GAWAT: 5 Juta Akun Gmail Diretas, Cek Apakah Kamu Termasuk!

GAWAT: 5 Juta Akun Gmail Diretas, Cek Apakah Kamu Termasuk!

CRONOSAL-Ketangguhan sistem keamanan Google berhasil ditumbangkan oleh sekelompok hacker yang tidak disebutkan namanya. Mereka berhasil meretas sekitar 5 juta akun Gmail beserta passwordnya. Daftar 5 juta akun Gmail yang diretas tersebut pertama kali diposting di Forum Bitcoin Rusia.

Daftar 5 juta akun Gmail tersebut tersimpan dalam file teks dokumen berukuran 108 MB yang dikompres ke dalam arsip berukuran 32 MB. Untuk mengekstrak data tersebut harus menggunakan software sejenis WinRAR atau 7Zip (Baca: 7 Program Gratis yang Wajib ada di Komputer).

Daftar akun yang telah diretas tersebut dapat sobat download disini. Setelah diekstrak, ukurannya akan membesar menjadi 108 MB. Tentu saja akan sangat sulit jika dibuka menggunakan aplikasi Notepad biasa. Saya sudah mencoba menggunakan Notepad bawaan dari Windows dan hasilnya, program mengalami crash atau Not Responding.

Wajar saja karena ada jutaan baris dalam satu file dokumen tersebut. Saran saya, gunakan software Sublime Text yang dapat sobat download gratis disini. Selanjutnya sobat buka dokumen 5 juta akun Gmail tadi kemudian tekan CTRL + F dan ketik alamat email sobat.

GAWAT: 5 Juta Akun Gmail Diretas, Cek Apakah Kamu Termasuk!
Salah satu korban
GAWAT: 5 Juta Akun Gmail Diretas, Cek Apakah Kamu Termasuk!
Akun saya, ternyata tidak diretas

Jika sobat termasuk di dalamnya, segera ganti password dan pengaturan di dalamnya. Dari informasi yang saya dapat, 60% akun Gmail tersebut passwordnya telah diketahui. Sedangkan sisanya belum diketahui sepenuhnya. Jika dilihat dari nama Gmail tersebut, ada sangat banyak nama-nama yang khas Indonesia. Ini bisa jadi dugaan bahwa password Gmail yang dibuat oleh orang Indonesia terlalu lemah, baca: Cara Membuat Password yang Baik dan Kuat.

Sebagian beranggapan bahwa identitas akun Gmail tersebut didapat dari website pihak ketiga. Jadi disarankan untuk memakai password yang berbeda di setiap situs saat kita mendaftar. Ini menjadi sinyal agar keamanan kita sebagai pemilik akun harus ditingkatkan lebih baik lagi.


Sekian



SALAM BLogger

3 komentar

  1. Gan Passwordnya mana itu kok cuma emailnya doang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh, passwordnya dipegang mereka gan

      Delete
    2. Wkwkwkwk, :v Dia Laper Akan Password :v

      Delete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming