New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia

CRONOSAL-Sejarah adalah masa lalu, sejarah memiliki nilai untuk menjadi titik tolak ke arah yang lebih baik. Semuanya pasti memiliki sejarah, tak terkecuali game. Tidak bisa dipungkiri, era 90an adalah era keemasan bagi sebagian anak di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Saat itu adalah momen dimana industri game mulai menumbuhkan benihnya, merajut video game yang sederhana namun memiliki kualitas sempurna di zamannya.

Belakangan ini banyak developer senior seperti Nintendo, Sega, dan Sony yang menciptakan remake video game yang pernah mereka rilis sebelumnya. Sebuah inisiatif yang sangat didukung mengingat game-game lawas dahulu memiliki kualitasnya tersendiri dan akan semakin menarik jika dipadukan dengan engine game masa kini. Megaman dalam versi modern? Why not?

New Retro Arcade adalah game terbaik untuk nostalgia (menurut saya) karena menyajikan konsep yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan mungkin ini adalah yang pertama. Singkatnya, New Retro Arcade hanyalah sebuah game dengan genre simulator melalui sudut pandang orang pertama (first person). Namun yang menjadikannya menarik adalah kehadiran mesin game dengan ukuran seperti mesin ATM.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut review singkat mengenai game yang dibuat oleh Digital Cyber Cherries (DCC), New Retro Arcade:

Kesan Masa Lalu

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Lorong gelap dengan cahaya minimal, gambaran pusat hiburan berbau video game di masa retro

Di negara-negara Eropa dan Amerika, pusat hiburan video game hadir layaknya waralaba dengan profit yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri, mesin game lebih sering muncul di mall-mall besar terutama pada arena Timezone.

Untuk memainkan game tersebut, Anda harus memasukan koin sebagai 'syarat' utama untuk mengakses permainan. Namun persyaratan tersebut tergolong merugikan pemain, apalagi harga koin yang terbilang tinggi serta sensasi permainan yang begitu singkat bagi seorang pemula karena jika kalah dalam permainan sekali, maka tidak bisa bermain lagi, Anda harus kembali merogoh koin.

New Retro Arcade hadir dalam bentuk virtual dimana pemain diberikan kebebasan yang benar-benar bebas. Ya, satu arena video game ini adalah milik Anda sepenuhnya. Anda bisa memainkan semua game dengan koin yang Anda miliki, yang pasti jumlahnya tak terbatas.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Semuanya adalah milik Anda. Bebas memainkan apapun, tak akan ada yang mengganggu karena ruangan ini eksklusif untuk Anda.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Puluhan mesin dengan video game yang mungkin pernah Anda jajal sebelumnya.

Yang menarik, mesin video game pada New Retro Arcade dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Anda akan disuguhkan joystick dengan bentuk yang khas serta beberapa tombol bulat pada controllernya. Ornamen game di sisi mesin, warna-warna meriah, hingga monitor yang mempertahankan bentuk persegi. Sebuah pendekatan yang membawa sensasi masa lalu.

Di sisi lain, developer tak lupa mengimplementasikan segala unsur pendukung yang mampu menciptakan atmosfer nostalgia bagi gamer. Alunan musik repetitif, lampu neon, lantai bercorak bintang dan planet, serta poster-poster menarik yang populer kala itu. New Retro Arcade terlihat begitu mempesona ketika pertama kali dimainkan. Sebuah kenyataan yang tak dapat dipungkiri.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Beberapa poster era 90an menghiasi dinding ruangan, suatu esensi detil yang patut diacungi jempol.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Ornamen berbentuk karikatur dari game yang hadir pada mesin itu sendiri.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Bisa dibilang, semua yang ada disini adalah cerminan dari kondisi yang sebenarnya di masa itu. Anda tidak akan menemukan barang-barang yang tercipta di abad 21.

Dimensi ruangan tergolong cukup kecil, bentuknya sederhana dan hanya ada variasi lorong yang sebenarnya tidak begitu berpengaruh. Namun desain tata ruang hadir begitu kompleks, mengobarkan suasana neon yang begitu kental. Perpaduan warna gelap dan terang sangat kontras. Ia juga hadir dengan karakter AI yang lambat, membuat eksplorasi sempit bisa terasa panjang.

New Retro Game berhasil menciptakan desain terrain yang nampak realistis. Sentuhan lawas terlihat di setiap sudut ruangan. Beberapa unsur tetap dipertahankan seperti bentuk aslinya. Tidak sekedar menjadi bagian sekunder, namun mampu menghadirkan kondisi yang sama dengan era 90an. Patut diapresiasi!


In Game, Tetap Klasik!

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Space Galaga, salah satu yang terbaik!

Inilah yang menjadi tujuan sekaligus kekuatan utama dari New Retro Arcade. Varian game dengan source asli, mereka memiliki database game original dan memindahkannya menggunakan emulator kecil. Boleh dibilang, New Retro Arcade adalah sebuah game simulator, yang juga berperan sebagai emulator. Well, mungkin ini akan membuat Anda bingung. Intinya, ini mirip seperti GTA San Andreas yang juga menghadirkan mesin game, namun New Retro Arcade memiliki basis game yang lebih banyak dan eksklusif.

Ada 4 developer yang hadir yakni MAME, Nintendo, SNK, dan Game Boy. Terlepas apakah Anda mengetahui game yang dirilis masing-masing developer, setidaknya Anda pasti mengenal nama-nama game besutannya seperti Super Mario, Contra, Pac Man, 1942, Space Galaga, Tetris, Ice Climber, Metal Slug, dan beberapa nama lainnya.

At least, dari puluhan game yang tersedia, sebagian besar diantaranya berhasil masuk ke Indonesia dengan format 'blablabla' in one (alias bajakan). Menjadi populer, dan berkembang begitu cepat bagai jamur di tanah lembap. 

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Mode private dimana hanya ada satu konsol dan satu permainan, di ruang yang gelap dan minim cahaya. Satu-satunya yang dapat dilakukan adalah bermain.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Game yang hadir murni tanpa pengubahan sedikit pun. Kembali lagi mengingatkan pada masa kecil, terutama anak-anak yang sempat merasakan konsol gaming di akhir abad 20.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Sayangnya, kontrol permainan didominasi oleh tangan kiri. Sebuah siksaan tersendiri saat memainkan game yang butuh kecepatan tangan seperti Metal Slug, Anda tidak dapat leluasa seperti yang pernah Anda mainkan sebelumnya.

Seperti kita ketahui, video game 20 tahun yang lalu mengajak pemainnya untuk pandai mengatur kerjasama antara mata dengan tangan. Lebih ke bentuk keterampilan koordinasi anggota gerak dan indera. Sedangkan game masa kini lebih memanjakan gamer dari aspek visual serta desain level. Actually, Super Mario mungkin tak seindah GTA V, namun tanpa Super Mario bisa jadi GTA V juga tidak ada. Got it?

Controller dalam New Retro Arcade merupakan sumber permasalahan terbesar yang bisa membuat gamer manapun mengganti permainannya. Hal ini karena kecenderungan fungsi tombol berada di keyboard bagian kiri, sedangkan koordinasi tangan sangat diperlukan. Dalam memainkan game klasik Anda dituntut untuk cepat, cepat, dan lebih cepat lagi. Sayangnya, beberapa game justru akan terasa kurang menyenangkan apabila dimainkan 'lewat' New Retro Arcade.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Memperhatikan hingga bagian terkecil, ini menjadi nilai positif bagi DCC.

DCC seolah memasukan realitas dalam sebuah bentuk 3 dimensi di komputer. Satu bagian yang menarik adalah kehadiran Game Boy. Ia tidak hanya sekedar objek berbentuk konsol, namun memiliki fungsi untuk dimainkan. Lebih dalam lagi, Anda bisa menilai bagaimana developer meracik model 3D dari Game Boy dengan amat realistis. Goresan kecil hingga kotoran yang menempel di sekitar tombol dapat dilihat dengan jelas.

Detil lain yang dapat Anda saksikan seperti kaleng soda, pita kaset, sekotak pizza, beberapa batang rokok, hiasan neon, dan radio dengan desain yang tidak setengah-setengah. Mereka membuatnya dengan sangat realistis.

Sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan berdiri di depan mesin game sambil mengendalikan karakter, mencapai score tertinggi. Menariknya, DCC ikut serta melakukan update dalam game. Ini artinya pustaka game akan bertambah jumlahnya, Anda bisa menikmati lebih banyak permainan lawas dengan catatan harus menginstal update terbaru.


Hiburan Lain

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Bosan dengan video game? Coba memainkan mini bowling ini

Kembali ke sisi terrain, untuk mendukung sensasi 'masa lalu' yang lebih kuat lagi, Anda bisa menjajal beberapa mini games yang tersedia seperti bowling, basket, dan darts. Ketiga permainan sederhana ini mampu mengusir kejenuhan setelah lama memainkan game virtual. Sekali lagi, Anda memang bebas memainkan permainan ini, Anda bisa melempar basket sebanyak apapun, atau melempar bola bowling dari jarak dekat. Namun dengan kebebasan ini, score tinggi jadi tidak bermakna.

Atau mengatur ulang musik latar dengan lagu-lagu favorit. Anda bisa mengubahnya di panel permainan, yakni sebelum game dimulai. Sumber suara utama berada pada radio, letaknya berada di atas meja. Anda bisa membawanya atau memindahkannya. Format suara yang dihasilkan berbentuk 3 dimensi, berarti semakin jauh dari radio maka suara yang terdengar akan kecil, begitu juga sebaliknya. Hiburan sekunder ini bisa membantu memperbaiki mood dengan alunan musik yang indah.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Suatu pengalaman yang menyenangkan, 

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Musik dalam game bersumber dari radio. Anda diberi kesempatan untuk menggantinya, bahkan membuat tracklist dari musik favorit Anda.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Dat detail...

Pencahayaan neon yang kuat justru dapat berdampak buruk. Bagaimana tidak? Beberapa benda tidak bisa terlihat dengan jelas, hanya samar-samar saja. Anda harus mendekatinya terlebih dahulu untuk mengetahui bentuk fisik sebenarnya dari benda-benda tersebut. Contohnya saja, agak sulit membedakan bola basket dengan bola bowling dari kejauhan. Terlepas dari itu, kualitas visual yang ditawarkan New Retro Arcade sukses memperkenalkan gaya baru dalam industri video game.

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Di hampir setiap sisi, efek visual tampil dengan maksimal. Gaya neon berhasil mengeksekusi atmosfer dengan sempurna. 


Download New Retro Arcade | Game Pack

New Retro Arcade menawarkan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang tidak pernah terpikirkan. Bagaimana sebuah game bisa berperan sebagai emualator untuk game lain. Bisa dibilang, ini merupakan software emulator namun dalam sajian 3 dimensi dan pendekatan sudut orang pertama. Uniknya, kehadiran pemain terasa sangat eksklusif dimana setiap mesin game dapat dimainkan dengan bebas. Nostalgia video game adalah tujuan utama dari New Retro Arcade. Kenangan tentang video game klasik memang tak pernah bisa lepas dari ingatan para gamer, terutama mereka yang sempat menjajal konsol buatan Jepang kala itu.

Walaupun masih terdapat kekurangan seperti proses instalasi patch yang agak merepotkan, pencahayaan terlalu minim, serta gerak AI yang terbatas, New Retro Arcade tetap sempurna bagi para penggila game retro 8bit. Keberadaan pixel begitu kentara dengan filter monitor mesin game, sehingga atmosfer semakin terasa kuat. Sebuah keuntungan teknis apabila Anda memiliki Oculus karena New Retro Arcade juga singgah di platform ini.

Kelebihan
  • Sensasi nostalgia game lawas
  • Grafis memukau khas UE 4
  • Mekanisme permainan sederhana
  • Desain terrain kompleks
  • Variasi mesin game
Kekurangan
  • Minim pencahayaan
  • Perlu instalasi game pack

New Retro Arcade: Game Terbaik Untuk Nostalgia
Flappy Bird?

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming