ini akan sangat mirip dengan Kinect milik Xbox.
  • Controller PS Move untuk PS3 dapat digunakan untuk PS4.
  • Setiap pembelian PS4 akan dilengkapi dengan headset mono yang dapat digunakan untuk berkomunikasi saat bermain multiplayer.
  • Ke depannya Sony akan mengurangi proses seleksi yang dilakukan untuk menerima game indie. Jadi, kemudahan untuk developer indie, lebih banyak game untuk gamer!



10. Menurut agan?
Ada yang mau menambahkan?



Dikutip dari GamesInAsia



Sekian



SALAM Blogger

3 komentar

  1. Ane Masih Setia Ama Ps3 Ane Dan Ane Juga Gk Terlalu Minat sama Ps4 Apalagi Keluaran Awal Yg Mungkin Masih Perlu Perbaikan Sama Halnya Ps3 Fat Keluaran Awal Yg Sangat Sering Kena LYOD, Dan Ane Mungkin Ane Jika Mau Beli Ps4 Tunggu 5-6 Tahun Kemudian Hheheh:)

    ReplyDelete
  2. Wah keren :D tavi mahal :(
    Ntar bisa bikin film donk dari ps4 :v soalnya gambarnya HD :o
    nitip : realitafantasy.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Bos mo nanya ps4 dah bisa cfw ga kaya ps3

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming