FragFest: Festival Ledakan

FragFest: Festival Ledakan

CRONOSAL-Untuk menciptakan kualitas visual yang apik, para developer game sengaja mengatur grafis game besutannya ke level yang lebih realistis dengan konsekuensi, hanya komputer dengan spesifikasi tertentu yang mampu mencapai frame rate yang sempurna. Harus diakui dengan penambahan efek visual yang lebih banyak otomatis membuat resources yang digunakan semakin tinggi. Anda yang beruntung memiliki Rig's dengan performa mumpuni tidak akan ragu untuk menginstal game berat dan memainkannya.

Namun bagi gamer low budget (seperti saya) harus pandai-pandai memilih game dengan tampilan visual yang cukup indah namun tidak memberatkan kinerja hardware saat game dimainkan. Inovasi inilah yang dilakukan oleh Broken X Software (BXS) terhadap game racikannya berjudul FragFest.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya menggunakan judul FragFest: Festival Ledakan. Unsur ledakan dalam jumlah yang masif adalah hal utama yang mendasari saya menggunakan judul ini. Namun, FragFest memberikan kesempatan bagi gamer dengan komputer berspesifikasi rendah untuk tetap memainkannya dan menikmati setiap ledakan indah sepanjang permainan. Berikut adalah sedikit review tentang FragFest:


Konsep Arcade Lawas!

Satu hal terpenting yang ditawarkan FragFest adalah genre arcade yang cukup terkenal sejak lahirnya game pertama di dunia. Pemain mengendalikan sebuah kendaraan tempur seperti mobil, tank, helikopter, kapal, hingga kereta sambil menembakan peluru ke arah tim musuh. Sepanjang jalan Anda akan menemui item-item menarik yang membantu selama pertempuran. Menariknya, item yang tersedia tergolong cukup banyak dan muncul kembali setelah diambil.

FragFest: Festival Ledakan
Konsep yang pastinya tidak akan asing bagi siapapun yang pernah memainkan game, setidaknya game-game populer saat ini.

Pada mode Singleplayer, Anda akan berhadapan dengan AI yang kecerdasannya meningkat setiap stage dilewati. Di awal permainan Anda dapat dengan mudahnya menemukan tempat sepi dan luas dan melakukan duel dengan salah satu tim musuh. Namun di level-level selanjutnya besar kemungkinan Anda akan diburu oleh sekawanan musuh dan memojokan kendaraan tempur Anda hingga akhirnya harus menerima kekalahan. Jadi, kunci dari permainan ini adalah selalu usahakan berada di dekat NPC teman.

FragFest: Festival Ledakan
Sistem peringkat yang sederhana, tergantung dari mode permainan yang dipilih

FragFest: Festival Ledakan
Kereta, salah satu 'monster' paling mematikan. Ia berjalan dengan cepat tanpa keluar jalur, menembaki musuh yang berada di sekelilingnya serta nyaris selalu menerima asupan item yang sifatnya memberikan bantuan.

FragFest: Festival Ledakan
Atau tertarik menjadi pihak yang netral dimana Anda akan berperan sebagai sebuah mobil warga sipil yang bergerak berusaha menghindari 'badai' peluru.

Ada beberapa variasi kendaraan yang dapat dipilih dengan syarat kendaraan tersebut statusnya sudah unclocked. Tidak banyak memang, namun dengan adanya sistem upgrade mampu memberikan perubahan yang cukup signifikan pada performanya.

FragFest mampu menyediakan item khusus seperti jetpack dan drone yang keberadaannya akan sangat penting di saat genting. Misalnya ketika Anda sedang terdesak, dikepung oleh musuh dan nyaris tidak mungkin untuk berjalan di darat, maka gunakan jetpack untuk pelarian secara vertikal dan terhindar dari kematian yang nyaris dipastikan. Di sisi lain, inventory yang dapat disimpan bisa lebih dari satu buah. Anda bisa menyimpan drone, jetpack, booster, rocket, missile, dan bomb sekaligus.


Health dan Armor, Keduanya Terpisah

FragFest: Festival Ledakan
Tidak masalah apabila armor Anda habis, yang terpenting adalah health namun tak berlaku sebaliknya.

Satu hal yang agak membingungkan disini adalah fitur armor dan health, sekilas nampak sama namun sebenarnya terpisah. Ibaratnya, health adalah tubuh Anda, sedangkan armor adalah baju perang Anda. Secara logika, armor memang akan terkena serangan terlebih dahulu, namun faktanya kedua unsur pertahanan tersebut dapat mengalami intervensi di serangan yang sama.

Item untuk armor berbentuk perisai dengan warna kuning, sedangkan health berbentuk kunci pas. Biasanya kedua item ini lokasinya berdekatan dan dapat dengan mudah dijangkau. Ada item lain berbentuk inventory bernama Medic Pack, sayangnya ini hanya berfungsi untuk health saja.

FragFest: Festival Ledakan
Jika Anda tewas dalam permainan, maka Anda bisa memilih menjadi spektator atau membayar sejumlah uang untuk membeli kendaraan tempur baru, menggantikan yang sudah hancur.

FragFest: Festival Ledakan
Aneh tapi nyata, dalam beberapa kesempatan Anda akan menerima semacam 'surat tilang' selama peperangan. What the...?

Jika rata-rata game berbasis shooter sengaja memberikan respawn yang mudah dan cepat, FragFest justru menawarkan kepada Anda; menjadi penonton atau membayar sejumlah uang untuk membeli kendaraan tempur yang baru. Jika Anda tergolong orang yang sangat menghargai keberadaan uang in game, maka cukup menjadi spektator sambil berharap tim Anda tetap bisa menang tanpa bantuan Anda sendiri.

Yang lebih aneh, Anda akan mendapat surat peringatan jika sengaja/tidak sengaja menghancurkan kantor polisi. Tampilan surat ini akan menghalangi sebagian layar terutama bagian tengah dalam waktu beberapa detik, namun cukup mengganggu atmosfer yang sudah tercipta. Sebuah alasan yang sangat tidak logis, mendapat surat peringatan ketika berperang, hello?


Dynamic Weather System

FragFest: Festival Ledakan
Bersiap-siaplah, FragFest menerapkan pengaturan cuaca yang dapat berubah-ubah secara acak

Fitur semacam ini sudah banyak digunakan untuk beberapa game yang beredar sekarang ini, namun FragFest menawarkan sesuatu yang berbeda. Ya, cuaca dan waktu dapat berubah secara cepat, mungkin dalam hitungan kurang dari 1 menit akan berubah. Kok bisa? Hal ini dikarenakan hadirnya item Weather Box yang jika disentuh siapapun akan mengganti cuaca di wilayah tersebut. Jadi, bersiaplah menghadapi gelapnya mendung, atau cerahnya langit di pagi hari.

FragFest: Festival Ledakan
Dominasi waktu cenderung di malam hari, nampak lebih gelap namun akan menjadi hiburan tersendiri setiap kali muncul ledakan atau terjadi kontak senjata yang begitu hebat. Siap-siap meng-capture momen seperti ini.

FragFest: Festival Ledakan
Ngomong-ngomong, pertempuran udara tak semudah yang dibayangkan. Ternyata tank yang berada di bawah tetap bisa menembakan pelurunya ke helikopter Anda, tak peduli seberapa lincah Anda bermanuver.

FragFest: Festival Ledakan
Pertarungan di laut juga tetap seru!

Kualitas grafis dari FragFest sendiri pantas diacungi jempol. Walaupun disajikan lewat pendekatan third person dari jarak yang agak longgar, detil grafisnya terlihat cukup kentara. Misalnya saja ketika helikopter mendekati tanah maka hembusan debu akan terlihat, beda halnya jika helikopter tersebut terbang rendah di atas laut, riak air menghiasi momen tersebut.

FragFest sudah dikatakan playable dengan catatan frame rate menyentuh setidaknya 40fps. Semakin tinggi maka akan semakin baik. Anda tidak perlu PC dengan kekuatan hardware super tinggi, FragFest bersahabat dengan gamer PC low budget.


Download FragFest

Ingin memainkan game arcade yang sederhana namun tetap bisa menawarkan sesuatu yang kompleks, game ini bisa jadi pilihan. Sistem upgrade dan locked achievement dapat memacu gamer untuk mamainkan FragFest lebih giat lagi. Di sisi lain, FragFest tetap mampu memadukan kualitas visual yang apik, terrain yang sempurna, serta kebutuhan hardware yang rendah.

Dalam versi sempit, terdapat mode singleplayer dan multiplayer. Memainkannya secara multiplayer memberikan tantangan yang lebih berbeda serta menyenangkan dibandingkan bermain sendiri, melawan NPC musuh. Untuk memainkan mode multiplayer, Anda diwajibkan memiliki akun FragFest terlebih dahulu.

Kelebihan
  • Format terrain yang bervariasi dan tidak monoton
  • Achievement yang menggugah
  • Dynamic weather system
  • Pertempuran indah dimana banyak ledakan sebagai hiburan
  • Sistem upgrade
  • Kebutuhan hardware minimal
Kekurangan
  • Terdapat beberapa bug
  • Jumlah stage terbatas
  • Surat peringatan polisi cukup mengganggu

FragFest: Festival Ledakan
Sederhana tetapi memiliki opsi adiktif

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming