Wednesday, July 22, 2015

Football Tactics - Demo

Football Tactics - Demo

CRONOSAL-Ketika mendengar kata "game sepakbola" maka yang terlintas di kepala sebagian besar gamer di seluruh dunia adalah PES dan FIFA. Kedua judul game tersebut mengedepankan teknik permainan. Sedangkan dalam hal strategi kita bisa melirik Football Manager yang sangat detil dalam soal taktik.

Raksasa sulit dikalahkan, developer yang baru memulai karirnya hampir tidak mungkin menggunakan konsep yang sama. Mungkin inilah yang membuat Creoteam membangun sebuah game yang tergolong unik bernama Football Tactics. Tidak perlu melihat screenshot atau trailer, sudah bisa ditebak bahwa Football Tactics mengedepankan permainan strategi.

Di posting ini adalah versi demo gratis, sedangkan versi penuh dapat dibeli via Steam.

Football Tactics menggunakan karakter pemain yang tidak benar-benar nyata, tidak ada pemain bintang seperti Rooney, Messi, atau Ronaldo. Semua pemain disini hanyalah pesepakbola amatiran yang memulai karir lewat klub yang pemain olah. Sekilas game ini mirip dengan Top Eleven yang populer di Facebook.

Namun urusan gameplay, disini sedikit berbeda bahkan mungkin terbilang baru. Dalam sekali kesempatan, pemain diberi kesempatan untuk melakukan 3 kali tindakan. Bisa sekedar mengoper bola, berpindah posisi, melakukan tendangan ke gawang, termasuk melakukan freestyle. Setelah itu giliran lawan yang bertindak.

Siklus ini terus dilakukan selama pertandingan. Menggiring bola hingga ke depan gawang musuh tidak menjamin gol akan tercipta. Strategi dalam 3 tindakan sangat berpengaruh akan jalannya pertandingan.


Screenshot

Football Tactics - Demo
Kewajiban untuk menyelesaikan tutorial dan tidak bisa skip. Kebanyakan gamer tidan menyukai paksaan, tetapi yang ini harus dilakukan

Football Tactics - Demo
Membuat nama tim beserta logo dan atributnya. Pemain? Pemain sudah diberikan secara default, dengan skill yang beragam

Football Tactics - Demo
Ada informasi detil mengenai kemampuan setiap karakter. Sebaiknya itu cukup diperhatikan karena salah pilih pemain saja maka bola tidak bisa melambung ke arah yang diinginkan

Football Tactics - Demo
Walaupun memiliki karakteristik visual yang mirip dengan kartun. Setiap gerakan pemain nampak begitu halus, mirip dengan aslinya

Football Tactics - Demo
Bug menjadi sisi frustasi tersendiri

Trailer


Download Football Tactics Demo

Creoteam hanya fokus pada mekanik gameplay dan desain level. Di versi demo ini kurang terasa atmosfer pertandingannya. Setidaknya euforia setelah mencetak gol hanya dirasakan segelintir player saja. Buruknya lagi, NPC musuh terlalu lambat dalam merespon. Waktu yang dibutuhkan mereka untuk bertindak tergolong lama.

Teritorial tiap karakter dibuat berdasarkan bentuk kotak-kotak yang kentara. Setiap ada yang mencoba merebut bola, namun gagal diantisipasi maka otomatis berpindah tempat mengisi kotak yang kosong. Secara tidak langsung, inilah yang membuat gameplay lebih terstruktur dan rapi.

Di sisi lain Football Tactics memberikan kesan gameplay yang lebih inovasi. Pemain dapat lebih intuitif menguasai game secara singkat. 


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming