Tips: Windows 10 Bahasa Indonesia

Windows 10 Bahasa Indonesia

CRONOSAL - Windows 10 sebagai sistem operasi terbaru sekaligus terakhir dari Microsoft memberikan banyak pelayanan yang tidak ada pada sistem operasi versi sebelumnya.

Sejak dulu, secara default Windows menggunakan bahasa Inggris (US) sebagai antarmuka tampilannya. Pemilihan ini beralasan karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional terlepas dari fakta ia dirilis di berbagai negara dengan beragam bahasa.

Untuk sobat yang mungkin kurang nyaman dengan interface berbahasa Inggris, ada cara untuk menggantinya menjadi bahasa Indonesia dengan mudah.

Mekanisme yang dipakai sama seperti Windows 7 atau Windows 8. Sobat harus men-download file add-on bahasa sebelum melakukan instalasi. Tetapi satu hal yang cukup menarik, hasil penggantian bahasa pada Windows 10 tidak menyebabkan error sama sekali.

Tertarik? Berikut panduan mengganti bahasa di Windows 10 menjadi Bahasa Indonesia:

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah sobat harus ke menu start kemudian cari "Language" dan buka programnya. Setelah itu klik Add a language.

Windows 10 Bahasa Indonesia
Akan muncul daftar bahasa yang telah didukung oleh Windows 10. Pilih Bahasa Indonesia lalu klik Add.

Windows 10 Bahasa Indonesia

Lanjut, klik Options pada Bahasa Indonesia.

Windows 10 Bahasa Indonesia

Langkah selanjutnya sobat harus klik Download and install language pack. Proses ini memakan waktu beberapa menit.
Windows 10 Bahasa Indonesia

Akan ada perintah untuk restart komputer setelah instalasi paket bahasa. Perlu diinformasikan proses restart ini akan memakan waktu yang sedikit lebih panjang daripada saat normal karena ada pembaharuan data dalam sistem.

Ketika komputer menyala, masuk lagi ke Language, lalu Bahasa Indonesia. Klik Make this the primary language.

Windows 10 Bahasa Indonesia

Nantinya akan ada perintah untuk log off untuk mengubah bahasa. Setelah selesai barulah Windows 10 tampil dalam Bahasa Indonesia.

Windows 10 Bahasa Indonesia

Pengaturan ini mengubah hampir sebagian besar interface ke dalam Bahasa Indonesia. Namun tidak benar-benar mengganti seluruhnya, seperti nama aplikasi bawaan tidak diganti.

Oh ya, Cortana pun menjadi tidak bisa menerima input suara sebab demografi bahasa telah diganti. Hingga tulisan ini diterbitkan, Cortana masih belum memberi dukungan bagi Bahasa Indonesia.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming