Facebook Akan Berantas Postingan Clickbait di News Feed

anti-clickbait facebook

CRONOSAL - Facebook menjadi rumah bagi milyaran orang untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi jarak dan tempat. Di satu sisi ia menjadi sarana yang bermanfaat, namun sejumlah orang menggunakannya untuk membuat postingan dengan embel "clickbait".

Clickbait sendiri adalah istilah untuk menggambarkan konten yang sifatnya mengumpan seseorang untuk membuka halaman tersebut.

Ironisnya clickbait hanya menggunakan judul sensasional demi menarik banyak klik tanpa memperhatikan kredibilitas dan kualitas konten.

anti-clickbait facebook

Oknum pemilik web sengaja memilih judul yang diharapkan membuat orang tertarik untuk melakukan klil. Disamping itu, kadang juga ditambahkan caption atau gambar yang mendukung judul tersebut.

Beberapa tahun belakangan kita memang dapat dengan mudah menjumpainya di News Feed Facebook. Misalnya seperti ini:

anti-clickbait facebook

anti-clickbait facebook

anti-clickbait facebook

Dari ketiga contoh di atas, bisa disimpulkan masing-masing punya judul yang sifatnya menghasut dan kontroversial. Bisa juga menimbulkan rasa ingin tahu tanpa memperhatikan korelasinya.

Ditambah lagi label untuk meminta pembaca membagikan konten tersebut, terlepas dari benar atau tidaknya. Lagi-lagi si pembuat konten clickbait diuntungkan dengan jumlah klik yang banyak, bersamaan dengan itu penyesatan menggelora di jagat maya.


Facebook terapkan algoritma baru

anti-clickbait facebook

Kamis kemarin pihak Facebook menerapkan algoritma baru yang fokus untuk memberantas konten clickbait di News Feed penggunanya.
"Orang-orang telah mengatakan kepada kami bahwa mereka lebih suka melihat beritayang otentik. Itu sebabnya kami telah bekerja keras untuk memahami jenis berita/cerita yang diposting apakah asli dan otentik, sehingga kami dapat menunjukannya kepada pengguna di News Feed."
Facebook secara manual telah mengklasifikasikan puluhan ribu judul konten untuk diuji oleh algoritma baru ini. Konten yang terdeteksi menggunakan headline clickbait datanya akan disimpan oleh Facebook sebagai bahan penilaian.

anti-clickbait facebook
Semakin populer clickbait maka semakin besar kemungkinan ia dianggap spam

Semakin sering clickbait muncul, maka sebuah halaman atau situs akan dianggap spam. Semakin sering clickbait dibagikan maka semakin besar "hukuman" yang diberikan Facebook. Bahkan dengan mengganti alamat atau halaman tidak membuat spammer lepas dari konsekuensi.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Facebook menerapkan sistem anti-clickbait. Namun algoritma yang dirilis ini jauh lebih sempurna dan diharapkan bisa memfilter situs kredibel dan situs clickbait.

Terkait seberapa besar efektivitas algoritma anti-clickbait, kita sebagai pengguna yang akan merasakannya.

clickbait facebook
Well played Facebook

Sumber: Tech Crunch

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming