Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

CRONOSAL - Keystroke loggers atau biasa disebut keylogger adalah bentuk perangkat lunak yang tugasnya adalah merekam huruf atau teks apapun yang diketik oleh pengguna komputer. Antivirus saat ini biasanya akan mendeteksi keberadaan keylogger dengan cepat dan segera meminta sobat untuk menghapusnya.

Tetapi fakta di lapangan menunjukan banyak program keylogger yang telah berevolusi. Ia menyusup di antara software lain sehingga keberadaannya sulit terdeteksi.

Keylogger dibuat oleh para cracker yang ingin mencuri data personal pengguna tanpa disadari korbannya. Informasi seperti password dan nomor kartu kredit paling menjadi incaran karena dapat dikonversikan menjadi uang yang berlimpah.

Komputer yang telah sengaja atau tanpa disengaja menginstal keylogger akan sangat berbahaya jika digunakan mengingat apapun yang sobat ketik akan terekam.

Meski cukup menakutkan, ternyata ada cara sederhana untuk mencegah tulisan terindeks oleh keylogger. Salah satunya dengan menggunakan virtual keyboard.

Dari sekian banyak program keylogger yang sering dipakai, beberapa jenis virtual keyboard sanggup membendung beberapa diantaranya. Tetapi sebagian keylogger lagi tetap bisa merekam data yang diketik.

Berikut adalah 5 virtual keyboard paling aman dari keylogger yang bisa sobat coba.

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?



5. Windows On-Screen Keyboard

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

Di urutan terbawah ada On-Screen Keyboard yang merupakan virtual keyboard bawaan yang sudah tertanam sejak Windows Vista.

Walaupun banyak orang percaya bahwa On-Screen Keyboard mampu melindungi dari keylogger, faktanya ia masih bisa dibobol oleh sebagian besar keylogger. Hanya iSafe Keylogger Pro saja yang tidak mampu menembus pertahanan Windows On-Screen Keyboard.

Cara Menampilkan On-Screen Keyboard pada Windows


4. Anti-Keylogger Virtual Keyboard

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

Mengusung tampilan yang sederhana degan interface mirip keyboard pada umumnya, Anti-Keylogger Virtual Keyboard cocok untuk menangkal keylogger dalam bentuk software bahkan hardware sekalipun.

Menariknya, ia juga membawa numpad di sebelah kanan. Hal ini dikarenakan numpad yang berada di atas digantikan oleh tombol sekunder, yakni tombol karakter. Virtual keyboard ini mampu mencegah perekaman oleh Elite Keylogger dan Spytech SpyAgent.

Download Anti-Keylogger Virtual Keyboard


3. Mouse Only Keyboard

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

Klasik, Mouse Only Keyboard terakhir diperbaharui pada 2006 dan memiliki kesan yang berbeda dibanding virtual keyboard pada umumnya. Ia tampil dengan sejumlah baris huruf, angka, dan karakter. Tidak ada bentuk tuts keyboard disini.

Meski demikian, yang mengejutkan adalah program berukuran kecil ini sanggup memblokir aktivitas keylogger modern sekalipun. Dari 11 keylogger yang diujikan, hanya satu yang bisa menembus Mouse Only Keyboard, yakni Elite Keylogger.

Download Mouse Only Keyboard


2. Oxynger KeyShield

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

Keunikan pada Oxynger KeyShield terletak pada susunan tuts keyboard yang selalu berubah-ubah setiap kali ia dijalankan. Hal ini bertujuan untuk melindungi dari ancaman mouse logging (merekam aktivitas mouse).

Selain itu, Oxynger KeyShield juga dipersenjatai screen capture protection sehingga aktivitas mata-mata melalui layar monitor tidak berkutik disini.

Virtual keyboard ini mirip dengan program lainnya yang sejenis, namun ia murni dirancang untuk melawan keylogger. Oxynger KeyShield bisa sobat andalkan untuk membantu mengetikan password dengan aman.

Download Oxynger KeyShield


1. Neo's SafeKeys

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?

Alasan rasional mengapa Neo's SafeKeys aman adalah karena adanya sistem drag & drop yang ditanamkan. Dengan demikian clipboard tetap kosong karena tidak melibatkan copy & paste. Di dalam software ini juga sudah diberikan screen capture protection.

Cukup klik salah satu huruf, kemudian seret pada area dimana password ingin diketikan, termasuk pada browser sekalipun. Neo'SafeKeys juga bisa dipakai dengan metode biasa namun tidak disarankan karena ia masih bisa terdeteksi oleh Adcanced Keylogger, Elite Keylogger, dan Award Keylogger Pro.

Fakta unik Neo's SafeKeys, beberapa keylogger akan crash dengan sendirinya ketika virtual keyboard ini dijalankan.

Download Neo's SafeKeys

Virtual Keyboard Paling Aman dari Keylogger, Apa Saja?
Ketika lu baru login dan baru sadar komputernya ada keylogger

Jika diurutkan berdasarkan tingkat keberhasilannya melindungi dari keylogger, Neo's SafeKeys memang berada di urutan pertama. Tetapi Oxynger KeyShield juga patut direkomendasikan berkat keandalannya menjaga kerahasiaan data pengguna.

Secara pribadi, saya lebih merujuk kepada Neo's SafeKeys, Oxynger KeyShield, dan Mouse Only Keyboard sebagai upaya pencegahan keylogger, virtual logging, dan mouse logging.

Sedangkan Anti-Keylogger Virtual Keyboard belum cukup baik, agak bertolak belakang dari nama yang ia usung. Windows On-Screen Keyboard pada dasarnya memang bukan ditujukan untuk mencegah keylogger, jadi sobat tidak bisa benar-benar mengandalaknnya.

Oke, di akhir kata semoga tulisan ini dapat membantu sobat agar bisa menjaga password dengan aman meski log in di komputer lain.

Semoga dapat bermanfaat :D

Referensi: Raymond


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming