Wednesday, April 5, 2017

Cara Pesan GrabBike di Aplikasi Smartphone Terbaru

Cara Pesan GrabBike

CRONOSAL - Tidak banyak yang menyadari perubahan zaman berlangsung semakin cepat di semua ranah kehidupan. Tak terkecuali bidang transportasi yang berusaha memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada penumpang.

Di era digital ini sejumlah perusahaan mencoba pendekatan baru yang memadukan sarana transportasi dengan teknologi internet. Sebagian sukses, sebagian lagi gagal melejit akibat kalah bersaing. Tetapi salah satu yang masih bertahan dan punya nama besar ialah Grab.

Dengan cakupan enam negara, Grab menjadi layanan ojek online terpopuler. Di tahun 2015 saja perusahaan yang bermarkas di Singapura tersebut sukses mencapai lebih dari 4 juta pengguna di Indonesia. Lalu di akhir 2016 angkanya melonjak hingga 21 juta pengguna dengan sedikitnya 400.000 mitra pengemudi seperti dilansir Media Indonesia.

Sebagian besar angka tersebut didominasi oleh layanan GrabBike yang artinya siapapun bisa menemukan driver motor ini dengan lebih cepat ketimbang moda lain.

Namun masih ada pengguna-pengguna baru yang masih belum mengerti mekanisme pemesanan ojek online GrabBike. Tak mengherankan sebab cara memesannya pun jauh berbeda dari ojek konvensional. Untuk itu, berikut cara pesan GrabBike di aplikasi smartphone:

Download Grab


Langkah ini bisa kamu lewati jika sudah memiliki aplikasi Grab di smartphone. Bagi yang belum menginstal, aplikasi Grab tersedia di Android dan iOS. Bisa melalui langkah-langkah berikut:

1. Cari dengan kata kunci "Grab" di Play Store atau iTunes. Atau bisa melalui tautan Grab - Play Store dan Grab - iTunes.

2. Download lalu install seperti biasa. Selanjutnya buka program, kamu akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu entah lewat email, Facebook, atau telepon. Disana akan diberikan instruksi secara detil dan mudah.

3. Setelah terdaftar, barulah aplikasi Grab bisa digunakan.

Membuka aplikasi Grab


1. Jalankan aplikasi Grab seperti biasa

Cara Pesan GrabBike


2. Pesan ini akan muncul ketika fitur Location tidak aktif di smartphone. Kamu bisa pilih Got It lalu aktifkan Location. Perlu diingat fungsi ini akan memudahkan Grab mengetahui posisimu

Cara Pesan GrabBike

3. Selanjutnya, tampilan Grab akan terbuka dan kamu bisa melakukan pemesanan

Memesan GrabBike


Aplikasi Grab sudah bundle dengan layanan lain seperti GrabCar, GrabHitch, GrabFood, dan GrabTaxi sementara dalam tutorial ini secara spesifik menyajikan cara pemesanan GrabBike.

1. Pilih GrabBike. Posisinya ada di kiri bawah, gambar ikon motor. Nantinya akan terlampir ringkasan perhitungan biaya perjalanan sebagai gambaran. Lalu centang

Cara Pesan GrabBike

Cara Pesan GrabBike

2. Di panel ini merupakan tempat dimana seluruh informasi perjalanan ditentukan. Berikut beberapa penjelasannya

Cara Pesan GrabBike

Pick-Up: Tempat dimana kamu ingin dijemput
Drop-Off: Lokasi tujuan

Melalui kedua tolak ukur di atas, biaya perjalanan sudah bisa ditentukan. Baik Pick Up maupun Drop Off pastikan lokasinya terdeteksi.

Jenis perjalanan ada Personal dan Business. Business berarti biaya perjalanan ditanggung oleh perusahaan atau dengan kata lain jenis ini merupakan layanan untuk kepentingan perusahaan. Fitur tersebut hanya untuk perusahaan yang berafiliasi dengan Grab. Sedangkan Personal adalah jenis perjalanan biasa.

Metode pembayaran bisa via Cash (tunai) atau saldo GrabPay. Jika menggunakan Cash, maka kamu harus membayar uang tunai sesuai dengan yang harus dibayarkan ketika sudah sampai di tujuan. Sementara GrabPay, kamu diharuskan mengisi saldo ke akun terlebih dahulu. Jadi saat perjalanan usai, saldo GrabPay otomatis digunakan untuk membayar driver.

Lalu ada kolom Promo untuk diisikan kode promosi berupa potongan biaya perjalanan. Jika sedang ada promo, Grab akan mengumumkannya lewat email atau media sosial.

Kolom yang sebaiknya tak diabaikan adalah Catatan atau Notes. Disini bisa diisi dengan posisi kamu atau tujuan secara mendetil dengan harapan akan memudahkan driver.

3. Jika semua dirasa sudah lengkap dan jelas, kamu bisa langsung Book (tombol hijau di kanan bawah)

Cara Pesan GrabBike


4. Tunggu beberapa saat, Grab sedang mencarikan driver terdekat. Apabila sudah ditemukan, Grab akan memberi tahu nama driver, nomor plat motor, dan brand kendaraan yang dipakainya

Cara Pesan GrabBike

Cara Pesan GrabBike

5. Selanjutnya setelah driver ditemukan, hanya tinggal menunggu sampai driver tiba. Kamu bisa tracking lokasinya di tampilan aplikasi. Kamu juga akan mendapat notifikasi ketika driver sudah dekat

Cara Pesan GrabBike

Oh ya, Grab memiliki fitur chat antara penumpang dengan driver (lihat ikon kanan bawah). Chat ini memanfaatkan jaringan internet, sehingga tidak ada biaya pulsa yang terkuras seperti SMS. Selain itu untuk komunikasi secara aktif bisa melalui telepon.

6. Apabila driver sudah sampai, pastikan bahwa ia adalah driver yang kamu pesan. Setelah itu, driver akan memberikan helm serta masker (jika persediaan masih ada) dan barulah kamu akan diantar.

NB: Tidak ada tawar menawar harga di GrabBike, jadi ibu-ibu yang punya kebiasaan menawar jangan aplikasikan bakat itu disini.


7. Setelah sampai di tempat tujuan, silahkan turun lalu kembalikan helm kepada driver. Bayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di layar. Namun jika menggunakan GrabPay, cukup ucapkan terimakasih saja karena saldo otomatis ditarik ketika kamu tiba di tujuan.

Jangan lupa beri rating dan feedback kepada pengemudi sebagai upaya penyempurnaan layanan ke depannya.

Cara Pesan GrabBike

Harap dicatat, jika turun sebelum mencapai titik tujuan harga yang dibayarkan tetap sama. Artinya, kamu rugi. Sedangkan jika turun melewati tujuan, bayarannya tetap sama tetapi driver biasanya tidak protes karena asas "gak enak di hati" dan "demi pelayanan penumpang". Dalam hal ini, driver rugi. So, agar tidak ada yang dirugikan pastikan kamu turun di lokasi yang sebelumnya telah ditentukan.

Beberapa pertanyaan yang mungkin kamu tanyakan beserta jawabannya:

Q: Apakah biaya GrabBike berbeda di jam tertentu?
A: Grab sedikit menaikkan harga di jam sibuk atau ketika sedang banyak permintaan. Mungkin kamu akan menemukan tulisan "high fare due to demand" di kolom biaya. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja.

Q: Apakah boleh meminta melewati jalan lain, misal karena macet?
A: Jika kondisi dimungkinkan, driver mau saja memenuhi permintaan untuk melewati jalan tembus meski lebih jauh dari rute sebenarnya. Yang terpenting jarak tempuhnya masih dalam batas wajar.

Q: Jam berapa saja GrabBike beroperasi?
A: Grab beroperasi 24 jam, hanya saja di malam hari lebih sedikit driver.

Q: Koneksi internet saya terputus saat dalam perjalanan?
A: Tidak masalah, karena yang terpenting smartphone driver tetap terhubung internet.

Q: Bisakah memesan GrabBike tanpa aplikasi?
A: Tidak bisa. Walaupun ada driver nganggur di depan mata, kamu tidak bisa memintanya mengantar kamu. Bahkan ketika memesan dengan aplikasi pun, kamu belum tentu mendapatkan driver tersebut.

Q: Bisakah membatalkan pesanan GrabBike?
A: Tentu bisa. Tetapi jika driver terdeteksi sudah dekat, kamu tidak bisa membatalkannya.

Q: Berapa penumpang maksimal untuk GrabBike?
A: Hanya satu orang. Tetapi boleh saja membawa anak kecil dengan catatan ia digendong.

Q: Bagaimana jika terjadi kecelakaan saat dalam perjalanan?
A: Semua penumpang otomatis mendapat asuransi penuh saat melakukan perjalanan dengan Grab. Baca selengkapnya di halaman klaim asuransi GrabBike.

INFO: Aplikasi Grab terus mengalami pembaharuan sehingga mungkin saja tampilan yang saya gunakan disini berbeda dengan versi lain.

Grab baru-baru ini membuka sistem Grab Reward. Setiap perjalanan yang dibayar akan menambah poin. Pada jumlah tertentu poin tersebut bisa ditukar perjalanan gratis bahkan voucher belanja. Well apabila kamu sedang tidak ada uang, kamu bisa manfaatkan tabungan poin untuk mendapatkan perjalanan dari Grab!

Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar...

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming