Cemu: Emulator Nintendo Wii U untuk PC


CRONOSAL-Nintendo, boleh dibilang perusahaan dengan sepak terjang di dunia game ini adalah yang paling tua di dunia. Bagaimana tidak? Nintendo pertama kali didirikan pada 1889 di Kyoto, Jepang yang saat itu mereka fokus pada produksi permainan kartu.

Sepak terjang Nintendo dalam platform gaming dimulai sejak meletusnya kepopuleran Super Mario Bros dimana hingga saat ini menjadi 'akar' dari berbagai game di seluruh dunia. Mereka yang lahir di era 80 atau 90an bisa berbangga diri karena bisa mencicipi momen langka yang menjadi tonggak sejarah evolusi video game modern.


Salah satu produk konsol yang lahir di lantai perusahaan Nintendo adalah Wii U. Konsol kecil berbentuk seperti smartphone ini memiliki dukungan game yang cukup lengkap, terutama dari Nintendo sendiri. Wii U tergolong 'berani' memasuki arus kuat industri konsol yang harus bersaing dengan Playstation dan Xbox dengan nama besar dibaliknya.

Kabar mengejutkan hadir dari halaman GBAtemp, sebuah emulator Nintendo Wii U untuk PC hadir dengan nama Cemu. Untuk saat ini Cemu masih tersedia dalam versi 1.0 dimana versi ini dapat dipastikan belum sempurna dan masih terdapat kelemahan baik segi teknis maupun dukungan game. Tetapi setidaknya Cemu dapat menjadi emulator yang cukup diantisipasi tahun ini.

Cemu: Emulator Nintendo Wii U untuk PC
Salah satu game Wii U yang dapat dijalankan dengan Cemu adalah Donkey Kong Country: Tropical Freeze

Cemu: Emulator Nintendo Wii U untuk PC
Cemu masih belum stabil, contohnya beberapa elemen tidak bisa ditampilkan dengan sempurna
Download Cemu

Cara menggunakan Cemu sama halnya seperti emulator pada umumnya. Sobat hanya perlu memuat file game Wii U dengan ekstensi WUD, WUX, ISO, WAD, dan RPX. Sayangnya, Cemu masih memiliki kendala pada waktu loading yang begitu panjang, tak peduli seberapa cepat Rig's yang sobat miliki.


Namun di sisi lain, pengembang Cemu yakni Exzap berhasil mengimplementasikan kualitas grafis hingga 1080p tergantung dari jenis game yang dimainkan. Setidaknya untuk driver Intel dan Nvidia dapat lega karena pasti bisa memainkannya. Kabar kurang menyenangkan harus diterima oleh pengguna AMD karena sang developer belum mengujicobakannya pada driver jenis ini.

Cemu masih belum sempurna, hal ini dibuktikan dari dukungan kontroler yang kurang mumpuni, tidak ada suara, masalah render, hingga frame rate yang kurang maksimal meskipun sobat menggunakan PC dengan spesifikasi tinggi sekalipun.

Kabar baiknya, Exzap berjanji akan terus membenahi emulator ini demi mencapai kualitas gameplay yang playable. Ia menjanjikan akan merilis versi terbaru setiap seminggu sekali, sekaligus informasi roadmap untuk membandingkan setiap versi yang dirilis.


Ekspektasi yang diharapkan gamer PC terhadap Cemu tentu sangat tinggi. Trend emulator adalah 'jembatan' penghubung antara game konsol untuk bisa tampil di layar monitor komputer. Cemu masih belum bisa dikatakan fantastis mengingat masih banyak 'lubang' disana-sini yang harus segera diperbaiki. Tetapi harapan gamer PC untuk kehadiran Cemu di masa depan sangatlah besarWe need you, Cemu!

Cemu: Emulator Nintendo Wii U untuk PC
Ukuran dari Cemu kurang dari 2 MB... sangat menarik...

3 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming