Monday, October 13, 2014

5 Keuntungan Google+ untuk SEO

5 Keuntungan Google+ untuk SEO

CRONOSAL-Artikel berikut ini adalah kiriman dari salah seorang pengunjung blog CRONOSAL. Isinya mendeskripsikan 5 keuntungan Google Plus untuk SEO. Metode ini sangat disarankan untuk para webmasters.

5 Keuntungan Google+ untuk SEO


Oleh: Sugiantoro

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Google+ diciptakan oleh para pakar SEO dari Google untuk mendominasi hasil pencarian di atas semua platform sosial lainnya. Meskipun pertumbuhannya jauh lebih lambat dibandingkan Twitter dan Facebook, Google+ lambat laun semakin mendapat perhatian dari banyak kalangan.
Jika Anda menggunakan Google+, dan kemudian mengetikkan nama sendiri di mesin pencari Google, maka profile Anda di Google plus akan mendominasi hasil pencarian. Grafik berikut menunjukkan apa yang terjadi ketika saya mencari nama saya sendiri di mesin pencari, meskipun saya lebih sering menggunakan Twitter dan Facebook untuk bersosial, namun Google+ tetap mendominasi hasil pencarian.


Pengaruh Google Plus terhadap SEO
Berikut beberapa tips yang akan saya bagikan untuk mengoptimalkan profile Google+ Anda yang bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas situs bisnis Anda pada mesin pencari


Optimalkan Judul tag G+ Anda
Kalimat pertama postingan Anda di Google+ akan menjadi bagian dari tag judul, yang sangat berkorelasi dengan peringkat dan sangat mempengaruhi klik. Pilih kata kunci Anda dengan hati-hati, karena kalimat awal akan menjadi hal yang pertama dilihat oleh pengunjung.
Terkait: Cara Membuat Judul yang Menarik

Meningkatkan Peluang Indexing dengan Cepat
Banyak orang justru mengutamakan share konten baru mereka di Facebook dan Twitter untuk mempercepat pengindeksan. Mungkin dengan berbagi di Facebook dan Twitter hanya akan mendapatkan pengunjung dengan cepat, tetapi dengan share di Google+ akan membuat konten web blog Anda jauh lebih cepat untuk dapat diindeks oleh robot mesin pencari. Ini adalah kelebihan Google+ yang paling utama, karena tujuan awalnya memang untuk SEO media sosial.

Google+ Memiliki Fitur Editing Tanpa Batas
Google+ layaknya sebuah mini pad untuk blogging. Ini berarti bahwa Anda benar-benar dapat mengedit postingan Anda setiap saat. Tidak demikian halnya dengan Facebook atau Twitter. Facebook hanya menyediakan kemampuan editing terbatas, apalagi Twitter, setelah konten di Tweet, Anda hanya akan diberikan pilihan “hapus konten”.

Hubungkan Akun Google+ Anda dengan Orang yang Berpengaruh
Jika Anda memasukan orang yang berpengaruh pada circle Google+ Anda, maka dengan sendirinya jaringan Anda akan semakin meluas, yang tentu saja akan memberikan keuntungan pada bisnis Anda. Aktif berkomentar pada postingan yang mereka buat, menyebutkan mereka dalam sebuah pos, share artikel Anda dengan mereka, dan mulailah berkomunikasi dengan mereka, maka Anda akan dapat meningatkan reputasi online Anda.

Buat Link di Profile
Pada umumnya, untuk mendapatkan backlink dari situs-situs yang memiliki MozRank tinggi, Anda harus berkontribusi menulis artikel dan disisipkan link menuju situs Anda. Tidak demikian dengan Google+, Anda dapat langsung menambahkan link Anda di profile Google+ Anda dengan berbagai anchor text, ini akan menjadi backlink yang berkualitas jika Anda aktif sharing dengan Google+ dan memiliki jaringan yang besar dalam circle Anda.

Google+ memiliki pengaruh tertinggi terhadap SEO dibandingkan dengan media sosial lainnya, tetapi sangat disayangkan banyak pengguna, khususnya di Indonesia tidak mengetahui fitur-fitur dari Google+ dalam hal bersosialisasi, sehingga penggunanya sangat sedikit sekali, hanya terbatas pada para webmaster saja. Saya pikir itu karena kurangnya penjelasan dan sosialisasi fitur yang dimiliki Google+. Dilihat dari sisi sosialitas, memang tampaknya lebih menyenangkan daripada menggunakan Facebook dan Twitter, karena kita dapat melakukan drag and drop orang-orang ke circle kita tanpa pemberitahuan ke mereka, tapi apa itu benar-benar memiliki manfaat? Share your thought!


Source
  • Thumbnail: http://giraffesocialmedia.co.uk/wp-content/uploads/2014/02/google-plus-seo.jpg


Sekian



SALAM Blogger

Berlangganan Artikel Via Email



5 comments

yups. Aku sudah merasakan keuntungan Google plus ini untuk blogku, hasilnya cukup memuaskan.

Wah, ane masih jarang-jarang pake G+ hehehe, keren templatenya gan :))

Wah, aku sendiri gak pakai Google plus :o

mas admin, aku mwo tanya, kalo misalnya hasil postingan aku ada dipage one, tapi google plus, itu artinya apa? apa kalo aku nanti ngeposting gak pake google plus masih bisa?

Wah itu bukan postingan sobat, coba Log Out dan cek lagi pasti tidak muncul. Kenapa? Karena itu adalah akun Google Plus sobat, bukan blog sobat

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming