Kenapa Muncul Pesan “Your Location is Currently in Use” di Taskbar?

CRONOSAL - Windows 10 datang dengan berbagai hal baru. Dan hal baru yang sangat tampak muncul salah satunya adalah location. Ini bukanlah fitur baru sebenarnya. Namun fitur ini telah ditingkatkan ketika Windows 10 hadir dirilis.

Fitur location sendiri sebenarnya juga (lebih terlihat) digunakan pada smartphone. Hal ini membuat eksistensi fitur GPS pada hardware smartphone dan termasuk PC semakin terlihat sebagai fitur utama yang begitu penting.

Fitur location penting karena penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang semakin menuntut orang dan kita untuk datang ke suatu tempat, seperti menghadiri acara, yang lebih tepatnya lagi acara yang kita sendiri tak tahu di mana detail lokasinya – dengan aplikasi maps.

Location di Windows 10

Windows 10 sendiri punya beberapa aplikasi yang wajib menggunakan GPS. Seperti aplikasi Maps. Atau Cortana yang mendeteksi di mana sobat sekarang yang biasanya ia akan mengingatkan sobat untuk membeli oleh-oleh misalnya.

your location is currently in use

Atau aplikasi Photos yang mendeteksi di mana foto yang sobat ambil. Dan bisa pula aplikasi Weather yang mendeteksi bagaimana kondisi cuaca di mana lokasi sobat sekarang.

Jika perangkat sobat tak memiliki fitur hardware pendukung GPS, maka biasanya koneksi internet dari Wi-Fi router yang akan membantu keakuratan lokasi di mana sobat sekarang. Tentunya ini terjadi ketika sedang connect saja.

Dan perlu diketahui, pesan “Your location is currently in use” hanya ketika lokasi digunakan pada aplikasi Windows 10 platform, terlebih UWP (Universal Windows Platform). Jika sobat menggunakan suatu browser seperti Chrome yang juga hendak melibatkan GPS maka pesan itu tak muncul.

Mematikan Pemakaian GPS/Location

Sobat bisa mematikan pendeteksi lokasi di mana sobat sekarang. Namun, tentunya mencegah keterlibatan aplikasi butuh keputusan yang matang, yang nantinya tak akan memengaruhi hidup sobat, kecuali jika sobat tak pernah ingin menggunakan GPS.

Klik-kanan pada ikon yang menampilkan pesan “Your location is currently in use” tersebut. Pilih Open Location Privacy Settings.

location

Jika sobat hanya ingin mematikan untuk akun PC sobat saja, klik Change dan tekan menjadi Off.

Windows 10 location

Jika ingin mematikan untuk semua akun, klik menjadi Off pada “Location service” di bawahnya.

Fitur tambahan seperti GPS sangatlah berguna. Dan tentu saja, jika privasi sobat merasa terganggu maka matikan saja. Namun bagi yang belum pernah memaksimalkan penggunaan GPS, tampaknya akan lebih baik untuk terus mengaktifkannya.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming