Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta

Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta

CRONOSAL - Elemen suara tentunya menjadi bagian yang sangat berpengaruh terhadap suasana. Tak heran apabila terkadang orang mendengarkan alunan musik yang lembut ketika menjelang tidur karena dinilai mampu menstimulus otak agar bisa terlelap.

Namun jika hanya mengandalkan bentuk frekuensi suara, tampaknya itu kurang maksimal. Sebuah pengalaman audio paling mengesankan hadir dalam sebuah headphone yang dibuat oleh perusahaan bernama Sennheiser.

Orpheus, merupakan headset besutan Sennheiser yang memiliki rancangan yang tak biasa dimana ia memiliki modul berlapis marmer yang didalamnya berisi rangkaian elektronik yang mampu membuat suara apapun menjadi jernih dan amat nyaman didengar.

Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta
Mengusung nama Orpheus, nama ini selaras dengan kualitas suara yang dihasilkan.

Nama Orpheus sendiri sejatinya adalah nama dewa dari legenda Yunani kuno, yakni dewa yang dikenal pandai mengalunkan musik yang indah. Maka tak heran jika headphone yang hanya diproduksi sebanyak 250 per tahun ini punya nama yang demikian.

Headphone ini sebelumnya pernah diproduksi pada tahun 1991 dengan jumlahnya yang hanya 300 unit saja. Saat itu Orpheus sudah dibanderol dengan harga $16.000 atau Rp 220 juta.

Tetapi di versi terbarunya yang dirilis belum lama ini, peningkatan kualitas terjadi signifikan. Termasuk harganya yang melonjak menjadi $55.000 yang jika dirupiahkan menjadi Rp 750 juta.

Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta
Orpheus bukan headphone portable, ia tidak bisa dibawa kemana-mana karena perangkatnnya yang cukup besar.

Pihak Sennheiser mengatakan bahwa mereka hanya memproduksi Orpheus sebanyak 250 set per tahun mengingat setiap komponennya merupakan buatan tangan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi cacat produksi.

Orpheus sendiri terdiri dari satu buah headphone beserta modul sebesar pemutar DVD yang terbuat dari marmer berkualitas tinggi, disanalah letak kekuatan utama dari headphone ini.

Salah satu insinyur yang ikut merancang Orpheus, Axel Grell sengaja pergi ke Italia untuk memilih batu marmer yang tepat untuk diaplikasikan pada Orpheus. Hingga ditemukan marmer yang dinilai mewah serta tahan lama.

Pada tubuh headphone, digunakan logam platina. Kabel penghubung terbuat dari perak berlapis tembaga yang bebas dari oksigen. Sedangkan kisi-kisi di bagian luar menggunakan alumunium.

Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta
Tabung unik yang mampu memvermak suara menjadi indah.

Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta
Bagian-bagian yang bergerak saat Orpheus diaktifkan.

Satu bagian menarik, ada sebuah tabung vakum bernama pre-amp yang akan muncul ke permukaan ketika Orpheus diaktifkan. Selain itu terdapat tombol-tombol konfigurasi di bagian depan yang juga naik dari dasar menuju permukaan.

Terdapat delapan dengan empat saluran pararel per telinga yang berfungsi mereduksi distorsi, juga kebisingan yang tidak diinginkan sehingga tidak menyiksa telinga meski dinyalakan dalam volume yang besar.

Orpheus termasuk headphone elektrostatik dimana ia tidak memiliki elemen magnet sebagai media yang memproduksi suara. Suara dihasilkan oleh muatan listrik statis pada diafragma yang sangat tipis.

Suara Seperti dari Surga, Headphone Ini Cuma Dihargai Rp 750 Juta
Kesempatan langka bisa menikmati alunan musik melalui headphone yang harganya $55.000

Sejauh ini Orpheus memang belum diperjualbelikan, namun sudah dapat dipesan dan akan dikirim kepada konsumen pada pertengahan 2016. Setidaknya ada sebagian kecil orang yang merasakan headphone ini.

Salah satunya adalah reporter dari Tech Insider, Antonio Villas-Boas  yang mengaku sangat puas terhadap kualitas suara dari Orpheus. Berikut cuplikan videonya:


Mereka yang pernah menjajal Orpheus mengatakan bahwa harga Rp 750 juta sebanding dengan pengalaman pendengaran yang indah seperti suara yang datang dari surga.

Saat ini sobat bisa memesan Orpheus melalui website resminya. Ada juga opsi dengan marmer berwarna hitam yang terlihat lebih elegan.

Ingin memiliki Orpheus?

Sumber: The Verge, Gizmodo, Sennheiser.


2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming