Saturday, November 26, 2016

Cara Reset Data Aplikasi Windows 10 tanpa Instal Ulang Aplikasi

CRONOSAL - Windows 10 kini punya fitur baru yang ditunggu-tunggu. Fitur ini terdapat di Settings, dan berguna untuk memperbaiki aplikasi Windows 10 tanpa harus instal ulang (download ulang) dari Windows Store, yang bisa menguras kuota lebih.

Tapi untungnya kini Windows 10 punya fitur Reset. Jadi sobat tak perlu risau untuk repot-repot men-download ulang aplikasi dari Windows Store, jika hanya untuk menghapus data aplikasinya.

Dan karena fitur Reset ini bisa dengan mudah ditemukan di Settings, sobat tak perlu lagi menghapus data secara manual, yang justru bisa saja berbahaya. Dan tampaknya menggunakan fitur Reset jauh lebih aman.

Cara Reset (Hapus Data) Aplikasi Windows 10

Pastikan aplikasi yang hendak di-reset telah ditutup.

Lalu buka Start. Buka Settings.

start

Masuk ke System > Apps & features.

Sobat akan melihat banyak daftar aplikasi yang terinstal. Di sinilah tempat untuk mengatur semua aplikasi.

Pilih aplikasi yang hendak di-reset. Sobat akan melihat berbagai opsi di sana. Pilih Advanced Options.

settings

Sobat akan melihat penggunaan aplikasi tersebut dalam bentuk data, seperti size aplikasi dan datanya. Jika aplikasi itu tak bekerja dengan baik, tinggal klik Reset.

cara reset app windows 10

Jika sobat melihat sebuah pesan, klik Reset lagi saja.

Proses Reset mungkin akan menghabiskan waktu beberapa menit. Jadi tunggu saja, dan jangan menutup aplikasi Settings sampai proses Reset selesai.

Jika sudah, sobat akan melihat tanda centang di sebelah tombol Reset. Ini berarti proses reset telah berhasil dilakukan.

reset aplikasi

Dan ketika sobat membuka aplikasi yang telah di-reset, sobat akan melihat pengaturan awal aplikasi dan memulai semuanya dari awal lagi.

Itulah cara me-reset aplikasi Windows 10. Dan seharusnya aplikasi yang datanya telah di-reset itu bekerja dengan baik sekarang. Jika tidak, sobat mungkin telah menginstal aplikasi yang memang banyak bug-nya, atau sobat belum meng-update aplikasi tersebut, sehingga menimbulkan error sana-sini yang tak perlu.

Lalu apakah aplikasi yang telah di-reset bisa dikembalikan?

Tentu tidak. Fitur Reset telah secara permanen menghapus data-data aplikasi, yang akan membuat aplikasi bekerja dari awal lagi. Jadi, gunakan fitur Reset sebagai pilihan terakhir, dan ini hanya untuk aplikasi yang perlu di-reset.

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming