Mematikan Monitor Secara Otomatis untuk Menghemat Listrik


CRONOSAL - Diciptakan sebagai perangkat elektronik, perkembangan monitor tidak lepas dari eksistensi energi listrik di abadnya. Sejak lahirnya di abad 21, monitor hadir dalam konsep tabung hampa dengan fisik yang 'gemuk'. Butuh asupan daya listrik yang cukup besar untuk menjalankan monitor tipe ini.

Selanjutnya kira-kira 30 tahun yang lalu monitor LCD atau ditemukan dan menjadi trend baru berkat desainnya yang lebih tipis. Tak hanya itu, energi listrik yang dibutuhkan tidaklah besar, hal ini jelas menjadi titik tolak bagi sebagian besar orang untuk meninggalkan monitor CRT (monitor tabung).

Tak lama setelahnya, LED dan Plasma ikut bergabung, memberikan peningkatan kualitas visual yang menjanjikan serta konsumsi listrik yang semakin rendah.

Begitulah sejarah perkembangan monitor secara singkat :v

Dalam posting kali ini saya menitikberatkan pada kebiasaan sebagian besar orang yang sering meninggalkan komputer atau laptop dalam keadaan hidup. Entah itu sedang melakukan scanning, pembersihan, defrag, atau aktivitas download.


Memang dibanding menunggu lebih baik kita meninggalkannya dan melakukan aktivitas yang lain. Akan tetapi, jangan remehkan konsumsi listrik yang dipakai monitor selama itu aktif.

Langkah sederhana yang dapat sobat lakukan ialah mematikan monitor dan membiarkan komponen non-monitor tetap bekerja. Pada sistem operasi Windows 7 kita memiliki akses untuk mematikan monitor secara otomatis demi menghemat listrik.

Mematikan Monitor Secara Otomatis untuk Menghemat Listrik


1. Pertama, buka Control Panel


2. Klik Hardware and Sound


3. Pilih Power Options


4. Klik Change plan settings pada profil yang digunakan


5. Klik Change advanced power settings


6. Expand pilihan Display, Turn off display after lalu atur waktunya. Selanjutnya klik OK



Sebagai contoh di atas, saya mengatur waktunya selama 3 menit barulah monitor bisa mati. Syarat utama agar konfigurasi ini berlaku ialah tidak ada interaksi apapun antara pengguna dengan komputer.


Dalam artian, jika sobat tidak menggunakan komputer selama 3 menit maka otomatis monitor akan mati dengan sendirinya.

Cara menghidupkannya kembali? Cukup tekan tombol power pada monitor.

Ada opsi lain yang tidak mematikan monitor, yakni cukup mematikan layarnya saja. Monitor tetap bekerja tetapi tidak ada tampilan yang diberikan.


Faktanya tips ini juga mampu mereduksi jumlah konsumsi tenaga listrik, meski tak sebesar ketika mematikannya.


Semoga tips ini membantu...


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming