7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

CRONOSAL-Entah apakah sobat memiliki komputer gaming dengan penampilan gahar, atau hanya komputer level medium dengan desain sederhana.

Dari segi kebersihan fisiknya, semua memiliki problematika yang sama, yaitu...

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Partikel-partikel berukuran kecil ini nyaris selalu ada di banyak tempat. Ukurannya yang kecil dan sangat ringan membuat debu dapat melayang-layang bebas di udara dan hingga dimana saja angin membawanya.

Termasuk, hardware komputer sobat!

Anggaplah keyboard dan mouse yang merupakan perangkat yang paling sering "dipegang-pegang" pemiliknya :v


Maka otomatis banyak kotoran serta debu yang menempel. Tentu saja membawa bakteri yang lebih banyak!

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki
Sumber: Twitter

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki
Reaksi gua pas tau keyboard lebih kotor daripada toilet

Banyaknya kotoran sangat menggambarkan pemilik komputer tersebut jorok dan malas membersihkannya (maaf kalau agan tersinggung :v )

But wait, mungkin saja ada yang tertarik berkebun sambil online di komputer :v

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Itu baru perangkat yang berada di luar.

Bagaimana dengan "jeroan" komputer seperti motherboard, PSU, HDD, VGA, dan CPU?

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki
JUJUR GAN!! INI BUKAN PC ANE!!

Percaya atau tidak...

Komponen bagian dalam yang berdebu dapat menurunkan performanya.

Misalnya pada gambar di atas. Terlihat HSF sangat kotor karena ditutupi banyak debu. Otomatis putaran fan tidak maksimal, sirkulasi udara juga terhambat, otomatis CPU bakal lebih cepat panas dan pada akhirnya komputer tidak bisa bekerja dengan sempurna.

Jadi, sebaiknya...

Bersihkanlah setiap komponen luar dan dalam secara berkala.

Tetapi...

Alat apa saja yang seharusnya digunakan untuk membersihkan setiap bagian komputer?


7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki



Kain microfiber

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Kain microfiber / mikrofiber adalah kain sintetis dengan diameter serat yang sangat kecil, lebih kecil dari sutera. Tekstur luarnya mirip seperti handuk, namun lebih halus. Kain microfiber sangat baik dalam penyerapan debu.

Kain pada umumnya hanya "melemparkan" debu, tetapi kain microfiber menyerap debu. Jadi akan lebih mudah kotor, tetapi tenang saja karena kain microfiber bisa dicuci dengan cara biasa.

Untuk membersihkan: layar monitor, mouse, casing, dan permukaan datar lainnya
Harga kain microfiber Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000


Air blower

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Dari namanya saja kita sudah tahu. Air blower adalah mesin yang berfungsi untuk menaikan atau menurunkan tekanan udara. Sederhananya, air blower dipakai untuk meniupkan angin atau menyedot angin dengan tekanan tinggi (yang jelas gak kayak tiupan angin dari mulut :v ).

Cocok untuk membersihkan "jeroan" PC dalam waktu singkat. Cukup buka casing, lalu semprotkan angin kencang dari blower. Namun air blower tidak mampu membersihkan hingga bagian-bagian terkecil. Lalu pakai apa? Cek selanjutnya!

Untuk membersihkan: bagian dalam komputer secara keseluruhan dan sela-sela kecil
Harga air blower Rp. 200.000 hingga Rp. 700.000


Blower karet

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Ini bukan berarti blower khusus untuk menyemprot karet :v
Blower karet ditujukan untuk membersihkan celah-celah kecil yang sulit dijangkau. Cocok digunakan untuk membersihkan sela-sela tuts keyboard dan heatsink.

Oh ya, menggunakan blower karet ini cukup menguras energi karena cara menggunakannya adalah ditekan dengan tangan.

Untuk membersihkan: bagian komputer yang sulit dijangkau oleh air blower
Harga blower karet Rp. 25.000 hingga Rp. 80.000


Kanebo

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan barang ini. Kanebo memiliki karakteristik seperti busa padat (spons) jika terkena air dan akan sangat keras jika kadar air di dalamnya menipis. Kanebo sangat cocok untuk membersihkan casing komputer. Biasanya kanebo banyak dijual di toko otomotif.

Untuk membersihkan: mouse, tuts keyboard, speaker, printer, scanner, dan hardware eksternal lain
Harga kanebo Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000


Cairan pembersih monitor

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Entah apa istilah resminya, yang jelas cairan ini dikhususkan untuk membersihkan layar monitor LCD dan LED. Caranya cukup disemprotkan ke kain microfiber lalu lap ke monitor. Cairan ini cukup ampuh membersihkan debu yang sulit hilang.

Untuk membersihkan: layar monitor LCD, LED, dan CRT
Harga cairan pembersih monitor Rp. 10.000 hingga Rp. 40.000


Magic gel

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Sifatnya seperti lilin mainan namun lebih lunak. Cukup diletakan di atas keyboard maka gel ini akan masuk ke sela-sela tuts dan menyerap debu yang menempel. Magic gel dapat digunakan berkali-kali. Perlu diketahui, ini bukan mainan anak-anak meskipun warnanya menarik karena zat kimia di dalamnya sangat berbahaya bila tertelan.

Untuk membersihkan: keyboard dan permukaan yang tidak rata
Harga magic gel Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000


Mini vacuum cleaner

7 Alat Pembersih Komputer yang Wajib Kamu Miliki

Mini vacuum cleaner difokuskan untuk menghisap debu yang sulit dijangkau. Di bagian ujungnya terdapat sikat halus yang bisa sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Mini vacuum cleaner banyak beredar untuk PC dan laptop karena menggunakan port USB.

Untuk membersihkan: keyboard dan permukaan kecil yang berdebu
Harga mini vacuum cleaner Rp. 30.000 hingga Rp. 200.000


Dari semua peralatan kebersihan komputer yang sudah saya jelaskan, saya tidak mengharuskan sobat memiliki semuanya.


Ada banyak barang yang sifatnya menggantikan barang utama. Seperti kanebo digantikan dengan handuk halus.

So, disini saya menyarankan peralatan terbaik dan aman untuk membersihkan setiap hardware komputer baik luar maupun dalam. Harganya pun cukup terjangkau :)


Sebenarnya masih banyak alat yang bisa membersihkan komputer, namun setidaknya 7 alat di atas sudah mencakup semuanya.


Ada yang ingin menambahkan?


9 komentar

  1. yang paling wajib dari semua ini yang mana gan? misalnya untuk keyboard paling wajib atau udah maksimal pake yg mna? serta layar dan lainnya (laptop user)

    ReplyDelete
  2. keren gan,, tapi di tempat ane palingan yang ada cuman cairan semprot pembersih doang,, yg lain ke kota dulu -_-

    visitback ya: http://www.pondokgadget.com/2015/08/cara-mengembalikan-root-unroot-di.html

    ReplyDelete
  3. Gue pake cairan monitor di keyboard wkwk moga aman2 aja XD oiya gan, yg jel itu, pas debunya ke angkat, buat bersiin debu di jel nya lagi gimana??

    ReplyDelete
  4. kalo saya mending beli blower nya aja gan. soalnya komputer yang paling kotor dan banyak debu nya yaitu di PC nya gan.pernah ya pengalaman ane, itu komputer ane debu nya luar biasa kayak digambar paling atas itu, terus saya berpikir "waduh, komputer nya kotornya luar biasa" terus ane punya ide, " hmm, kalo kayak gini mending dibawa ke tukang tambal ban apa ya? kan langsung bersih " terus tanpa ragu - ragu PC nya langsung saya bawa ke tambal ban terus saya bilang " mas, tolong bersihkan PC saya, oh ya ngomong -ngomong harga nya berapa ya? " jawab tukang tambal ban " Rp 2.500 mas. " terus saya jawab " oh Oke mas kalo begitu " terus beberapa menit kemudian PC saya kayak baru beli. :D

    ReplyDelete
  5. trims gan sarannya pas buat kebutuhan nih,,, cari gelnya memanga agak sulit ya

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming